Mengenal Kota Muara Teweh Lebih Dekat

Perkenalkan saya adalah Blogger asli dari Muara teweh, provinsi Kalimantan tengah. Saya merasa kurang pas jika saya tidak menulis artikel ini, siapa tahu ada rekan - rekan yang mau merantau ke Muara teweh untuk pertama kalinya tidak kebingungan mencari informasi dari kota cantik tersembunyi hutan ini.

Letak Muara Teweh dan Akses Untuk Mengunjungi Nya

Muara teweh adalah ibukota kabupaten Barito utara, provinsinya Kalimantan tengah. Terletak di tepian sungai Barito, yang jika kamu ingin berkunjung kesini bisa memilih beberapa opsi, diantaranya.

Muara teweh maps

Melalui Jalur Darat

Jika kamu memilih opsi melalui jalan darat, maka kamu bisa datang ke Muara teweh melalui Banjarmasin atau Palangkaraya karena dari sinilah biasanya ada travel atau bis yang melayani jalur ke daerah Muara teweh bahkan sampai Puruk cahu. 

Melalui Banjarmasin biasanya akan memakan waktu perjalanan sekitar 10 hingga 11 jam perjalanan, karena jalan yang di lalui banyak penduduknya, khususnya di wilayah Kalimantan selatan yang penduduknya padat di pinggiran jalan poros.

Melalui Palangkaraya biasanya memakan waktu 8 jam perjalanan, sebenarnya jauh dari Palangkaraya dari pada Banjarmasin kalau dalam hitungan KM. Namun jalan lintas Palangkaraya - Muara teweh tidak padat penduduk dan tidak ada kemacetan itu yang membuatnya lebih cepat.

Akan tetapi sekarang sedang di bangun jalan pintas dari Muara teweh ke Palangkaraya yang akan memakan waktu 5 jam perjalanan kalau tidak salah.

Melalui Udara Menggunakan Susi Air

Mempunyai uang lebih maka kamu bisa menggunakan transportasi udara Susi Air untuk ke Muara teweh, biasanya kalangan bos - bos perusahaan, artis atau kalangan pejabat menggunakan transportasi udara ketika ingin ke Muara teweh.

Namun saat ini tahun 2019 pembangunan bandar udara Muara teweh untuk pesawat besar sebentar lagi rampung, mungkin suatu saat nanti kamu bisa ke Muara teweh langsung dari Surabaya tanpa singgah di Banjarmasin atau Palangkaraya.

Melalui Sungai Barito

Walau tidak ada transportasi khusus yang melayani keberangkatan ke Muara teweh melalui jalur air ini, namun sekedar informasi kalau dahulu orang - orang khususnya kapal pembawa barang mengarungi sungai Barito ketika ingin ke Muara teweh.

Untuk saat ini hanya kapal pengangkut batu bara atau kapal pembawa alat berat saja yang menggunakan sungai barito.

Fasilitas Di Kota Muara Teweh

Tentu sebelum memutuskan kesini kamu harus tahu apakah ada tempat untuk menginap atau bersantai di kota Muara teweh. Tenang saya punya informasi mengenai fasilitas yang tersedia disini untuk kamu agar ketika kamu kelelahan dari perjalanan bisa langsung beristirahat di penginapan kamu.

Tempat Menginap di Muara Teweh

  • Hotel
Di kota Muara teweh sudah ada banyak Hotel yang bisa kamu booking melalui aplikasi di smartphone kamu, di antaranya ada Hotel Armani dan Hotel JNB sebagai Hotel andalan para pejabat atau artis ke Muara teweh untuk menginap. Selain itu ada Hotel Matahari, Hotel Walet dan masih banyak hotel lainnya yang bisa kamu lihat di aplikasi Google Maps.
  • Penginapan
Apa bila kamu ingin yang lebih hemat, tentu di kota Muara teweh ada banyak penginapan murah yang ramah di kantong kamu. Kamu tinggal memilih sesuai dengan kantong kamu saja mau Hotel atau Penginapan.

Tempat Bersantai dan Hiburan

  • Tempat Bersantai
Jika kamu beserta keluarga dan ingin bersantai menikmati kota Muara teweh, maka kamu bisa bersantai di Taman Kota Muara Teweh disana ada tempat bermain anak, tempat batu refleksi, dan ada tempat makan dan minum sangat cocok untuk kamu bersantai bersama keluarga disana.

Credit: Instagram (@seputarmuarateweh)

  • Tempat Hiburan
Kamu suka menyanyi maka tempat karaoke ada banyak untuk kamu bersantai bernyanyi salah satu di widuri, di armani hotel. Kamu suka bermain biliar maka bisa menikmati permainan Biliar di Baracuda. Selain itu ada juga kolam renang, tempat bermain futsal di kota Muara teweh.

  • Tempat Wisata
Sebenarnya kota Muara teweh mempunyai banyak tempat wisata namun masih belum di kembangkan oleh Pemerintah daerah saja. Tapi tenang masih ada kok tempat kamu berwisata bersama dengan keluarga di kota Muara teweh ini, di antaranya Wisata Air Terjun KM. 18, Wisata Bendungan Tringsing dan Wisata Bumi Perkemahan Trahean.

Bumi perkemahan Muara teweh


Tapi saran saya jika kamu datang ke tempat wisata untuk tujuan bermain air, maka jangan datang pada saat musim kemarau karena biasanya airnya kering.

Tempat Beribadah

Tempat ibadah tentu ada di kota Muara teweh. Jadi jika ingin beribadah tidak usah khawatir karena lima agama di Indonesia semuanya ada tempat ibadahnya di Muara teweh ini.

Suku Yang Ada Di Muara Teweh

Walau pun kecil namun di Muara teweh ada banyak sekali beragam macam suku asli yang mendiaminya, di antaranya adalah.

  • Suku Bakumpai
Suku Bakumpai adalah suku mayoritas di kota Muara teweh, suku Bakumpai adalah suku asli Kota Muara teweh. Suku Bakumpai hampir semua yang saya kenal adalah pemeluk agama Islam dan jika kamu melihat sebuah monumen berupa Patung Pejuang maka itu adalah Panglima Batur pejuang asal Muara teweh dari suku Bakumpai.

Patung Panglima Batur di Muara teweh

  • Suku Dusun Malang
Saya adalah dari suku Dusun Malang di Muara teweh, Dusun Malang adalah salah satu suku yang berada di kota Muara teweh. Dusun malang sebenarnya termasuk suku asli dari Barito utara namun bukan suku asli dari Muara teweh. Wilayah penyebaran suku Dusun Malang di mulai dari wilayah Desa Malawaken 1 sampai ke desa - desa pedalaman lahei, seperti Desa Hurung Enep, Juju Baru, Karendan, Bengahon, dan lainnya.

Namun karena pendidikan atau pekerjaan sekarang ini banyak suku Dusun Malang yang tinggal di wilayah Muara teweh, suku Dusun Malang adalah pemeluk agama Hindu Kaharingan awalnya, namun banyak yang pindah ke Kristen Protestan dan sebagian kecil masuk ke Islam.

  • Suku Dusun Pendreh, Dusun Pepas, Dusun Bayan, Dusun Nihan.
Sama halnya dengan Dusun Malang, suku Dusun Pendreh, Dusun Pepas (Dusun Uwa), Dusun Bayan dan Dusun Nihan adalah suku asli Barito Utara juga, mendiami wilayah Muara teweh karena Pendidikan, Pekerjaan atau sekedar ingin mendekat ke Kota.

Dari bahasa semua Suku Dusun di Barito utara mempunyai persamaan kata hanya sebagian kecil kata saja yang agak berbeda.

  • Suku Taboyan
Suku Taboyan juga suku asli Barito utara yang mendiami Muara teweh, suku Taboyan adalah suku asli dari wilayah Kecamatan Teweh Timur. Suku Taboyan mempunyai bahasa yang dari logatnya hampir mirip dengan bahasa Dayak Benuaq di wilayah Kutai Barat (Ini menurut asumsi saya ketika mendengar kedua bahasa ini di tuturkan), mungkin karena suku Taboyan mempunyai wilayah yang berbatasan langsung dengan Kutai Barat, Kalimantan timur.

  • Suku Lainnya Di Wilayah Muara Teweh
Sama halnya dengan kota lainnya, suku di Muara teweh juga banyak suku dari wilayah luar Barito Utara seperti Suku Dusun Ma'ayan, Suku Dayak Ngaju (Kapuas), Suku Jawa, Suku Batak, Suku Sunda dan sebagian kecil suku lainnya dari wilayah Indonesia.

Saya rasa sudah cukup dekat berkenalan dengan kota Muara teweh dengan segala semua penduduknya, semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin kesini semoga selamat sampai tujuan dan jika membutuhkan teman untuk berkeliling maka jika saya dalam keadaan tidak sibuk akan saya temani gratis.

Jika ada masyarakat Muara teweh yang membaca dan ingin menambahkan jika ada kekurangan maka saya sangat siap untuk mengedit kekurangan tersebut, agar artikel ini lebih baik lagi.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Kota Muara Teweh Lebih Dekat"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik atau saran. Jangan sungkan untuk berkomentar disini :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel