Cara ukur kedataran dan ketegakan benda ala tukang


Dalam dunia bangunan kesalahan kecil dapat menjadi besar, oleh sebab itu didalam dunia pertukangan maka ketelitian adalah hal nomor satu karena dalam proyek memang semuanya kalau lebih cepat dikerjakan maka akan lebih cepat selesai, dan cepat mengambil sisa uang mukanya, namun kalau asal cepat saja dalam pertukangan akan membuat reputasi anda rusak dan tidak digunakan orang lain lagi.

Salah satu yang harus teliti dalam dunia pertukangan adalah hal ukur mengukur, dalam dunia pertukangan ada ukur mengukur siku, kedataran suatu bidang, panjang/pendek, tegak/miring.
Kali ini walau saya bukan senior amat namun untung saya mengerti dan akan menjelaskan bagaimana cara mengukur kedataran suatu bidang dan ketegakan suatu bidang. Dalam hal ini jika mencari suatu kedataran sebuah bidang menggunakan sebuah selang transparan berisi air dan dalam mncari tegak sebuah bidang maka menggunakan Lot (unting unting).

Cara mengukur kedataran menggunakan selang kecil berisi air


Kedataran berguna agar sesuatu yg kita pasang nantinya tidak tinggi rendah, agar mereka sama rata antara satu dengan yg lainnya. Didalam hal ini kita akan menggunakan prinsip air yg selalu lurus mengikuti tempatnya. Alat nya mungkin kamu sudah tahu pastinya dan kalau belum punya coba saja kamu beli di toko bahan bangunan tanya saja "ada jual selang ukur mas?" Saya yakin pasti ada biasanya. Selang yg kamu beli boleh kamu isi air sampai penuh, ingat jangan ada gelembung (udara) yg terperangkap didalam selang. Langkah selanjutnya kamu coba ukur sesuatu sebagai contoh saja;
Kamu cari kayu kecil saja dan tinggi nya setengah meter (50 centimeter) kamu cari 2 buah kayunya lalu kamu tancapkan kedua kayu itu sedikit berjauhan sekitar 2 meteran lah. Kayu yg kamu tancapkan ada dua maka ambil spidol dan tuliskan label A dan B pada masing masing kayu. Kamu mulai ukur menggunakan selang pada kayu bertuliskan A, misalkan kamu ukur pada 20 centimeter yg menjadi patokan ukuran mu adalah air yg ada didalam selang tersebut. Kamu bisa naik/turun kan selang nya perlahan pada patok A agar mempas kan posisinya pada 20 cm dari atas tanah.jika air sudah sejajar dengan gari 20 centimeter dari atas tanah maka kamu bisa tarik ujung satunya ke patok yg diberi label B. Kamu coret kayu tersebut sesuai dengan tinggi air didalam selang tersebut, dengan catatan ujung selang yg ada airnya yg satu tepat pada garis 20 cm tetap. Nah sekarang kamu dapat hasilnya coba saja rentangkan tali dari A ke B maka kamu akan melihat kedataran antara yg satu dengan yg lain. Untuk mencari kedataran sebaiknya dilakukan dua orang agar lebih mudah.

Cara ukur beda tinggi dengan selang air


Cara Mencari ketegakan sebuah bidang dengan Lot atau unting unting


Alat yg akan diguunakan disini ada dua yaitu Meteran dan Unting unting atau Lot, bagi yg belum tahu unting unting atau lot itu ada sebuah pemberat yg terbuat dari besi atau timah bentuknya bulat  meruncing dan ada tempat untuk menaruh tali di atasnya. Langkah mencari ketegakan sebuah bidang dengan unting unting atau lot sangat mudah, untuk contoh kamu cari sebuah kayu tinggi 2 meteran lah dan tancap kan ke tanah agar posisinya berdiri, lalu kamu tancapkan paku pada sebuah sisinya terserah tingginya seberapa kamu sampai saja memasang pakunya, baru kamu pasang lotnya pada paku yg telah kamu pasang tadi, oh iya paku nya dipasang jangan terlalu dalam asal lengket saja pada tiang kayu yg kamu tancapkan tadi. Letakkan pakunya diujung paku yg kamu pasang tadi dan kita mulai ukur tali lot dari dekat paku, misalkan tali yg di dekat paku kamu ukur 4 centimeter maka kamu ukur lagi tali yg berada di dekat lot apakah 4 centimeter juga? Jika belum coba kamu lihat apakah lebih dari 4 cm atau malah kurang? Jika kurang maka kamu condongkan ke arah paku kamu berada, namun jika kurang kamu tarik tiangnya membelakangi paku dan jika atas dan bawah sudah sama sama ukurannya maka dipastikan tiang telah berdiri dengan tegak.

Cara ukur mengunakan lot atau unting unting


Demikian lah tutorial saya mengenai cara mengukur kedataran menggunakan selang air dan mengukur ketegakan menggunakan lot atau unting unting. Nanti di lain waktu, saya akan membuat video disaat saya sedang bekerja mengukur tinggi atau kedataran bidang. Untuk sementara lihat gambar di atas dan pahami saja pelan pelan.