Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak

Aki kering adalah aki yang bebas perawatan dan mampu bertahan umumnya sekitar 1 tahun lebih namun terkadang umur aki kering lebih pendek dari tanggal keharusannya untuk rusak. Biasa nya ada aki kering yg baru berumur 6 bulan sudah soak dan tidak mampu untuk memutar dinamo starter. Sebenarnya yang menjadi biang keladi bukan aki nya yg telah runtuh atau rusak namun masalah justru terjadi pada komponen air aki nya itu sendiri terlebih jika kamu membeli aki kualitas rendah maka hal ini sering terjadi ketika di periksa nyatanya adalah aki masih bagus tidak ada korosi dibagian dalam aki namun coba saja kamu balik akinya tidak ada sedikit pun air aki nya yg tersisa lagi.

Nah dari pada kita membuang buang uang hanya untuk membeli aki terus menerus maka saya ada beberapa tips untuk kamu memperbaiki aki kering kamu agar dapat digunakan lagi, namun dengan catatan aki kamu masih dalam keadaan baik timah timah di dalam aki masih bagus tidak ada korosi atau tidak ada putus. Sebelum melakukan prakteknya sebaiknya kamu sediakan bahan dan alatnya dulu.

Aki kering yang soak sebelum waktunya biasa nya belum satu tahun sudah soak maka kemungkinan besar masih berpeluang di perbaiki.
Obeng minus untuk mencongkel seal penutup aki kering.
Air aki zuur biasanya dijual di bengkel motor dan harganya murah dibawah 10 ribu rupiah, air aki zuur tutup nya berwarna merah.
Suntikan bekas printer (optional) jika tidak ada tidak mengapa. Gunanya hanya untuk memasukan air zuur ke dalam aki anda.
Charger aki 12 volt ada banyak dijual di toko elektronik namun jika tidak ada tidak mengapa. Karena bisa langsung dipasang dimotor dan otomatis tercharger oleh motor.

Tahap pengerjaan


Buka seal penutup aki keringnya (biasanya tutup nya ada tulisan do not open) namun itu bisa bisaan pabrik saja biar produk mereka di beli terus menerus. Cara membukanya menggunakan obeng minus tadi dengan mencongkel dari samping nya, ditahap ini musti hati hati karena jika tutup sampai rusak maka nantinya air aki bisa keluar saat dilakukan pengecesan.
Cara perbaiki aki kering yang soak


Jika sudah terbuka kamu balik akinya agar sisa sisa air aki nya keluar namun kebanyakan sih air akinya sudah tidak ada alias sudah habis. Kamu bersihkan akinya dengan mengelap debu debu yang ada pada aki dan membalikkan aki juga dapat membuang korosi yang menempel didalam aki.

Kamu masukan air zuurnya sekarang, takarannya yaitu dibawah lubang yang ada di bawah penutup aki. Biasanya didalam lubang aki kan ada tuh plastik yang runcing ke atas nah ukuran takarannya adalah dibawah plastik tersebut jangan sampai air aki zuur melewati batas plastik tersebut karena biasanya dapat membuat air aki zuur naik saat dilakukan pengecesan.
Cara perbaiki aki kering yang benar


Ketika air zuur sudah dimasukan maka sekarang kamu bisa menutup kembali aki keringnya rapat diperhatikan menutup akinya musti rapat iya gan, karena jika tidak nanti air akinya merembes dan keluar kesana kemari saat pengecesan.

Jika memang sudah ditutup kamu bisa charger dulu dengan charger khusus aki 12 volt, namun jika tidak punya kamu bisa langsung pasang saja karena bisa langsung tercharger otomatis oleh motor anda dengan cara berjalanlah sekitar 30 sampai 1 jam maka nanti akan charger seperti semula.

Dan itulah cara memperbaiki aki kering yang soak karena air nya sudah habis bukan karena aki nya sudah rusak. Atau komponen timah didalam akinya yang sudah runtuh. Semoga dapat membantu anda berhemat dengan tidak membeli aki kering terus terusan karena memang aki kering dapat di perbaiki.

Perbaiki aki dengan ganti airnya