Bahan Bahan Untuk Pembuatan Fiberglass

Fiberglass adalah sebuah bahan yang banyak digunakan oleh orang - orang untuk membuat badan kapal, mobil, kerajinan tangan, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu saya ingin berbagi bahan - bahan untuk membuat fiberglass, siapa tahu ada yang ingin membuat fiberglass untuk kerajinan tangan yang manis. Buat yang penasaran apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat fiberglass ini, maka mari simak dibawah ini.
Kursi fiberglass

Fumed silica

Fumed silica merupakan bahan yang di perlukan dalam pembuatan fiberglass. fumed silica dijual dengan merk dagang Aerosil. Fumed silica ini bentuknya sangat lah halus, karena kehalusan dan ketipisannya, fumed silica dapat dengan mudah menjadi udara, membuatnya menjadi rawan terhirup, yang dapat menyebabkan iritasi.

Resin

Resin itu sebenarnya adalah damar jika didalam bahasa Indonesia. Namun resin yang digunakan dalam fiberglass merupakan resin sintetis (buatan manusia), dan bentuknya tidak seperti damar yang keras. Resin sintetis tersebut berbentuk gel, dicampurkan dengan fumed silica untuk membentuk fiberglass.

Pigmen Warna

Pigmen warna berguna sebagai bahan pewarna dari fiberglass. Dengan adanya pigmen warna membuat fiberglass buatan kamu semakin menarik, pigmen warna harus di masukan kedalam adonan fumed silica dan resin, sebelum catalyst di campurkan kedalam bahan.

Catalyst

Catalyst adalah suatu bahan , yang kadang-kadang diperlukan untuk meningkatkan efek ke tingkat berikutnya atau menghilangkan beberapa efek samping dari bahan. Sebab itu catalyst digunakan sebagai bahan fiberglass untuk mengeraskan bahan - bahan yang dicampurkan.

Chopped Strand Mat

Chopped Strand Mat merupakan bahan yang sangat penting fungsinya untuk fiberglass, karena bahan ini bagaikan tikar fiberglass untuk meletakkan bahan resin dan fumed silica tadi diatasnya. Chopped Strand Mat merupakan serat fiberglass nya, dan kamu bisa dapatkan dengan mudah.

Dempul

Dempul digunakan sebagai penghalus lapisan terluar dari fiberglass, jika kondisi fiberglass tidak rata atau bocor maka bisa gunakan dempul untuk menambalnya. Gunakan merk dempul yang kuat dan mengkilap, untuk memberikan hasil yang terbaik.

Jadi kesimpulannya untuk membuat fiberglass sangat mudah sekali. Pertama kamu campurkan fumed silica, resin, dan pigmen warna, aduk hingga rata. Baru campurkan catalyst yang berguna sebagai bahan perekat bahan. Baru taruh adonan tadi ke chopped strand mat untuk mengeringkan adonan fiberglass.

Semoga bahan membuat fiberglass dan cara praktis pembuatan nya dapat memberikan ilmu untuk kamu.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel