Cara Membuat Surat Keterangan Sehat di Puskesmas

 Jika ingin mendaftar kuliah, sekolah, atau bahkan bekerja biasanya surat keterangan sehat selalu menjadi salah satu persyaratan yang dibutuhkan. Oleh sebab itu saya akan ajarkan sobat cara membuat surat keterangan sehat di Puskesmas.

Untuk melengkapi persyaratan lamaran pekerjaan saya biasanya hanya membuat surat keterangan yang dikeluarkan oleh Puskesmas, tapi jika dalam persyaratannya itu diwajibkan tes Nar*oba juga maka perlu ke rumah sakit untuk membuat surat keterangan sehatnya.

cara membuat surat keterangan sehat


Membuat Surat Keterangan Sehat di Puskesmas

Paling mudah dan cepat jika membuat surat keterangan sehat di pusat kesehatan masyarakat ini, syarat, dan biaya yang dibutuhkan juga tidak mahal. Jika ditempat saya Kalimantan biaya seluruhnya kurang lebih dua puluh lima ribu termasuk dengan pas foto.

Syarat Membuat Surat Keterangan Sehat di Puskesmas

Siapkan beberapa syarat dibawah ini sebelum kamu berangkat ke Puskesmas agar tidak bolak - balik nantinya.

  1. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Pas Foto 3*4 atau 4*6 berwarna.
  3. Uang untuk biaya administrasi, sekitar 50 ribu biar aman takut ada biaya mendadak.

Tahap Membuat Surat Keterangan Sehat di Puskesmas

Awal datang kamu cari dahulu tempat pendaftaran, biasanya loket pendaftaran tidak jauh dari pintu masuk. Jika binggung jangan sungkan bertanya kepada orang atau petugas disana.

Di loket pendaftaran katakan saja bahwa ingin membuat surat sehat, biasanya kamu akan di berikan formulir pendaftaran untuk diisi sesuai data diri.

Semua data yang diminta dalam formulir sudah terisi, langsung antarkan saja kembali ke petugas di loket. Dan jangan lupa lihat di formulir itu apa saja yang dibutuhkan untuk melengkapinya, misalkan foto copy KTP, Pas Foto, dan biaya administrasi. Jika ada kumpulkan bersamaan dengan formulir ini.

Ambil nomor antrian setelah mengumpulkan formulir tadi, tapi untuk beberapa kota ada yang mengambil nomor antrian dahulu sebelum bicara dengan orang di loket pendaftaran. Tapi tidak berbeda jauh peraturan nya, tidak perlu takut.

Perawat akan memanggil nomor antrian, jadi jangan jauh - jauh dari loket pendaftaran tadi. Jika nomor antrian mu di panggil nanti akan diarahkan ke tempat pemeriksaan di ruang dokter umum dan dokter gigi.

Di ruang dokter umum kamu akan di periksa berat badan, tinggi, tekanan darah, buta warna, rabun mata, pendengaran. Sementara itu jika sudah selesai maka perawat akan mengarahkan ke dokter gigi, untuk pemeriksaan gigi dan gusi, tenang dokter nya hanya lihat - lihat saja tidak ada suntik menyuntik.

Selesai melewati dua pemeriksaan kamu akan disuruh menunggu di ruang administrasi untuk pembuatan surat sehat oleh admin mereka. Jika sudah selesai nama/nomor antrian kamu dipanggil dan selamat kamu sudah menyelesaikan proses pembuatan surat keterangan sehat.

Mudah dan sederhana sekali bukan cara membuat surat keterangan sehat di Puskesmas, kebanyakan anak - anak yang baru lulus sekolah dan ingin lanjut kuliah atau melamar kerja yang binggung cara mendaftarnya ini. Semoga dengan membaca diatas kamu terbantu ya.
Kedy Reading makes you know, acting makes you do.