Mengenal istilah Burn-in Earphone Baru

Baru baru ini saya membeli earphone dari merk yang cukup terkenal yaitu merk JBL, saya membeli online kebetulan ada diskon jadi saya langsung hajar saja langsung diskonnya dan terkena harga 132.000 harga yang lumayan murah untuk earphone bermerk. Saya sebelumnya belum pernah membeli earphone mahal karena saya suka menggunakan earphone murah saja, setelah saya membuka kotak kiriman dari toko online andalan saya lalu langsung colok ke ponsel dan melakukan play sebuah lagu favorit dengan bass yang tinggi dan saya merasa bahwa earphone ini kok jelek betul karena suara bass dari musik yang putar tidak keluar sama sekali.

Setelah saya search di mbah google dan saya menemukan istilah Burn-in Earphone baru, karena earphone saya baru kata mereka perlu di lakukan Burn-in agar suara bassnya bisa keluar sesuai dengan yang di harapkan kita. Fungsi burn in eraphone sebenarnya adalah untuk mengendurkan fleksibel diagfragma earphone itu sendiri agar suara dari earphone tersebut bisa mengeluarkan suara yang halus dan nyaman untuk telinga kita.
 Cara melakukan burn-in earphone


Cara melakukan burn in earphone yang benar

Melakukan kesalahan dalam burn in dapat menyebabkan kerusakan pada earphone anda, misalnya suara earphone akan pecah saat mendengar musik pada volume tertentu, oleh sebab itu baca cara melakukan burn in earphone yang benar dan aman untuk earphone anda. Perlu di catat melakukan burn in earphone volume musik yang kita setel benar benar, misalkan setel volume di range 70%-80% saja, lebih dari itu bisa merusak earphone kamu dan juga jangan terlalu kecil volumenya karena bisa tidak memberikan efek yang berarti nantinya.
  •  Melakukan Burn in earphone dengan nada khusus.
Cara melakukan burn in earphone adalah dengan cara memutar sebuah nada yang bernama, Pure tone, Pink noise, Sine wave sweeps, AM/FM static, dan nada lainnya yang bisa kamu carikan di youtube. Dalam melakukan burn in earphone sangat mudah kamu hanya perlu menyetel beberapa nada di atas melalui ponsel kamu dan atur volume earphone kamu di antara 70 % - 80 %, lalu biarkan nada itu di putar tanpa harus kamu dengarkan. Bagi kamu yang langsung ingin mencoba langsung ke "channel youtube milik dalesnale" Pink noise tone.
  • Melakukan Burn in dengan mendengarkan musik seperti biasa.
Burn in sejujurnya tidak harus di lakukan dengan mendengarkan nada khusus, dengan mendengarkan lagu saja biasanya itu bisa hanya saja kamu harus mendengarkan musik agak lama agar suara impian kamu bisa tercapai di earphone kamu. Salah satu trick saya yang malas melakukan burn in dengan cara mendengarkan nada khusus, saya langsung mendengarkan lagu elektronik (lagu dj, breakbeat dan teman temannya) dan saya instal aplikasi bass booster, jadi sambil mendengarkan lagu elektronik saya setel aplikasi bass booster agar suara bassnya di paksa keluar. Enjoy burn in sambil dengar musik jadinya.

Itu lah beberapa tips untuk kamu yang mempunyai earphone baru dan suaranya masih sangat datar tidak ada suara bass atau treblenya. Sebenarnya burn in tidak perlu di lakukan karena sejatinya kalau kamu mendengarkan musik lama kelamaan menggunakan earphone tersebut suara yang kamu harapkan juga akan keluar, namun karena manusia adalah mahluk yang tidak sabar maka itu di lakukan hanya untuk mempercepat prosesnya saja untuk mencapai suara yang di inginkan.

Kedy Reading makes you know, acting makes you do.