Penyebab Android Lemot Dan Cara Mengatasinya

Android adalah smartphone yang canggih namun tetap murah dikantong, oleh sebab itu ada banyak warga Indonesia khususnya yang menggunakan Smartphone Android ini. Mulai dari Anak anak, Bapak, dan Ibu ikutan menggunakan Os Android besutan Google.inc ini, namun saya sering itu ditanyain sama tante atau om "Ked ini kenapa kok Android tante suka lengket lengket pas mau buka aplikasi" lantas saya pun melihat permasalahan dari Android milik tante saya tersebut dan yang menjadi penyebab Android kebanyakan lemot (khususnya smartphone Android low end) adalah sebagai berikut:

Terlalu banyak aplikasi terinstal

Namanya juga orang tua pengetahuannya kurang mengenai smartphone dan juga tipe tipe orang tua kalau membuka Playstore apa apa mau diinstal kalau bisa itu semua aplikasi di Playstore bisa mereka instal. Faktanya jika kalian menginstal aplikasi kebanyakan maka memori telepon anda akan berat karena harus menyimpan berkas dari aplikasi yang terinstal dan selain itu kebanyakan aplikasi yang mereka terbuka sendiri atau auto run jadi bayangin aja RAM 512 harus menjalankan beberapa aplikasi sekaligus jelas berat dong.
Tips untuk mengatasi permasalahan seperti itu cukup mudah kamu hapus saja aplikasi yang jarang dan tidak berguna buat kamu, pasang aplikasi dasar saja. Cara hapus aplikasi Android adalah; Buka pengaturan>manajer aplikasi>pilih aplikasi yang ingin dihapus>hapus instalan. jika kamu memang masih suka dan butuh sama aplikasinya kamu bisa memberhentikan proses aplikasi caranya; Buka pengaturan>manajer aplikasi>pilih aplikasi yang sedang berjalan>pilih Paksa Berhenti.

Memori telepon hampir penuh atau sudah penuh

Android defaultnya ketika berjalan akan menyimpan cache dan juga aplikasi aplikasi yang berjalan juga akan menggunakan cache maka kamu harus menghapus cache tersebut namun dengan menggunakan aplikasi pembersih khusus Android, seperti Clean Master, CCleaner, dan lainnya silahkan download di Google Playstore. Kalau untuk tipe samsung yang saya tahu ada aplikasi bawaan nya untuk membersihkan cache di android yaitu Smart Manager. Cara menggunakannya mudah cukup klik ikon aplikasinya jika sudah masuk pilih Penyimpanan maka aplikasi akan otomatis melakukan scanning jika sudah selesai scanningnya tinggal pilih Hapus. Selain membersihkan cache Android kamu, kamu juga harus memberikan keleluasaan ruangan di memori telepon dengan memindahkan file musik,foto,video atau apa pun itu ke memori sd kamu.

Jangan memaksa Android kamu multitasking

Maksud saya disini adalah jangan membuka aplikasi ini dan itu secara bersamaan terlebih lagi jika ram kamu pas pasan dan cpu kamu belum mendukung processor berinti. Ada saya lihat orang kalau lagi santai dia dengar musik terus sambil buka facebook, instagram juga kebuka eh mau foto lagi buka kamera mana sanggup handphone nya diajak multitasking segitu banyak aplikasi dalam keadaan yang parah Android kamu bisa restart sendiri jika terlalu keras multitasking seperti itu terlebih jika vendor lokal. Saran saya gunakan sewajarnya saja kecuali jika Android kamu sudah high end atau setidaknya mid end lah dengan speksifikasi yang mumpuni dibawa multitasking banyak.

Demikian lah tutorial dari saya mengenai cara mengatasi android lemot milik kamu, saya yakin Android kamu bakal fresh jika benar benar mengikuti tips saya diatas.