Tutorial Membuat Web di Wordpress Org Gratis dan Mudah

Tutorial Membuat Web di Wordpress Org Gratis dan Mudah,  Banyak master bilang kalau menggunakan Wordpress sebagai platfrom untuk ngeblog hasilnya bakalan maksimal karena di Wordpress banyak alat alat yang bisa kamu gunakan untuk optimasi SEO Blog anda.
Saya sendiri bukannya tidak bisa membuat wordpress self hosted namun hanya karena kekurangan modal, padahal bagi kawan kawan yang memang ingin serius untuk mencari uang dengan Blog sebaiknya menggunakan platfrom ini.

Nah sebelum memutuskan untuk membeli domain dan menyewa web hosting, ada baiknya anda untuk belajar terlebih dahulu menggunakan wordpress self hosted tentunya untuk belajar semua nya gratis, untuk kamu yang ingin belajar ayo simak tutorial berikut ini.

Cara Membuat Wordpress Self Hosted Dengan Mudah dan Gratis


Daftar dulu ke Hostinger untuk mendapatkan Web Hosting Gratis dan Sub Domain gratis, saya tidak menggunakan domain dari Freenom karena malas untuk menunggu pembaruan DNS recordnya ke web hosting yang biasanya memakan waktu 1*24 Jam.

Cara Mendaftar di Hostinger


Masuk ke webnya dulu Hostinger.co.id
Lalu pilih menu "Hosting"
cara daftar hostinger


Scrool mouse anda ke bagian bawah dan pilih paket gratis dengan mengklik "Mendaftar"

Setelah mengklik daftar anda akan diberikan pilihan berapa lama hosting yang ingin anda gunakan maksimalnya adalah 60 bulan. Namun saran saya pilih saja yang 6 bulan untuk tahap belajar, setelah memilih berapa lama hosting yg anda inginkan lalu anda klik "Lanjut ke Checkout"
cara buat wordpress self hosted


Jika anda belum mempunyai akun di Hostinger maka anda diharuskan untuk membuat akun di hostinger, mendaftar lah seperti biasa memasukan Email, Password, Nama dan Lain lain. Jika sudah maka lanjutkan ke checkout dan ingat untuk mencentang kebijakan privasinya.

Jika sudah selesai maka tampilan nya adalah "Tagihan anda telah dibayar" dan silahkan anda buka email untuk memverifikasikan pendaftaran anda.
checkout hostinger sukses


sudah selesai melakukan verifikasi, maka sekarang kita langsung saja klik "Hosting" dan nantinya akan ada permintaan untuk melakukan penyambungan antara hosting dan domain anda, kurang lebih seperti gambar di bawah ini. Dan silahkan kamu klik "Setup".

Ketika di klik "Setup" maka anda akan di suruh untuk melakukan Pengaturan Order HOSTING, saya menyarankan anda untuk mengklik "Sub Domain" saja karena bisa langsung digunakan menginstal wordpress self hosted.
cara buat subdomain hostinger


Jika sudah mengklik "Setup" untuk menyimpan pengaturan anda.

Setelah tersimpan saat nya anda untuk menginstal wordpress org anda, caranya kunjungi https://cpanel.idhostinger.com/order/accounts-list lalu pilih nama subdomain yang telah anda pilih tadi dan pilih "Auto Installer".

Masuk auto installer, lalu kamu pilih Wordpress untuk melakukan penginstalan. Setelah di klik Wordpress maka tampilan nya seperti dibawah ini.
cara pengaturan wordpress

Di dalam menu penginstalan wordpress kamu bisa melakukan pengaturan untuk situs anda, pengaturan yang wajib kamu buat adalah sebagai berikut;
Username Administrator: Isi nama anda untuk login situs anda nantinya
Password : masukan password yang anda inginkan, password ini untuk anda log in ke situs wordpress self hosted anda nanti.
Judul Webiste : Ini akan menjadi judul web anda
Tagline website : Deskripsi singkat mengenai situs anda.
Setelah selesai baru anda klik "Instal".

Jika sudah silahkan buka email anda yang anda gunakan untuk mendaftar tadi, nanti anda akan di kirim kan link untuk melakukan login ke situs anda sendiri.
Dan selamat anda telah berhasil membuat akun wordpress org, anda bisa langsung login dengan username dan password yang telah anda buat.