Skill Yang Di Perlukan Untuk Masuk Sektor Pertambangan

Bekerja di sektor pertambangan khususnya pertambangan batu bara memang menjadi impian banyak anak muda di luar sana, oleh sebab itu saya memberikan beberapa bocoran skill apa saja yang banyak biasanya di pakai dalam industri pertambangan khususnya batu bara ini.

skill untuk masuk industri tambang batu bara

Skill yang di perlukan untuk sektor Pertambangan

Skill yang akan saya jabarkan di bawah ini biasanya akan di cari secara besar besaran kalau sebuah perusahaan baru membuka lokasi baru, oleh sebab itu skill di bawah ini perlu kamu pertimbangan kan untuk mempelajarinya, karena jika kamu non skill maka kesempatan kamu masuk sektor pertambangan akan kecil karena lowongan untuk non skill biasanya akan di prioritaskan untuk orang kampung dimana tambang itu di buka.

#1. Mampu mengoperasikan alat berat.

Di dalam pertambangan alat berat adalah senjata utama mereka dan kalau sebuah tambang baru di buka biasanya operator akan menjadi lowongan yang terbanyak karena di butuhkan untuk memulai produksi pengalian batu bara. Alat alat yang biasa di gunakan adalah Excavator, Bulldozer, Motor Grader, Driling Machine, Whell loader, Haul Trucks, Dump Trucks, Articulated.
Kalau kamu bisa mengoperasikan dari beberapa unit di atas maka kesempatan kamu bakalan besar masuk sektor pertambangan.

#2. Mempunyai skill mekanik atau elektrikal.

Kalau kamu mempunyai ilmu mekanikal atau auto elektrik maka kesempatan kamu masuk ke pertambangan pun semakin besar karena setelah operator biasanya lowongan mekanik pun ada banyak. Jadi jika kamu pernah bekerja ikut memperbaiki mobil atau alat berat maka kamu bisa coba saja langsung.

#3. Mempunyai skill pemetaan.

Kamu bisa menggunakan GPS, Theodolite dan alat alat survey yang lain maka kesempatan kamu juga akan lebih besar karena biasanya team survey akan membuka lowongan menambah anggota mereka mengukur ketinggian tanah, luas dan hal lainnya.

#4. Mempunyai pengalaman di gudang sparepart mobil dan alat berat.

Jika kamu pernah bekerja di toko sparepart entah itu alat berat atau mobil maka kamu bisa mencoba melamar ke pertambangan karena biasanya anggota gudang di pertambangan itu lumayan banyak dan di utamakan yang mengetahui apa saja barang barang sparepart mobil atau alat berat.

#5. Mengerti akan K3 sebuah perusahaan pertambangan.

Dalam pertambangan biasanya ada sebuah department sendiri dengan nama HSE mereka bertugas untuk mengarahkan orang orang tambang bekerja sesuai dengan K3 pertambangan, kalau kamu memahami dan mengerti hal hal apa saja K3 Pertambangan maka kamu bisa mencoba melamar di bagian HSE.

#6. Mempunyai koneksi orang dalam.

Kalau skill yang terakhir ini adalah skill dewa yang wajib kamu punya, karena kalau kamu punya orang dalam kesempatan kamu bekerja di sektor pertambangan semakin mudah walau skill kamu mungkin hanya bisa komputer maka dengan bantuan orang dalam yakin kamu bisa tembus hehehe...

Itu lah beberapa skill yang akan kamu butuhkan jika kamu mau masuk ke sektor pertambangan, kenapa cuma itu ? itu karena biasanya lowongan yang akan banyak beredar di situs pencari kerja adalah lowongan yang memerlukan skill di atas, kalau kamu tidak mempunyai kelima skill di atas, setidaknya skill ke enam kamu harus punya dengan mencari relasi dengan Linkedin.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel