Cara Merawat Peralatan Bengkel

Sebelum nya saya sudah pernah membahas mengenai beberapa merk perkakas tangan (kunci – kunci  bengkel) yang baik dan tahan lama. Sekarang saat nya saya mau membahas mengenai cara perawatan perkakas tangan yang kamu miliki karena walau pun kamu mempunyai perkakas tangan berbahan bagus kalau tidak ada perawatan sama saja percuma mungkin alat – alat kamu tidak akan bertahan lama.

4 Tips Merawat Peralatan Bengkel Kamu

Selalu bersihkan peralatan bengkel kamu

Saya banyak belajar dari perusahaan besar khususnya pertambangan di tempat saya bekerja, perkakas tangan berupa kunci – kunci selalu mereka bersihkan ketika sore hari atau ketika mereka mau pulang dan itu sudah menjadi rutinitas mereka. Jadi bisa di simpulkan bahwa membersihkan perkakas tangan ketika kita selesai bekerja adalah wajib karena selain untuk mencegah karat, membersihkan perkakas juga mencegah perkakas tangan anda rusak ketika di guna kan. Noda seperti oli akan membuat daya cengkraman kunci terhadap baut menjadi kurang, jika di paksa tentu saja akan oblak.

Buat sebuah tool box

tips merawat peralatan bengkel


Tool box atau bisa di sebut kotak perkakas sangat penting sebenarnya karena selain mencegah alat kamu berantakan kesana kemari, tool box juga menjaga peralatan bengkel kamu dalam keadaan kering juga tentu saja bisa di kunci. Tool box biasanya ada di jual di online shop, namun jika kamu tidak mau repot bisa minta tukang las di daerah kamu membuat tool box sederhana dan jika memang tidak ada juga maka solusinya buat tool box dari kayu.

Gunakan perkakas tangan mu sesuai fungsi nya

Maksud dari sesuai fungsi nya adalah kamu jangan memaksa kan membuka baut 13 menggunakan kunci 14 karena bisa menyebabkan perkakas tangan kamu oblak, lebih baik kamu membeli perkakas baru dari pada merusak perkakas tangan kamu yang ada.

Periksa keausan perkakas tangan

Perkakas tangan yang kualitas bagus sekali pun masih bisa aus sebenarnya, hanya saja waktu pemakaian nya lumayan lama. Oleh sebab itu memeriksa keausan pada perkakas tangan kamu yang sering kamu gunakan adalah perlu, karena perkakas tangan yang sudah aus dapat merusak nanti nya ketika di gunakan.

Demikian lah ulasan saya cara merawat perkakas tangan kamu di rumah atau di bengkel, semoga bermanfaat untuk kamu.

Kedy Reading makes you know, acting makes you do.