Kandang Ayam Potong Untuk 100 Ekor

Kandang ayam potong yang baik itu mempunyai harus sirkulasi udara yang baik. Karena kalau kandang ayam tidak punya sirkulasi udara yang baik, ayam gampang terserang penyakit.

Ukuran Kandang Ayam Potong

Ukuran kandang ayam dengan banyak 100 ekor adalah 3 × 5 atau 4 × 4. Karena untuk 1 meter persegi kandang umumnya ada 8 ekor ayam.

Rumusnya banyak ayam : 8 : Panjang atau lebar kandang yang di inginkan.

Contoh nya : 100 : 8= 12.5 lalu 12.5 : 3= 4.1. Jadi sebenarnya ukurannya ada 3 × 4.1, namun di genapkan ukuran kandangnya menjasi 3 × 5.

Jenis Kandang

Jenis kandang dalam ternak ayam pedaging ini terbagi menjadi dua tipe, khususnya di wilayah tropis seperti tempat kita yang panas dan lembap ini.

Kandang Menggunakan Lantai

Kandang jenis ini umumnya cocok untuk wilayah peternakan yang tidak terlalu lembap dan basah. Lantai yang di maksudkan adalah tanah atau pun lantai cor.
kandang ayam potong

Menggunakan kandang lantai sebagai tempat ternak ayam, harus disiapkan alas lantai agar tidak basah. Selain agar tidak basah, alas lantai untuk mencegah penumpukan kotoran ayam yang dapat mengundang penyakit pada ayam potong.

Alas yang digunakan adalah dedak padi (kulit padi hasil pengilingan), pasir dan kapur. Dengan perbandingan 3 dedak padi, 1 pasir dan kapur.

Alas kandang tersebut juga harus rajin di aduk agar tidak lempek karena basah, serta mengurai gas amonia dari kotoran ayam yg di pelihara. Jika alas terlihat mengumpal juga perlu di tambahkan alas lantai secara terus menerus.

Keunggulan kandang ini jelas lebih murah dalam pembuatannya, terutama menggunakan lantai tanah saja.

Kekurangan harus adanya alas lantai yang memakan biaya lagi untuk pembuatannya.

Kandang Panggung Ayam Potong

Kandang ini populer digunakan para peternak ayam potong di Indonesia. Jenis ini tidak memerlukan alas lantai, karena kotoran langsung jatuh ke tanah.
kandang panggung untuk ayam potong

Jarak antara tanah dan lantai panggung sebaiknya tidak lebih dari dua meter. Bahan untuk membuat kandang panggung bisa menggunakan bambu yang di belah dua sebagai lantai atau kayu tipis.

Umumnya banyak yang menggunakan bambu untuk lantainya, karena lebih murah serta kotoran ayam mudah untuk di bersihkan.

Jarak antara lantai adalah sekitar 1.75 cm, jangan terlalu jarang karena kaki ayam bisa terperosok kedalam sela – sela lantai.

Di balik kelebihannya itu, kekurangan kandang ayam potong jenis ini adalah biaya pembuatan lebih mahal.

Dinding Kandang Ayam Potong

Membuat dinding ayam potong cukup penting memperhatikan sirkulasi udara bisa bebas keluar dan masuk.

Agar sirkulasi udara terjaga dengan baik, pembuatan dinding kandang ayam pada bagian bawah 1 meter dari lantai sebaiknya rapat. Kemudian untuk ke bagian atasnya lagi dibuat jarak pada dinding, agar nanti angin bisa masuk dan keluar dengan bebas.

Masalah yang sering terjadi dinding dengan desain seperti itu adalah air hujan bisa masuk ke kandang, terutama saat hujan di sertai angin. Untuk mengantisipasi masalah tersebut gunakan terpal pada bagian dinding atas.

Cara lain adalah membuat atap lebar dari dinding, sekitar dua meter dari dinding. Agar nanti hujan dengan angin tertahan oleh atap yang lebar.

Atap Kandang

Atap kandang yang baik tidak terlalu rendah agar saat terik matahari siang, suhu di dalam kandang tidak terlalu panas.

Penggunaan atap seperti asbes lebih baik dalam ternak ayam potong. Jika ingin menggunakan seng tetap bisa saja, bisa di akali dengan menaruh kardus bekas tepat di bawah atap seng.

Hampir mirip plafon pada rumah kita, fungsinya menahan hawa panas berlebih masuk ke kandang. Jenis atap seperti genteng pun terkenal bagus, namun butuh modal lebih lagi dalam pembuatannya.

Kandang Box Untuk Anak Ayam Potong

Anak ayam broiler atau potong yang baru saja dibeli tidak dapat langsung di taruh pada kandang ayam lantai atau panggung.

Kandang box dibuat khusus bagi ayam yang masih kecil dari umur 1 minggu sampai 3 minggu. Kandang ini dibuat khusus agar anak ayam selalu hangat, karena jika anak ayam kedinginan maka dia mengeluarkan energi nya untuk menghangatkan tubuhnya. Kerugian akan di terima karena pakan yang seharusnya untuk pertumbuhan malah digunakan untuk memanaskan badan.

Membuat kandang box bisa menggunakan triplek untuk bahannya, tinggi kandang kurang lebih satu meter dari lantainya. Pada bagian atas dibuat tanpa atap, nanti di taruh lampu kurang lebih 15 cm dari lantai. Gunakan lampu pijar 100 atau 125 watt untuk menghangatkan mereka. Bisa di lihat tingkah anakan ayam, jika mereka banyak berkumpul di bawah lampu, maka buat dua lampu dalam satu kandang box.

Lantai diberikan alas lantai bisa menggunakan sekam padi, dedak padi atau potongan gergaji dari mebel.

Ukuran Kandang Box Ayam Potong

Umumnya kandang box yang digunakan untuk ayam potong berukuran 1 × 2 – 2.5 meter. Karena dalam 1 meter persegi bisa di diami oleh 45 – 50 anak ayam.

Nanti jika anak ayam potong sudah berumur 21 hari, maka telah di pindahkan ke kandang jenis lantai atau pun panggung.

Demikian lah informasi kandang ayam potong dengan jumlah 100 ekor untuk pemula. Semoga bermanfaat untuk usaha ternak ayam potong nya.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel