Bahaya Jika Oli Gardan Motor Matic Tidak di Perhatikan

Oli Gardan adalah salah satu oli wajib yang harus kamu perhatikan pada motor Matic kesayangan kamu.

Motor matic adalah motor yang sangat nyaman bagi para pengendara yang menyukai bersantai menggunakan motor ketika ke acara kondangan misalnya. Motor matic tidak menggunakan rantai dan tidak memerlukan pergantian gigi saat di gunakan, kamu hanya perlu menghidupkan mesin dan sudah tinggal gas maka kamu akan jalan.

Namun sayang sekali banyak pengguna motor Matic khususnya para orang - orang tua, kurang memerhatikan salah satu oli yang sangat fatal jika sama sekali tidak di perhatikan, yaitu oli gardan atau oli transmisi.

Bahaya Oli Gardan Jarang di Ganti

Oli gardan pada sepeda motor matic gunanya adalah untuk memberikan pelumasan pada Gir Box motor matic. Apa itu Gir Box ?.

Bahaya oli gardan tidak di ganti

Gear box adalah komponen yang menyalurkan putaran mesin dari V - Belt menuju ke ban belakang motor kamu, jadi di dalamnya itu adalah komponen gear - gear yang saling bergesekan satu sama lainnya.

Bayangkan jika tidak ada oli disana, bisa saja itu gear pada rontok karena kepanasan tidak ada pelumasan sama sekali. Oleh sebab itu sangat wajib memerhatikan oli gardan karena harga untuk gear box ini terbilang cukup menguras kantong.

Ciri ketika ada masalah dengan gear box rusak karena oli gardan tidak pernah di perhatikan adalah dengan mendengarkan bunyi berisik di dalam gear box dan ketika di sentuh menggunakan tangan pada bagian gear box akan terasa panas sekali.

Pergantian Oli Gardan Sebaiknya

Sebaiknya oli gardan selalu di gantikan dengan hitungan 2 kali ganti oli mesin, satu kali ganti oli gardan.

Biasanya mengganti oli mesin kan pada KM 4000 setelah itu baru KM 8000. Saat pergantian kedua oli mesin di KM 8000 maka kamu wajib juga ganti oli Gardan.

Saya memang menyadari kalau oli gardan susah di bedakan nya masih bisa di gunakan atau tidak, karena memang oli gardan walau pun lama di gunakan warna nya tetap saja dan tidak berubah menjadi hitam seperti oli mesin. Alasan nya tidak hitam karena memang di bagian gear box tidak ada pembakaran, jadi oli gardan tetap berwarna seperti semula.

Ciri khas oli gardan yang sudah perlu di ganti adalah dengan merasakan kekentalan nya dan biasanya oli gardan yang sudah lama tidak di ganti akan banyak gelembung udara di dalam oli tersebut dan ketika kamu pegang terasa lebih encer di bandingkan dengan oli gardan yang masih baru.

Belum ada Komentar untuk "Bahaya Jika Oli Gardan Motor Matic Tidak di Perhatikan"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik atau saran. Jangan sungkan untuk berkomentar disini :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel