Penyebab Pompa Air Baru Berdenggung Tidak Dapat Berputar

Kipas Pompa Air Tidak Mau Berputar

Saya kemarin baru saja membeli sebuah pompa air merk shimizu tipe PS - 230 BIT. Pompa shimizu tipe ini sangat bagus dan dapat diandalkan. Tempat saya dari tempat sumber air adalah 230 meter dengan kontur naik bukit namun menggunakan pompa tipe ini air lumayan cepat dan lancar.

Kekurangan tipe ini karena memang ukurannya yang besar menjadikannya predator listrik. Waktu itu saya selesai membuat instalasi rumah pompa, sambung pipa, memasang kabel, dan semuanya sudah beres namun ternyata ketika saya memulai start dengan mencolokkan stiker nya ke listrik ko tidak hidup, dan hanya ada bunyi denggung dari mesin pompa tersebut yang saya dengar. Waktu itu saya marah dan hampir saja mau ke toko yang bersangkutan masa baru beli langsung rusak, harganya ditempat saya 950.000 bukan sesuatu yang murah bagi kantong orang sederhana seperti saya.

Sebelum saya komplain saya melakukan pengecheckan sendiri dengan bantuan ribuan artikel dari Google, didalam artikel yang saya baca ada macam macam penyebab dari kipas pompa tidak berputar diantaranya adalah ;
  • Ada yang menyumpat kipas pemutar air
  • Bearing Macet
  • Kapasitor rusak
  • Listrik rumah tidak kuat
  • Kipas pompa bersentuhan dengan badan pompa sehingga macet
Dari semua itu hanya satu saja yang saya curigai karena pompa saya kan baru masa iya sudah rusak saja, saya mulai melakukan percobaan semua perangkat elektronik saya lepaskan seperti kulkas, penanak nasi, dan televisi. dan saya mulai melakukan start lagi itu pompa saya tunggu sekitar 1 menit dan mulai terlihat ada gelembung udara didalam air yang menandakan ada pergerakan air mulai jalan melalui pipa, dan tidak begitu lama mulailah air mengalir dengan lancarnya. Oleh sebab itu saya simpulkan bahwa pompa tidak berputar dan hanya suara denggung yang terdengar adalah karena watt listrik rumah anda tidak kuat karena untuk start membutuhkan watt besar.

Namun saya juga mempunyai tetangga yang membeli pompa sejenis dengan punya saya, karena melihat kekuatannya dia ikut beli juga dan ternyata masalah pompa dia sama saja dengan punya saya hanya terdengar bunyi denggungan mesin dan tidak dapat mengalirkan air. Penyebab punya mereka adalah wattnya terlalu kecil hanya 450 watt dan harus dibantu obeng memutar kipas searah putaran dinamo baru kipas mulai berputar.

Kalau anda mempunyai keluhan pompa air lainnya bisa lihat tutorial saya terdahulu siapa tahu bisa membantu kamu.  http://unrang.blogspot.co.id/2016/09/masalah-dalam-pompa-air.html
Mengatasi pompa air berdenggung
Penampakan pompa air seperti punya saya "Credit:shimizu.co.id"