Nama Jabatan Pada Perkebunan Sawit Dan Contoh Pekerjaan Nya

Sebelum saya menikah dulu tahun 2014 saya sempat bekerja pada perusahaan sawit yg cukup tersohor namanya dan juga produknya. Saya dulu bekerja di PT. MultiPersada GatraMegah sebuah perusahaan di bawah payung dari Musim Mas Group. Musim Mas itu bukan perusahaan biasa, mereka menjual minyak kelapa sawit mereka kepada perusahaan yg membuat minyak goreng Sunco. Itu minyak goreng yg bintang iklan nya Chef Juna.

Saya bekerja selama 6 bulan sebagai kerani gudang bbm pada perusahaan tersebut, saya mengundurkan diri karena saya tidak sanggup bekerja di bawah tekanan. Namun saya sempat mendapatkan pengalaman dan saya juga lumayan tahu beberapa jabatan dan tugas di dalam sebuah perusahaan kelapa sawit.

Jabatan dan Tugas dalam Perusahaan Kelapa Sawit


ASKEP

Asisten Kepala, sebuah pekerjaan yg membutuhkan pengalaman dan juga ijasah yg mumpuni agar bisa mendapatkan posisi ini. Tugas mereka adalah mengawasi kinerja staaf mereka pada sebuah perkebunan kelapa sawit. Karena biasanya kan di perkebunan kelapa sawit ada kebun A, B, C dan seterusnya. Biasanya satu askep akan mendapatkan lima bagian kebun untuk di awasi misalkan kebun A, B, C, D, E. Namun askep juga ada yg meliputi askep bibitan (mengawasi proses pembibitan).

STAFF

Staff adalah orang yg mengawasi secara langsung dan memerintahkan mandor untuk melakukan pekerjaan. Staff biasanya ada staaf kebun misalkan kebun A staafnya Saya, kebun B staffnya adalah sobat. Jadi mengawasi satu bagian kebun saja biasanya staff tersebut.

Mandor

Mandor mungkin sudah umum bagi kita, mandor di perkebunan kelapa sawit adalah untuk memberikan perintah dari staaf.

Misalkan disuruh melakukan penyemprottan maka mandor akan menyuruh para karyawan nya dan mengawasi bagaimana kinerja mereka bekerja.

Apakah dosis sesuai anjuran, apakah mereka melakukan penyemprottan dengan benar dan sebagainya. Selain itu mandor bertugas untuk mencatat absensi anggotanya.

Kerani

Kerani adalah pekerjaan yg dulu saya jalani, kerani dalam perkebunan kelapa sawit ada banyak macamnya.

Diantaranya adalah Kerani buah, Kerani divisi, Kerani Gudang, Kerani Admin, Kerani Bibitan, Kerani Gajih. Tugas seorang krani dalam perkebunan kelapa sawit adalah untuk mengambil data dan menyesuaikannya dengan fisiknya.

Misalkan kerani buah tugasnya mencatat berapa banyak buah hasil panen dalam satu hari, baik itu banyak TBS nya dan juga berondolnya.

Nanti hasil perhitungan di laporkan ke atasannya dan hasil akhir akan di lihat pada timbangan nya.

Perawatan

Perawatan adalah satu buah jabatan yg paling mudah untuk dimasuki bahkan oleh orang yg tidak mempunyai ijasah sama sekali.

Perawatan adalah jabatan untuk mereka yg melakukan perawatan pohon kelapa sawit, baik itu memupuk, memangkas daun yg menyentuh tanah, menyemprotkan racun rumput yg menganggu kelapa sawit dan kegiatan lainnya.

Tujuan nya untuk menjaga tanaman kelapa sawit bersih dan sehat.

Pemanen Buah Sawit

Sama halnya dengan pemanen bagi yg tidak mempunyai ijasah juga bisa menjadi pemanen buah sawit.

Karena pemanen tidak membutuhkan ijasah dan yg pasti membutuhkan tenaga, dan kehati hatian saja karena alat panen sawit itu rata rata tajam bukan main.

Terberat dalam tugas pemanen jika kebun sawit sudah tinggi, dia harus menggunakan egrek untuk memanen buah sawit, selain berat juga tinggi resiko jika tidak hati - hati.

Namun jika menghitung dari hasil maka lumayan besar, jika melawan kerani tentu saja besar gaji anggota pemanen.

Pemuat Buah Sawit

Pemuat buah kelapa sawit sama halnya dengan pemanen, selain menguras tenaga ini juga tinggi resiko.

Tugas utama pekerja pemuat sawit adalah memasukan buah sawit ke dalam truck pengangkut, yang membawa nya ke pabrik.

Alat yang di gunakan untuk memuat berupa besi runcing, di tusukan ke buah sawit, baru di angkat ke atas truk.

Jabatan dan tugas di perusahaan kelapa sawit

Demikian lah beberapa jenis jabatan dalam perusahaan kelapa sawit. Semoga memberikan sedikit gambaran untuk kalian yang ingin bekerja pada perusahaan sawit. Kalau ingin menulis surat lamaran kerja, bisa baca di postingan contoh surat lamaran kerja yang benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel