Cara Kerja Enzim di Dalam Tubuh Kita

Andaikata Enzim tidak bekerja di dalam tubuh kita, maka makanan yang kita konsumsi hari ini mungkin akan bisa kita serap nutrisi di dalamnya besok atau lusa saja.

cara kerja dari Enzim


Enzim adalah bahan yang sangat penting untuk membantu reaksi kimia di dalam tubuh kita. Seperti mencerna makanan kita, membantu fungsi otot serta saraf dan ribuan kegunaan lainnya membantu tubuh kita bisa seperti saat ini.

Apa itu Enzim

Enzim adalah sebuah bentuk protein kompleks yang di ciptakan tubuh kita, ini sangat penting untuk membantu kita tetap bisa hidup, karena dia membantu tubuh kita melakukan metabolisme sebagaimana mestinya.

Enzim Berguna Untuk

1. Membantu Sistem Pencernaan

Seperti yang saya utara kan di atas, Enzim sangat penting untuk membantu sistem pencernaan kita agar bisa menyerap nutrisi yang terdapat di dalam makanan lebih cepat. Bayangkan tanpa ada Enzim mungkin kita hidup seperti ular, yang memerlukan beberapa hari untuk mencerna makanan.

2. Menyalin DNA Manusia

Setiap sel di dalam tubuh kita mempunyai DNA dan ketika sel tersebut membelah maka tentu saja DNA tersebut harus di salin. Oleh sebab itu Enzim pun membantu kita untuk mempertahan DNA kita di setiap sel yang membelah.

3. Membantu Fungsi Hati

Kita tahu setiap kita mengkonsumsi obat misalnya, maka obat tersebut lebihnya akan di netralisir di dalam hati kita. Enzim pun berperan di dalam Hati kita membantu memecahkan racun di dalam tubuh.

Bagaimana Cara Kerja Enzim di Dalam Tubuh

Enzim mempunyai model seperti gembok dan kunci, yang pertama kali di usung kan pada tahun 1894.

Enzim aktif itu mempunyai bentuk tertentu dan hanya akan cocok dengan substrat nya saja. Setelah Enzim aktif telah bersatu dengan substrat nya maka katalisis akan di mulai.

Cara kerja enzim di dalam tubuh

Kondisi Ideal Untuk Enzim Bekerja

Enzim bekerja pada tingkat keasaman tertentu (pH), berbeda tempat Enzim tersebut terdapat maka berbeda pula pH yang di perlukan untuk Enzim bisa bekerja.

Misalkan pada Usus, Enzim yang bekerja di dalam usus kita akan bekerja sangat baik jika pH di dalam usus sekitaran 7.5. Sedangkan pada Lambung, Enzim bekerja paling baik pada pH 2 karena kita tahu kan bahwa di dalam lambung itu asam.

Untuk suhu idealnya Enzim bekerja adalah sekitaran pada 37 derajat celcius, jika suhunya lebih rendah maka Enzim bekerja lebih lambat.

Contoh Enzim di Dalam Tubuh Menurut Fungsinya

Enzim di dalam tubuh ada ribuan dan memegang peranan nya masing - masing juga, berikut adalah beberapa Enzim.
  1. Lipase - adalah Enzim yang bekerja membantu mencerna lemak yang ada pada usus kita.
  2. Amylase - Membantu mengubah pati menjadi gula dan Enzim yang satu ini terletak pada air liur kita.
  3. Maltase - Memecah gula maltosa menjadi glukosa, Enzim ini pun terdapat pada air liur kita.
  4. Tripsin - Memecahkan protein menjadi asam amino, Enzim yang satu ini terdapat pada usus kecil kita.
  5. Helicase - Enzim yang membantu mengurai DNA.
Nah itu saja beberapa Enzim dan pekerjaan nya, sebenarnya ada ribuan lagi namun karena saya pun masih belajar maka nanti kita update lagi lebih banyak jenis Enzim di dalam tubuh.

Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Enzim di Dalam Tubuh Kita"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik atau saran. Jangan sungkan untuk berkomentar disini :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel