Jadi Operator Alat Berat Kamu Harus Tahu Ini.

Di dalam dunia tambang batu bara Operator alat berat adalah lowongan yang sangat banyak di butuhkan biasanya, malahan lebih banyak di bandingkan lowongan untuk mekanik atau orang kantornya. Maka bagi kamu yang punya keluarga operator atau tahu tempat kursus menjadi operator sebaiknya kamu ikut saja karena memang lowongan untuk bagian ini saya rasa cukup banyak.

Menjadi operator alat berat memang bukan hanya bisa mengoperasikan saja karena ada banyak hal hal lain yang perlu kamu ketahui, dalam dunia tambang yang keras kamu harus berskill dan juga punya pengetahuan juga mengenai mesin yang kamu operasikan untuk menjamin mesin aman untuk di gunakan berkelanjutan dan juga untuk keselamatan kamu juga pastinya.

Hal yang harus kamu tahu ketika ingin menjadi operator alat berat

Oleh sebab itu saya mencoba merangkum beberapa pengetahuan saya mengenai hal apa saja yang harus di kuasai seorang operator alat berat selain mempunyai skill mengoperasikan alatnya. Kebetulan saya juga bekerja di bagian workshop di pertambangan jadi saya sering melihat beberapa soal tes yang harus di ketahui seorang operator alat berat.

Pengetahuan mengenai panel dan fungsinya

Pada saat ini alat berat sudah serba canggih dan juga serba digital ketika kamu memasuki dalam kabin, kamu akan melihat ada banyak tombol dan juga ada monitor kecil yang biasanya menunjukkan HM (hour meter) dan juga informasi lainnya mengenai unit, baik itu suhu engine, rpm, dan lain lain. Jika kamu sampai tidak mengetahui fungsi dan juga kegunaan dari panel panel tersebut maka kamu tidak akan lolos melamar menjadi operator alat berat.

Bisa melakukan pengcheckan sebelum bekerja

Mengoperasikan alat berat di tambang bukan seperti kamu mengendarai motor langsung hajar saja, kamu sebelum bekerja wajib memeriksa oli engine, oli hydraulic, air radiator dan lain nya. Dalam tes menjadi operator alat berat ini juga menjadi salah satu tes yang akan kamu lewati nanti ketika ingin menjadi operator alat berat, jadi kamu harus tahu bagaimana cara melakukan semua pengecheckan tersebut.

Memahami cara mengoperasikan unit dengan aman

Bekerja dengan aman adalah salah satu hal wajib yang harus kamu ketahui, karena perusahaan khususnya pertambangan sangat ketat menjaga keselamatan kerja karyawannya karena jika sampai terjadi kecelakaan kerja maka reputasi dan juga ijin perusahaan akan terancam jika sampai fatality. Oleh sebab itu kamu harus tahu bagaimana cara bekerja dengan aman dan insting kamu dalam membaca bahaya juga harus ada, seperti pinggiran gunung yang rawan longsor ketika hari hujan kamu jangan bekerja di bawah nya karena tentu itu bisa membahayakan walau kamu di suruh atasan kamu, kamu harus bisa mengatakan itu berbahaya.

Jika kamu mau menjadi operator alat berat baik itu Excavator, Bulldozer, Driling Machine, HD dan lainnya kamu harus mempunyai ilmu ilmu di atas, jika tidak bisa 100% setidaknya 80% kamu mengetahui dasar dasarnya.
Kedy Reading makes you know, acting makes you do.