Antena Parabola Tidak Dapat Menemukan Sinyal Sama Sekali

Antena Parabola baik bentuk Dish mau pun Jaring sangat dibutuhkan didaerah yang jauh dari stasiun televisi, kalau kalian yang masih berada di daerah jawa mungkin menggunakan antena tv biasa dapat menemukan sinyal televisi gratis seperti Rcti, MNC dan sebagainya. Tapi kalau di pedalaman jika ingin menikmati siaran televisi hukumnya wajib mempunyai antena parabola dan receiver.

Instalasi parabola sebenarnya mudah saja, terlebih jika hanya menggunakan satu LNB, namun terkadang ada saja masalah yang sering di abaikan pemiliknya sehingga mengakibatkan kesulitan saat mencari satu satelit saja. Ini beberapa berdasarkan pengalaman saya yang beberapa waktu lalu tidak dapat menemukan satu siaran televisi pun, padahal instalasi saya sudah benar saya rasa dengan melihat punya tetangga saya.

Faktor Penyebab :


Parabola sudah tidak presisi

Dalam hal ini adalah hal yang saya alami, karena parabola saya memang sudah berumur sekitar 10 tahun dan ditambah parabola saya pernah terjatuh karena angin. Parabola yang sudah penyok (bentuk dish) dan berlobang (bentuk jaring) sangat mempengaruhi sinyal karena jika bentuk parabola sudah tidak benar maka titik fokus parabola melesat dari LNB. Untuk memperbaiki parabola dish sebaik anda lepaskan saja semua dishnya dan taruh di lantai yang rata jika ada permukaan dish parabola yang tidak menyentuh tanah maka bisa jadi itu adalah penyebabnya dan anda perbaiki penyoknya secara perlahan. Untuk yang jaring mess usahakan anda jahit menggunakan kawat binrat (kawat bangunan).

cara parabola menangkap sinyal

Terlindung Oleh Pohon, Gedung, atau yang lainnya

Ini juga adalah sebagai salah satu penyebab karena satelit itu berada diatas langit dan pengahalang seperti pohon atau gedung akan membuat parabola anda tidak dapat menemukan satu siaran pun. Solusi kamu pindahkan saja parabola kamu ke tempat yang langsung bertatapan dengan langit lepas.

Kesalahan kabel dari antena parabola ke receiver digital

Perlu juga diketahui kalau anda yang memang belum terbiasa dengan antena parabola pasti tidak menyadari bahwa pemasangan kabel parabola tidak seperti kabel parabola biasa. Untuk memeriksa apakah pemasangan kabel sudah benar atau tidak kamu bisa membuka salah satu siaran dan lihat kuantitas sinyal jika kuantitas ada maka dipastikan parabola kamu masih baik baik saja, namun jika menunjukkan 0 atau kosong maka dipastikan ada yang salah dengan kabelnya.

Mungkin itu saja beberapa penyakit dari antena parabola yang tidak dapat menemukan siaran satu pun pada receiver anda, kemungkinan antena anda sudah tidak presisi adalah yang paling sering terjadi.