Macam Macam Bucket Excavator Di Pertambangan Batu Bara

Excavator mungkin adalah alat yang sangat mudah kita temui dari pada unit lain biasanya, karena memang excavator mempunyai banyak sekali keunggulan dari pada alat berat yang lainnya. Sejarah singkat excavator pada awalnya tidak secanggih sekarang tentunya. Excavator pada jaman itu masih menggunakan rantai dan seling untuk memainkan Bucket dan juga ARM nya, serta excavator pertama juga masih menggunakan mesin uap tidak seperti sekarang menggunakan diesel.

Penemu excavator bukan lah insyur atau apa, dia hanya seorang pemuda jenius yang memulai impian nya membangun excavator dari umur 20 tahun. Dia bernama William Smith Otis, pada tahun 15 maret 1836 dia mematenkan temuan nya itu. Excavator pertama kali digunakan untuk bekerja melakukan pengalian rel kereta api. Pada saat ini excavator menjadi raja nya alat berat karena dia mempunyai kelebihan yang tidak bisa di tandingi oleh alat berat lainnya, kegunaan nya pun bukan sekedar buah gali tanah tapi lebih banyak lagi kegunaanya yang bisa di manfaatkan.

Pada kesempatan kali ini saya mau bagi bagi nih, bisa dibilang pengetahuan lah untuk saudara/i ku semua. Di pertambangan tentu saja aktifitas excavator itu menggali namun namanya menggali sesuatu yang dalam maka kalau sekedar menggunakan bucket maka tidak mudah karena ada material keras seperti batu batuan yang tidak akan sanggup bucket hadapi. Oleh sebab itu di perusahaan ada beberapa jenis pengganti bucket untuk menyelesaikan pekerjaan berat menambang batu bara, di antaranya;


  • Rock Ripper Bucket (sering di sebut kuku macan)
gambar excavator ripper

Bucket jenis ini sangat penting peranan nya dalam dunia pertambangan batu bara, karena dengan ripper nya yang tajam itu dapat digunakan untuk mencongkel/mengeluarkan bongkahan bongkahan batu yang membandel. Biasanya excavator besar lah yang cocok di pasang ini karena memang butuh tenaga lebih mencongkel congkel bongkahan batu yang ada.
  • Hydraulic Breaker Excavator (Pemecah batu keras)
alat pemecah batu excavator

Jika Ripper bisa mencongkel batu, maka yang ini gunanya untuk memecahkan batu yang sangat bandel. Cara kerja nya ini yaitu memukul batu sampai hancur menggunakan palu hydraulic nya itu. Sangat ampuh memecahkan batu batu keras, tetapi kebanyakan Excavator kecil saja yang di pasang ini.
  • Cutting Bucket
Excavator menggunakan cutting bucket

Cutting bucket ini sangat di perlukan di dalam pertambangan batu bara, kegunaan nya untuk membersihkan/memisahkan batu bara dari kotoran dan bisa juga di gunakan untuk meratakan batu bara. Sebenarnya cutting itu identik dengan bulldozer atau motor grader namun excavator pun bisa menggunakan cutting.

Nah itu semuanya ada di pertambangan batu bara, jadi jika kita simpulkan maka ada empat jenis bucket yang di gunakan Excavator di pertambangan yaitu; Bucket penggali, Bucket Ripper, Bucket cutting dan juga Hydraulic breaker. Nah itu saja sih yang ada di tambang tempat kami, kalau di tempat kamu apakah ada yang lebih..?