Cara Menghidupkan Komputer dan Mematikannya

 Saya sungguh teringat mengenai pengalaman pertama saya waktu kelas tujuh SMP pelajaran cara menghidupkan komputer di mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi Komunikasi). Menghidupkan komputer tentu mudah sekali buat yang punya perangkat ini dirumah, tapi sebagai orang kelas bawah dirumah saya tidak ada yang namanya komputer.

Hal sepele seperti ini kadang memalukan saat ditanyakan kepada orang lain, karena pasti ada anggapan orang bahwa kita tidak tahu teknologi. Sebab semua dalam tulisan ini saya akan merinci cara menghidupkan komputer yang benar dan cara mematikannya pula.

Pengenalan Perangkat Komputer

Agar kalian lebih paham mengenai cara benar menghidupkan perangkat nya, alangkah baiknya saya kenalkan dahulu kamu dengan apa saja sih yang dibutuhkan komputer untuk bisa digunakan.

1. Control Processing Unit (CPU)

CPU atau control processing unit merupakan otak utama dari komputer kamu, anggap kalau dimotor ini adalah mesinnya yang mengatur semua yang dikerjakan. Kalau kamu melihat foto, memutar music, memainkan video, bermain game, dan aktivitas lainnya CPU ini yang bekerja.

CPU adalah

2. Monitor atau Layar Komputer

Komputer itu berbeda antara layar dengan mesinnya, sebab itu saat menghidupkan komputer tidak hanya mesinnya yang di hidupkan tapi juga layarnya. CPU dan juga layar itu dihubungkan oleh kabel HDMI, jika kabel ini rusak atau tidak terpasang dengan benar maka biasanya tidak akan ada yang tampil dilayar komputer kamu.

Mengenal monitor komputer

3. Keyboard dan Mouse

Saya pikir kamu harus tahu juga antara keyboard dan mouse, karena dalam tulisan ini saya tidak hanya mengajak kalian cara menghidupkan tapi mematikannya juga. Keyboard mungkin kamu sudah tahu bahwa itu adalah tombol yang berisi kumpulan huruf, angka, simbol, dan tulisan F1 sampai F12.

Mouse adalah temannya keyboard, fungsi dari alat ini untuk mengarahkan apa saja yang ingin kamu pilih. Kalau di HP biasanya kamu kalau mau geser - geser enak tinggal mengarahkan tangan kekanan kekiri dilayar, tapi beda kalau di komputer kamu butuh mouse ini.
Mouse komputer

Keyboard komputer

4. Uninterruptible Power Supply

Uninterruptible power supply atau biasa disebut dengan power supply saja, memang alat ini tidak wajib ada pada komputer akan tetapi apa bila kamu menggunakan komputer di sekolah atau kantor maka semua komputer mereka biasanya tersedia alat ini.

Fungsi utama dari UPS adalah untuk mencegah komputer mati mendadak ketika listrik dari PLN padam, tentu untuk sekelas sekolah atau kantor mereka perlu UPS ini untuk mencegah pekerjaan mereka tidak tersimpan saat listrik padam. Memang kekuatan dari UPS ini tidak sampai 20 menit kebanyakan, namun ini penting saat listrik padam kita sempat menyimpan semua pekerjaan sebelum mematikan komputernya.

UPS komputer

Cara Menghidupkan Komputer yang Benar

Pengenalan akan alat - alat pada perangkat komputer sudah, kini saatnya untuk belajar bagaimana cara hidupkan nya dengan baik dan benar.

1. Cek Arus Listrik

Komputer membutuhkan daya listrik untuk hidup, sebab itu cek dahulu steker komputer dan monitor sudah terpasang atau belum ke dayanya. Kalau tidak menggunakan UPS maka kabel langsung dicolok diperumahan listrik PLN, kalau pakai pastikan stekernya sudah ditancapkan di belakang UPS.

Jika pakai UPS biasanya hidupkan dahulu UPSnya dengan cara menekan tombol powernya sampai lampunya menyala, dan jangan lupa steker UPS dicolokkan ke listrik PLN. Jadi jalurnya UPS mendapatkan daya dari PLN, komputer dan monitor mengambil daya dari UPS.

2. Tekan tombol power CPU dan Monitor

Listrik sudah terhubung dengan aman, lanjutkan tahap menghidupkan CPU dengan menekan tombol powernya sampai kipas CPU terdengar berputar kalau tidak ada lampu indikator di CPU nya, kalau ada cukup lihat lampunya hidup yang menandakan CPU sudah mulai hidup.

Letak tombol power pada CPU biasanya berbeda - beda sesuai dengan merk dan tipenya, tapi tenang biasanya selalu ada lambang power menandakan itu tempat menghidupkan CPU.
lambang power
lambang POWER

Jika monitor/layar tidak menyala saat CPU sudah dihidupkan berarti layar belum di hidupkan, coba kamu hidupkan monitornya dengan cara menekan tombol powernya yang biasanya berada dibawah layar.
cara hidupkan monitor komputer
tanda merah tempat menghidupkan nya


Jika ternyata saat dihidupkan monitornya tidak menampilkan gambar sama sekali, maka kamu bisa coba cek pada bagian kabel HDMI yang menghubungkan antara CPU dan monitor, tapi jika kamu praktek disekolah biasanya monitor dan CPU sudah terhubung satu sama lain.

Andaikata kamu binggung tanyakan saja, katakan kamu sudah menghidupkan CPU dan monitor tapi kenapa tidak menyala sama sekali gambarnya di monitor.

3. Menunggu Proses Booting Sistem Operasi

Buat yang tidak ada masalah saat menghidupkan CPU dan Monitornya akan langsung terlihat proses booting sistem operasi, tunggu saja tidak perlu melakukan apa - apa, nanti akan otomatis ke layar utama komputer dengan sendirinya jika komputernya tidak di lindungi password, kalau ada password maka masukan terlebih dahulu passwordnya.

Oleh sebab itu tadi saya mengatakan keyboard merupakan salah satu alat pendukung komputer, kalau tidak ada keyboard dan ternyata saat dihidupkan meminta password kan bermasalah. Berikut gambar proses booting, dan juga gambar jika ternyata komputer di lindungi password.
proses booting


4. Halaman Awal Komputer

Begitu proses booting sistem operasi Windows nya tadi sudah berhasil, kamu akan langsung berada dihalaman depan dekstop. Ibaratkan hp Android ini adalah depan ponsel kamu yang biasa diganti - ganti wallpapernya.

Disini juga ada menu yang bisa kamu tambahkan sendiri, tapi kalau mau yang lebih banyak bisa klik lambang Windows di pojok kiri bawah yang dinamakan menu Start.
Halaman depan windows 10
Begini layar utama Windows 10

5. Proses Mematikan Komputer Dengan Benar

Kamu sudah paham nih cara menghidupkan perangkatnya, sekarang mari kita belajar mematikan yang baik dan benar. Kebetulan kalau orang yang tidak tau pasti menekan tombol power di CPU langsung, atau ada juga yang mematikan monitor saja dan CPU dibiarkan menyala itu salah yah jangan ditiru.

Cara aman mematikan perangkat komputer itu dengan cara menekan tombol start yang ada di pojokan kiri bawah, jenis Windows berapa pun itu umumnya letak tombol Start selalu ada disana. Kamu tekan lambang itu sampai terbuka menggunakan mouse dan tekan mouse sebelah kanan untuk memilih.

Setelah itu klik lambang tombol power, lalu pilih shutdown. Jika sudah kamu tinggal menunggu proses mematikannya sampai selesai.
cara mematikan komputer yang benar

Kalau sudah benar - benar mati, baru deh kamu bisa lepaskan colokan kabelnya jika diperlukan. Untuk yang komputernya menggunakan perangkat UPS tadi maka matikan juga UPS nya dengan tekan tombol power UPS sampai lampunya berhenti menyala.

Demikianlah cara yang sangat mudah untuk kamu yang belum tahu cara menghidupkan perangkat komputer dengan benar dan cara mematikannya juga. Semoga memberikan manfaat dan jangan lupa untuk share tulisan ini kesosial media milikmu dengan cara klik lambang sosial media dibawah tulisan ini.
Kedy Reading, Writing, Coding, Playing Games !!!