Cara Kerja Dinamo Sepeda Menghasilkan Energi Listrik

Cara kerja dinamo sepeda sebenarnya sama saja dengan cara kerja pembangkit listrik pada umumnya, yang merubah gaya gerak menjadi energi listrik.

Jujur saya di waktu kecil pun terkesima ketika melihat sepeda Onthel melewati malam dengan lampunya yang klasik tersebut, nah biar kamu semua tidak penasaran apa saja yang membuat dinamo sepeda bisa menghasilkan listrik maka kita ulas dahulu.

Prinsip Kerja Dinamo Pada Sepeda Onthel

cara kerja dinamo sepeda
Dinamo Sepeda
Pada sepeda Onthel dinamo yang di gunakan adalah jenis dinamo Botol dan berikut adalah penjelasan apa saja komponen sederhana dari Dinamo botol ini.

  • Rotating Ridged Knob - sebuah poros yang bersentuhan langsung dengan samping sepeda Onthel untuk memutar magnet yang ada di dalam Dinamo botol.
  • Magnet - Sebuah magnet permanen di tanamkan di dalam Dinamo botol sepeda Onthel, magnet ini mempunyai kutub utara dan selatan yang akan di putar oleh Rotating tadi mengelilingi inti besi.
  • Iron Core - adalah inti besi yang memudahkan jalannya fluksi.
  • Copper Coil - Kawat akan menangkap dan mengalirkan energi listrik ke lampu.
Dengan begitu setiap ada gerakan dari ban sepeda Onthel maka magnet yang ada di dalam magnet pun akan berputar menciptakan arus listrik.

dinamo sepeda onthel

Kamu mungkin berpikir bisa kah dinamo tersebut di gunakan untuk kincir angin atau turbin air, jawabannya tentu saja bisa. Dinamo tersebut akan menghasilkan listrik jika kamu menggerakkan poros nya.

Bagaimana, cukup jelaskan informasi mengenai cara kerja dinamo pada sepeda Onthel khususnya. Jika bermanfaat silahkan beritahu teman kamu di media sosial dengan mengklik lambang facebook di bawah.
Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel