Pengalaman Ikut Tes CPNS

Pengalaman Ikut Tes CPNS, Pada tahun 2013 saya pernah mengikuti sebuah tes Cpns yang di laksanakan oleh Kejaksaan Umum yg pada waktu itu memang sedang ada penerimaan Cpns dari lulusan Sma/Smk sederajat, tentu saja saya tidak mau sampai melewatkan kesempatan emas tersebut sampai akhirnya mendaftarkan diri kesana bermodalkan Ijasah Smk, Surat keterangan sehat dari dokter, Surat berkelakuan baik dari polisi, dan berbagai macam persyaratan lainnya.

Pengalaman Tes Cpns yang saya alami sebenarnya pahit, pahit kenapa? Iya karena saya ternyata tidak tembus tes tersebut dan sempat patah semangat didalam hati kecil saya. Saya tidak tembus pada ujian TEKNIK KEAHLIAN DASAR (TKD). Waktu itu saya kurang belajar sungguh disayangkan juga karena saya menghabiskan banyak uang untuk bisa sampai ke tahap TKD maklum saya tinggal di kabupaten sedangkan Tes nya di laksanakan di Ibukota provinsi Palangkaraya.

Agar pengalaman pahit saya tidak terjadi kepada kalian yg memang kebetulan ingin melakukan tes cpns, sebenarnya tes Cpns tidak lah begitu menyeramkan hampir sama sama seperti ujian nasional lah di sekolah. Hanya saja yg namanya tes masuk kerja jelas kita tidak tahu apa itu soalnya yg bakalan kita jawab, dan kita pun tidak pernah di jelaskan bagaimana gambaran soalnya itu lah perbedaan nya sama ujian nasional.

Tetapi tenang saya disini mau berbagi mengenai sedikit yg saya ingat di tes cpns saya waktu itu pada tes TKD, hal hal yg menjadi soal soalnya adalah sesuatu yg berbau Sejarah, Matematika Nalar, Bahasa Indonesia, dan UUD 45.

Pengalaman ikut tes cpns
Ilustraso. Jpnn


SEJARAH


pertanyaan nya yang saya ingat adalah seperti peristiwa sebelum kemerdekaan R.I, dan hal lainnya yg menyangkut sejarah seperti hari Pancasila kapan, dan macam macam lainnya.

Matematika Nalar


Menurut saya saja yg mengatakan matematika nalar, iya karena pertanyaan nya kebanyakan nalar saja dan hanya sebagian yg rumus jika ada yg rumus itu pun seperti rumus mencari luas, tinggi dan lainnya. Contoh soalnya ada... 5 ×..... -5 +5=25 .. nah soalnya seperti itu jelas soal seperti itu mengandalkan nalar anda saja.

Bahasa Indonesia


Mungkin kita menganggap ini mudah, padahal soal bahasa indonesia di tes TKD menurut saya cukup menjebak padahal pertanyaan nya seputar tata cara berbahasa indonesia yg baik dan benar saja.

UUD 45


Kalau soal mengenai UUD adalah yg paling banyak dan saya pusing bukan kepalang waktu tes karena memang saya kurang menyukai mengenai UUD apa lagi harus menghapalnya. Namun saran saya anda rajin rajin saja untuk membaca mengenai uud jika anda ada niatan untuk masuk ikut tes cpns karena memang soal mengenai UUD yg terbanyak.

Kurang lebih begitu lah kawan pengalaman saya dalam mengikuti tes cpns dan saya tidak tembus, memang sangat sedih di hati. Semoga sobat yg mungkin sedang dalam proses ikutan tes cpns atau ada rencana ikut tes cpns sebaiknya mengikuti tips tips diatas dan perbanyak ilmu kalian mengenai bidang tersebut.