Penyakit Ayam Pedaging dan Pengendaliannya

Penyakit ayam pedaging ada berbagai macam yang sering menyerang. Jika tidak di kendalikan dengan benar bisa mengakibatkan kerugian sampai tidak membalikkan modal.
penyakit ayam potong


Beberapa penyakit yang kerap kali menyerang ayam diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Penyakit Ayam Potong Tetelo

Penyakit tetelo ini disebabkan oleh virus Paramxyo, sifat virus ini yaitu menggumpalkan sel darah. Gejala yang terjadi dapat dilihat ayam sering berkumpul dibawah lampu atau tempat yang hangat. Diare, nafsu makan hilang dan ayam sering megap – megap.

Ayam yang sudah terserang penyakit ini harus segera dipisahkan dari kandang, agar ayam sehat tidak terjangkiti oleh virus ini. Pengobatan untuk penyakit ini belum ada, namun pencegahan biasanya dilakukan vaksin Tetelo pada ayam yang masih dalam kandang box.

2. Kutuan diserang Tungau

Penyakit ini disebabkan oleh tungau yang menempel pada kulit ayam dan menghisap darahnya. Gejala yang terjadi adalah ayam menjadi gelisah, sering mematuk badan nya atau mengibas ekornya karena gatal, pucat dan kurus.

Melakukan sanitasi lingkungan kandang ayam potong yang baik, serta pisahkan antara ayam kutuan dengan yg tidak. Melakukan pengasapan kandang ayam menggunakan insektisida Nocotine sulfat, adalah dua cara pengendalian yang dapat dilakukan.

Pengobatan ayam yang terserang kutu dapat dilakukan penyemprotan ayam menggunakan karbonat sevin yang konsentrasinya 0.15%. Yang sebelumnya sudah diencerkan dengan air bersih.

3. Penyakit Ayam Gumboro

Penyakit gumboro ini disebabkan oleh virus Reovirus, adalah penyakit yang membuat sistem kekebalan tubuh ayam menjadi lemah.

Gejala yang dapat terlihat adalah ayam. Suka bergerak kesana kemari, nafsu makan berkurang, adanya peradangan disekitar dubur, diare serta tubuhnya bergetar.

Pengendalian untuk ayam yang terserang adalah dengan memisahkan ayam yang sakit dari kandang. Virus ini sangat mudah tertular melalui kotoran, makanan atau minuman. Pengobatan tidak ada namun pencegahan dengan melakukan vaksinisasi ayam muda.

4. Ayam Berak Kapur

Penyakit ayam berak kapur adalah yang sangat sering terjadi, penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella pullorum. Penyakit ini mempunyai gejala ayam diare dan kotorannya putih seperti kapur.

Penularan penyakit ini melalui kotoran ayam yang sudah terinfeksi. Pengendalian yang dapat dilakukan dengan rutin membersihkan kandang dan peralatan makan minum ayam. Sementara pengobatan masih belum ada yang mujarab.

Pengobatan Penyakit Ayam Pedaging


4 penyakit ayam diatas adalah yang sering terjadi di para peternak ayam. Adapun cara pengobatan yang dapat dilakukan pada ayam potong sakit adalah:

1. Menggunakan Obat – obatan

Obat – obatan dalam mengobati penyakit ayam potong diatas bisa menggunakan antibiotik, vaksin ayam atau vitamin. Menggunakan obat – obatan tersebut tentu harus sesuai dengan penyakit yang diderita ayam. Karena itu saat ingin membeli obat bisa dijelaskan secara detail penyakit yang dihadapi ayam.

Sanitasi lingkungan yang teratur adalah kunci kesuksesan dalam menangkal penyakit ayam. Oleh karena itu usahakan jangan terlalu mengandalkan obat dalam mengobati penyakit.

2. Melakukan Vaksinisasi Ayam

Salah satu vaksinisasi ini umumnya dilakukan pada umur empat hari dengan metode tetes mata, menggunakan vaksin ND strain B1. Ketika ayam berumur 21 diberikan vaksin ND Lasotta menggunakan air minum atau suntikan.

Demikian lah informasi penyakit ayam potong ini, semoga bermanfaat dalam usaha ternak ayam potong nya.
Kedy INTJ Personality - Seperti secangkir kopi yang pahit, namun kamu tetap menyukainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel