Alat Ukur Yang Biasa Digunakan Tukang Bangunan

Dalam setiap pengerjaan bangunan baik itu bangunan kayu atau bangunan beton pastikan saja dibutuhkan beberapa alat ukur yang digunakan oleh tukang nya untuk mendapatkan keserasian dan ketepatan dalam membangun bangunan. Berikut ini adalah beberapa macam alat ukur bangunan yang digunakan oleh tukang bangunan kebanyakan.

Meteran

Meteran tentunya sudah menjadi alat wajib untuk tukang bangunan, kegunaan nya untuk mengukur panjang suatu benda. cara penggunaannya tentu sangat mudah kamu tempelkan bagian ujungnya pada suatu sisi dan tarik ke ujung yang lainnya dan lihatlah panjang benda yang kamu ukur tersebut.

Pengaris Siku bentuk "L"

Pengaris siku jenis L banyak digunakan untuk menentukan siku atau tidaknya suatu bangunan. Misalkan kamu sedang ingin membuat sudut pada kamar kamu maka tempelkan penggaris siku ini disudut bangunan yang ingin kamu lihat sudutnya.

Waterpass

Waterpass digunakan untuk melihat rata tidaknya suatu sisi, karena prinsip air adalah mengalir ke tempat yang lebih rendah maka kamu dapat melihat rata tidaknya suatu benda jika menggunakan waterpass.

Waterpass Selang Air Kecil

Untuk mencari tinggi antara patok A dan B biasanya tukang menggunakan waterpass yang dibuat dari selang kecil berwarna putih yang telah diisi air. Biasanya waterpass selang ini digunakan pada pengukuran bowplang saat ingin membuat pondasi.

Nah untuk kamu yang membutuhkan peralatan ukur milik tukang sebaiknya membeli alat alat diatas.