Cara Menjinakkan Monyet Liar Untuk Dijadikan Peliharaan

Cara menjinakkan monyet liar bisa dibilang cukup mudah, dibandingkan dengan hewan liar lainnya. Saya pernah mendapatkan tupai liar dan mencoba menjinakkan nya, namun lumayan memakan waktu dan Tupai cepat sekali kembali menjadi liar.
Monyet

Monyet cukup bersahabat dan cepat untuk dijinakkan asalkan kamu menangkap yang masih muda monyet nya. Jangan kamu mencoba memelihara monyet yang sudah tua, dan taringnya sudah panjang karena berbahaya, terutama untuk pemula.

Sebelum saya mengajari kamu mengenai cara memelihara monyet pantai atau ekor panjang ini, sahabat harus mengetahui apa saja dampak negatif ketika mempunyai peliharaan hewan eksotis ini.

Bahaya Memelihara Monyet Ekor Panjang


Penyakit Menular

Penyakit monyet ekor panjang atau pantai sangat banyak yang mirip dengan penyakit manusia. Sebab itu kamu harus rajin mengecek kesehatan monyet secara berkala, terutama jika sahabat suka menggendong hewan eksotis ini.

Penyakit seperti hepatitis, rabies, ebola, TBC, dan cacar monyet. Jenis penyakit yang saya sebutkan itu semuanya dapat ditularkan oleh monyet ke manusia dengan sangat mudah. Terlebih jika kita tidak tahu bahwa monyet tersebut sedang terinfeksi virus - virus penyebab penyakit itu.

Rawan Menggigit Walau Jinak

Monyet ekor panjang sering kali menggigit pemiliknya walau sudah jinak, terutama ketika monyet tersebut sedang stress, lapar, atau di takut - takuti. Sebab itu ada banyak para pemilik hewan ini memotong taring mereka, agar jika dia menggigit tidak begitu parah.

Memotong taring monyet harus dilakukan sesuai prosedur dokter hewan, karena dapat menyebabkan infeksi jika sembarangan.

Bau Menyengat

Kotoran yang dikeluarkan monyet ekor panjang sangat bau, jika kamu tipe orang yang tidak tahan dengan bau menyengat sebaiknya jangan memelihara hewan ini. Bau kotoran terutama air seni nya sangatlah buruk, dan jika monyet buang kotoran dia sering memegang dan membuangnya kesana kemari.

Memelihara hewan ini di wilayah perumahan padat penduduk sangatlah tidak cocok, bahaya bisa mengundang keributan dengan tetangga karena baunya.

Di atas merupakan tiga masalah ketika memelihara monyet pantai/ekor panjang, sebaiknya di pikirkan dahulu ya.

Buat kamu yang sudah merasa yakin untuk memelihara hewan ini, maka berikut adalah cara menjinakkan monyet dengan mudah. Sebelumnya pastikan bahwa monyet nya masih muda ya, karena biasanya induk monyet sering meninggalkan anak nya ketika kepepet.

Cara Menjinakkan Monyet Ekor Panjang


Beri Nama

Sama halnya dengan hewan peliharaan lain, monyet perlu diberikan sebuah nama agar saat nanti berinteraksi dengan monyet tersebut, sahabat dapat memanggil namanya. Agar monyet tahu bahwa itu adalah nama untuknya, maka setiap kali bertemu dengan monyet panggil lah namanya dengan nada yang lembut.

Batasi Pemberian Makan

Puasa kan monyet yang ingin sahabat jinak kan, namun jangan lupa untuk menyediakan minuman didalam kandang. Karena monyet masih bisa menahan lapar, namun tidak dapat menahan haus.

Berilah makan monyet pada sore hari, lalu besok paginya jangan beri makan. Monyet yang kelaparan akan mencari makan, dan melakukan apa saja untuk mendapatkan makanannya. Berikan monyet makan pada waktu siang hari saja.

Berikan Makan Menggunakan Tangan

Monyet yang lapar karena kamu batasi makanannya, otomatis tidak akan malu - malu mengambil makanan yang diberikan. Ketika memberikan makan monyet usahakan dengan suap, atau makanan nya kita yang pegang.

Sambil monyet makan coba secara perlahan untuk memegang kepala monyet dengan ramah. Jika monyet masih takut jangan dipaksa, coba kembali secara perlahan, sambil makanan nya tetap kita yang pegang. Jika monyet masih tidak mau di pegang jangan marah dulu, coba kembali puasakan monyet besok hari dan ulangi cara yang sama.

Mandikan Monyet

Memandikan monyet bisa menjadi salah satu alternatif buat kamu mendekati si monyet. Cara memandikan monyet yang benar dengan memegang leher bagian belakang monyet, tanpa menyakitinya. Siram air secara perlahan, berikan monyet shampo untuk bulunya lebih harum dan halus.

Sambil menyabuni si monyet kamu elus badan monyet perlahan - lahan, sampai dia diam dan merasa nyaman. Mandikan monyet kamu sebanyak dua kali seminggu untuk mendekatkan kamu dan si monyet.

Ulang Terus Menerus

Semua tips diatas harus diulangi secara terus menerus, karena monyet akan lebih cepat jinak dengan tuannya jika kamu lebih sering bertemu dengan monyet tersebut. Dalam waktu satu minggu, jika kamu intens melakukan cara diatas maka saya yakin monyet akan jinak dengan sahabat.

Sekian lah sedikit tips untuk menjinakkan monyet liar atau monyet yang baru dibeli, semuanya butuh waktu ya, jadi harus selalu bersabar.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel