Cara Bekerja dibawah Tekanan: Bekerja Lebih Produktif Dengan Cara Ini.

 Cara bekerja dibawah tekanan buat sobat yang kebetulan saat ini mengalami hal yang serupa seperti aku ini.

Saat ini lowongan pekerjaan secara terang - terangan mengisyaratkan para pencari kerja harus mampu bekerja dibawah tekanan. Banyak para pekerja yang menyanggupi hal tersebut, walau pada nyatanya banyak yang resign karenanya.

Cara mengatasi bekerja dibawah tekanan
credit: istock RamCreativ

Sebelum membahas cara menghadapi bekerja dibawah tekanan, ada baiknya kita perlu tahu apa yang dimaksud dalam "Bekerja dibawah tekanan".

Apa itu bekerja dibawah tekanan ?

Bekerja dibawah tekanan sebenarnya tidak mempunyai arti yang khusus, karena tekanan yang dimaksud akan sangat beragam menyesuaikan permintaan pemimpin perusahaan itu sendiri.

Secara garis besar tekanan adalah urgensi dari sebuah tugas, pada umumnya kamu akan diburu - buru oleh pekerjaan. Bos kamu nantinya akan banyak permintaan, mau inilah itulah, pokoknya mau serba cepat.

Umumnya seperti itu kalau bekerja dibawah tekanan, tapi kalau ada yang lain monggo bisa dibisikin sama saya.

Cara Mengatasi Bekerja dibawah Tekanan

Bekerja dibawah tekanan kamu sudah tahu, lalu kamu harus baca juga bagaimana cara menghadapi tekanan dalam pekerjaan tersebut agar kamu dapat bekerja lebih produktif dan tidak menjadi beban pikiran untuk kamu sampai pekerjaan tersebut menganggu kehidupan normal kamu bersama keluarga, dan orang terdekat diluar lingkungan kerja.

1. Buat Daftar Pekerjaan

Perusahaan dengan tekanan kerja yang tinggi sudah pasti memiliki banyak pekerjaan yang menumpuk dari awal pagi hingga sore hari.

Cara bekerja dibawah tekanan akan sangat efesien jika kamu membuat daftar pekerjaan mana yang sangat penting untuk didahulukan. Tulislah daftar pekerjaan itu disecarik kertas untuk dikerjakan lebih dahulu, lalu jika sudah selesai langsung masuk ke pekerjaan yang kedua, dan seterusnya seperti itu.

Jika ada bos kamu menambahkan pekerjaan baru lagi, maka nilailah pekerjaan tersebut apakah harus diselesaikan secepatnya atau bisa ditunda, jika memang pekerjaan tersebut perlu cepat maka daftar pekerjaan tadi bisa diabaikan sebentar dan lanjutkan jika pekerjaan tambahan ini selesai.

2. Fokus Pada Proses, Bukan Hasilnya

Hal yang memperlambat kita dalam bekerja dibawah tekanan adalah ketakutan akan kesalahan. Sering kali karyawan yang bekerja dibawah tekanan memikirkan hasilnya nanti bagaimana yah? apakah benar pekerjaan ku begini?. 

Pertanyaan macam itu pasti akan muncul didalam benak kamu, yang tanpa disadari membuat kamu menjadi lebih lambat dalam menyelesaikan tugas mu.

Caranya dalam mengatasi hal tersebut adalah menyadari pekerjaan kamu secara sadar, maksudnya jangan bagi pikiran kamu dengan hal lain, yang malah membuat tidak fokus. Sadari dan nikmati proses pekerjaan mu detail tiap detail, saya yakin kamu akan lebih cepat menyelesaikannya jika tidak terbagi pikiran kelainnya.

3. Jangan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan di perusahaan dengan tekanan kerja tinggi adalah tindakan yang bodoh saya tekankan. Sekecil apa pun pekerjaan kamu harus segera diselesaikan, karena biasanya tugas akan silih berganti datang kepada kamu.

Saat ada tugas segeralah kerjakan, agar kamu tidak diburu - buru oleh bos mu.

4. Rubah Tekanan Pekerjaan Menjadi Tantangan Pekerjaan

Jangan menganggap tekanan pekerjaan adalah sebuah beban berat yang harus kamu pikul sendiri. Tanamkan dalam benak bahwa kamu sedang diberi tantangan untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Manusia umumnya suka tantangan bukan beban, ingat sebuah game tidak akan ramai jika terlalu mudah.

5. Berlatih Relaksasi

Tekanan pekerjaan dapat membuat kamu stress dan overthingking dalam bekerja, itu sangat buruk dan menghambat kamu dalam bekerja dengan efesien.

Berlatih untuk ambil nafas yang panjang dari hidung dan hembuskan perlahan - lahan dari mulut. Ulangi beberapa kali sampai pikiran mu terasa lebih damai.

Saran saya jika tidak biasa melakukannya bisa belajar di youtube, dan dipraktikkan pada malam hari.

6. Minum Air Putih

Tubuh manusia jika kekurangan air putih akan menganggu konsentrasi, usahakan selalu sedia air putih didekat kamu agar lebih fokus saat menyelesaikan pekerjaan Mu.

7. Tidur yang Cukup

Bekerja dibawah tekanan membutuhkan konsentrasi yang tinggi, jangan sampai kamu kelihatan oleh bos mu menguap terus menerus seharian.

Tidurlah minimal 7 jam dalam semalam, jangan sampai kurang agar kamu dapat lebih fokus dalam bekerja dan pekerjaan kamu diselesaikan dengan sangat baik.


Kamu sudah dijelaskan bagaimana cara bekerja dibawah tekanan, saya yakin kamu bisa menerapkan apa yang sudah kamu baca, dan yakin lah jika kamu ikuti dengan benar, mau seberat apa pun pekerjaan kamu dimasa depan tidaklah masalah lagi.

Kedy Reading makes you know, acting makes you do.