Cara Berkebun Tanaman Kopi

Berkebun tanaman kopi adalah peluang usaha yang sangat bagus, mengingat bangsa Indonesia adalah salah satu penghasil biji kopi terbesar dan juga terbaik.

Umumnya di Indonesia ada banyak varian tanaman kopi yang di tanam, di antaranya adalah. Kopi Arabika dan kopi robusta, akan tetapi ada banyak lagi olahan kopi orang Indonesia yang umumnya adalah dari kopi robusta, di antaranya Kopi Luwak, kopi Toraja, kopi Lintong dan lain - lain.

Biji kopi pilihan


Persyaratan Tumbuh Berkebunan Tanaman Kopi

Sebelum memutuskan untuk menanam tanaman kopi, ada baiknya mengenal dahulu syarat tumbuh tanaman kopi ini. Jika persyaratan tidak sesuai maka penghasilan kamu di saat panen tidak akan maksimal atau malah bisa gagal panen.

1. Ketinggian Tempat Berkebun Kopi

Tanaman kopi akan lebih baik jika di tanam pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, bahkan untuk kopi Arabika akan lebih baik jika di tanam dengan ketinggian lebih dari 1000 meter diatas permukaan laut.

Kopi Arabika yang di tanam pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut akan memiliki rasa dan aroma yang khas. Untuk di ketahui permintaan pasar akan biji kopi adalah jenis kopi Arabika dan tentu jika bisa usahakan kamu menanam jenis kopi Arabika.

Wilayah seperti Sulawesi tengah adalah tempat yang bagus sekali untuk menanam kopi, karena wilayah mereka mempunyai tinggi di atas 1000 mdpl.

2. Curah Hujan Untuk Tanaman Kopi

Curah hujan yang bagus untuk tanaman kopi adalah sekitar 1500 – 2500 mm per tahunnya dan lama musim kemarau panjang antara 2 - 3 bulan saja. Suhu ideal untuk tanaman Kakao adalah 15 - 25 derajat celcius, namun jika di tanam di pegunungan maka itu bukan masalah tentu nya.

Persiapan Bibit Tanaman Kopi

Banyak petani kopi masih menggunakan cara lama, yaitu menanam tanaman kopi langsung dari biji nya. Namun tahukah kamu bahwa menanam bibit kopi langsung dari bijinya tidak memberikan hasil yang maksimal, karena sifat dari induknya tidak di bawa 100% oleh anaknya.

Rekomendasi bagi para calon petani tanaman kopi adalah menanam tanaman kopi hasil sambungan dan setek. Beberapa keunggulan dari bibit tanaman kopi vegetatif adalah;
  1. Mendapatkan mutu tanaman yang seragam untuk satu kebun.
  2. Sifat tanaman akan 100% mengikuti sifat induknya.
  3. Batang bawah dan batang atas akan mempunyai sifat unggul.
  4. Berbuah lebih cepat.
Untuk mendapatkan bibit tanaman kopi vegetatif bisa dengan cara membeli atau meminta bantuan dari Dinas Pertanian di daerah kamu, kalau kamu mempunyai tetangga yang memiliki bibit tanaman kopi unggul maka kamu bisa melakukan perbanyakan bibit dengan cara setek. Untuk lebih jelas cara melakukan perbanyakan bibit kopi bisa kamu baca caranya dari situs alamtani.

Penanaman Bibit Tanaman Kopi

Jarak penanaman kopi tergantung dengan kondisi medan tanam, jika lahan tersebut miring maka jarak tanaman bisa 2M X 2.5M dan jika lahan tempat kamu menanam tergolong rata maka tanam lah tanaman kopi dengan jarak 2.5M x 2.5M.

berkebun tanaman kopi

Nah sampai disini dulu pembahasan mengenai cara menanam tanaman kopi, nantikan artikel berikutnya mengenai cara pemupukan dan dosis, perawatan serta penanganan hama atau penyakit pada tanaman kopi.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel