Mengenal Landak Laut Atau Bulu Babi

Landak laut atau biasa di sebut masyarakat Indonesia yaitu Bulu Babi adalah mahluk laut kecil yang berbentuk bulat dengan ada banyak duri kecil menyerupai bulu di badannya.

Landak Laut Adalah

Mahluk hidup yang di kategori kan sama dengan binatang laut seperti Bintang laut, Dolar pasir dan teripang.

Bulu babi memiliki kaki berbentuk tabung yang disebut dengan pedicellariae, yang memungkinkan nya untuk melakukan pergerakan di dalam air. Makanan Bulu babi ini umumnya adalah bahan organik yang ada pada dasar laut, mulut mereka terletak pada dasar cangkang mereka tersebut.

Warna dari Bulu babi umumnya beragam, seperti berwarna hitam, coklat, merah, hijau, merah muda dan kuning. Landak laut atau bulu babi hidup hampir di semua samudera di dunia, namun dia sangat menyukai tempat dimana banyak bebatuan.

Bahaya Landak Laut atau Bulu Babi Bagi Manusia

Badan bulu babi umumnya di terdapat duri yang di lihat mirip dengan bulu dan duri tersebut cukup kuat untuk menembus sepatu bot sekali pun. Duri pada bulu babi mengandung kalsium karbonat, duri Bulu babi biasanya rapuh terutama saat kamu ingin mencabut duri tersebut dari kulit yang tertusuk.

Gejala yang Terjadi Akibat Tertusuk Duri Landak Laut

Luka tertusuk biasanya akan membengkak dan terlihat kemerahan di area yang tertusuk. Sakit akibat tertusuk landak laut sangat tergantung dalamnya tusukan duri landak laut yang memasuki kulit.

mengenal landak laut
Source: Pixabay


Pertolongan Pertama Saat Terkena Duri Landak Laut

Ada beberapa tahap pertolongan di saat ada orang yang terkena duri dari Landak laut atau Bulu babi ini, agar kesakitan akibat tusukan duri Landak laut ini agak berkurang.

  • Rendam bagian yang tertusuk duri Bulu babi dengan air panas. Pokoknya air yang bisa di toleransi manusia saja kalau dia sanggup 50 derajat celcius pun bisa, namun rekomendasi 45 derajat celcius saja.
  • Lepaskan duri yang masih lengket pada kulit, gunakan pinset untuk mencabutnya. Akan tetapi jika tusukan duri Bulu babi tersebut dalam sebaiknya memanggil dokter saja, karena duri tersebut gampang sekali untuk pecah di dalam kulit dan akan sulit di lepas jika sudah menjadi pecahan kecil di dalam kulit.
  • Cuci bagian yang terkena tusukan tadi dengan air bersih namun jangan gosok area tersebut, setelah itu berikan anti septik pada luka tusukan tersebut dan ingat jangan di tempelkan perban pada luka terkena tusukan Bulu babi.
  • Setelah selesai melakukan pertolongan pertama, ada baiknya untuk menemui dokter untuk memeriksa luka tersebut oleh seorang ahlinya.
Nah seperti itu lah informasi mengenai Landak laut atau Bulu babi, semoga bisa memberikan kamu informasi yang cukup terutama di saat kamu atau kawan kamu ada yang terkena tusukan duri Landak laut ini.

Terutama untuk kamu para penggemar wisata laut harus berhati - hati, apa lagi jika pantai tersebut banyak batu karang nya.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Landak Laut Atau Bulu Babi"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik atau saran. Jangan sungkan untuk berkomentar disini :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel