8 Cara Ampuh Menghemat Energi Di Rumah

Kita sudah mendengar informasi dari pemerintah bahwa subsidi untuk listrik PLN 900W telah di cabut oleh pemerintah, saya yakin banyak yang kesal dengan kebijakan tersebut karena mayoritas masyarakat Indonesia kelas menengah ke bawah banyak yang menggunakan 900W di rumahnya.

Dari pada kita kesal dengan pemerintah lebih baik kita mulai untuk menghemat penggunaan energi dari rumah kita. Selama ini kita sangat bergantung sekali dengan listrik dan tidak memikirkan bahwa listrik yang selama ini kita gunakan mayoritas di Indonesia masih menggunakan energi fosil, entah pembangkit listrik dari mesin diesel atau pembangkit listrik dari batu bara.

Menghemat energi di rumah juga sudah pasti mengurangi pengeluaran kita perbulan dalam hal konsumsi listrik, jadi tunggu apa lagi mari kita berhemat energi sekarang.

Cara Menghemat Energi Di Rumah Yang Efesien

1. Mengganti Bohlam Lampu

Kalau di rumah kamu masih menggunakan jenis lampu pijar maka mulai dari sekarang berganti lah dengan lampu LED, saya tahu harga nya lebih mahal dari lampu pijar akan tetapi lampu LED terbukti lebih hemat energi dan juga lebih tahan lama pemakaian nya di bandingkan lampu pijar.

Cara menghemat penggunaan energi


2. Mengurangi Pemakaian Peralatan Listrik Menggunakan Dinamo

Maksud saya kamu sudah tahu dong peralatan listrik yang menggunakan dinamo seperti kipas angin, mesin cuci, pompa air dan alat listrik lainnya yang menggunakan dinamo. Memang saya akui susah jika harus melepaskan kebiasaan dengan peralatan listrik menggunakan dinamo terutama untuk pompa air, oleh sebab itu ada baiknya kamu menyediakan penampungan air besar tandon air agar kamu tidak bolak balik mematikan dan menghidupkan pompa air karena start awal dari dinamo itu juga besar biasanya.

3. Mengurangi Penggunaan Pemanas Dari Listrik

Alat seperti rice cooker, dispenser adalah salah satu contoh alat pemanas dari listrik. Ada baiknya kamu tidak menggunakan dispenser untuk memanaskan air bisa langsung di kompor saja karena alat ini memakan listrik yang cukup besar.

4. Cabut Steker/Colokan Listrik Ketika Tidak Di Pakai

Menurut informasi dari pihak PLN yang pernah saya tanyakan ketika mereka memperbaiki di rumah saya, setelah menggunakan listrik ada baiknya colokan nya juga di cabut karena walau pun perangkat mati akan tetapi arus listrik akan selalu mengalir ke perangkat yang tidak di cabut colokannya, walau pun tidak besar namun jika selama satu bulan tidak di lepas maka akan menjadi biaya yang tidak berguna pastinya.

5. Buka Jendela dan Gorden

Jika cuaca sedang panas dari pada kamu menghidupkan kipas angin apa lagi AC akan lebih baik jika kamu membuka semua jendela kamu agar udara bisa bersikulasi di dalam rumah kamu agar hawa panas terbawa keluar secara alami.

6. Matikan Lampu Saat Tidur

Hal sepele seperti ini kadang di abaikan oleh banyak orang, ketika dia mengantuk maka dia malas untuk mematikan lampu yang tidak digunakan malah saya lihat dari tetangga saya kadang TV aja tidak di matikan ketika mereka tidur.

7. Buat Plafon Rumah

Plafon rumah selain untuk mempercantik tampilan ruang di dalam rumah ternyata bisa menghemat penggunaan energi di rumah kamu juga lo, alasannya adalah karena plafon mampu mengangkal hawa panas dari atap ketika di siang hari tentu saja kalau jendela di buka dan memiliki plafon tentu rumah lebih dingin tanpa kipas atau AC.

8. Membeli Panel Surya

Dengan menggunakan panel surya saya yakin akan mampu memotong hingga 50% bahkan lebih anggaran pembayaran listrik bulanan di rumah kamu. Alasan saya merekomendasi menggunakan panel surya karena wilayah kita adalah jalur khatulistiwa maka sinar matahari yang kita dapatkan sangat cukup sepanjang tahunnya.

Harga panel surya memang saya akui mahal namun itu bisa di akal dengan menabung dan menyicil sedikit demi sedikit, terlebih panel surya itu umur pakainya lama dan sekarang ini panel surya sudah banyak berkembang tahan terhadap air, serta mampu menyerap cahaya matahari walau cuaca sedang mendung. Dengan panel surya yang pertama biasanya akan terbebas adalah biaya listrik untuk lampu, TV bahkan kipas angin.

Panel surya sekarang juga banyak di pasang permanen pada atap dan untuk perawatan mudah hanya perlu di lap dengan kain bersih dan sedikit air kalau panel mulai kusam terlihat.

cara menghemat energi di rumah

Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel