Cara Menggunakan Aplikasi Mendeley Untuk Membuat Kutipan dan Referensi

Cara menggunakan Mendeley wajib di ketahui dan di pelajari oleh seorang Mahasiswa atau Mahasiswi. Aplikasi Mendeley adalah sebuah aplikasi yang berisi ribuan informasi penting untuk membuat daftar pustaka karya ilmiah kamu dengan mudah.

Ketika kamu membuat sebuah karya ilmiah maka kamu di wajibkan memasukan dari mana referensi karya tulis kamu itu di dapat dan adakah pembuktian untuk itu, maka di buatlah daftar pustaka atau rujukan untuk karya ilmiah kamu.

Cara Menggunakan Mendeley Untuk Memasukan Kutipan Dengan Mudah


Buka aplikasi Mendeley kamu dan coba ketikan referensi yang ingin kamu dapatkan di dalam kolom pencarian yang tersedia. Disini saya mencoba mencari referensi untuk Lysosome.

Cara Menggunakan Mendeley

Baik saya menganggap kamu sudah menemukan referensi yang tepat untuk tulisan kamu, maka selanjutnya instal plugin Mendeley untuk Microsoft Word.

Instal plugin mendeley untuk word

Buka aplikasi Microsoft Word kamu dan buka tulisan karya ilmiah yang ingin kamu buat daftar pustaka atau referensi nya, lanjut ubah tabs Microsoft Word ke bagian References.

Ubah tabs references di Word

Tampaknya semua sudah berjalan lancar jika kamu sudah melihat menu Mendeley pada Microsoft Word kamu. Sekarang jika kamu ingin memasukan kutipan maka kamu klik pada Insert Cititation, ketika ada pop up muncul kamu pilih Go To Mendeley.

Memasukan kutipan dari mendeley

Ketika kamu mengklik pada Go To Mendeley tadi maka semua perpustakan Mendeley bisa kamu akses langsung dari Microsoft Word saja dan kamu silahkan cari kutipan mana yang ingin kamu masukan ke karya kamu.

Memasukan kutipan di word melalui mendeley

Di akhir dokumen karya yang kamu buat, kamu juga bisa memasukan Blibliography dengan mengklik Insert Blibliography di dalam menu References tadi.

Insert Blibliography Mendeley di Word

Blibliography akan menyisipkan semua daftar referensi yang sudah kamu masukan tadi, ini sangat mudah kamu tinggal memilih dan klik tanpa harus copy paste dan mencari kesana kemari.

Contoh Blibliography
Terkadang kutipan tidak sesuai kita lihat dan jelek seperti berantakan, maka kamu jangan khawatir karena Mendeley sudah mengetahui itu maka oleh itu tersedia opsi Style untuk mengubah gaya penulisan referensi kamu.

Mendeley ubah gaya

Jika untuk satu kutipan ada banyak referensi yang kamu dapat, maka kamu bisa menggabung kan semua kutipan tersebut menjadi lebih dari satu. Kamu hanya perlu memblok referensi yang ingin kamu gabungkan, lalu klik pada Merge Citation.

Gabungkan referensi Mendeley

Bagaimana bisa di mengerti ? Saya rasa bisa dong karena cukup mudah kok dalam mengambil kutipan dan referensi dari Mendeley ini. Jika cara menggunakan mendeley ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman kamu di sosial media.
Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel