Rahasia Memancing Ikan Baung Kalimantan

Ikan baung adalah ikan yang mempunyai tarikan paling mantap saya rasa untuk kategori memancing di sungai Barito khususnya.

Ketika si ikan berkumis ini sudah memakan ikan maka siap - siap saja untuk melawan tarikan nya yang agresif, maklum kalau memancing ikan baung di sungai Barito ikan baung nya biasa berukuran setengah kilo ke atas lah.

Jenis Ikan Baung Kalimantan


Ikan Baung Kuning

Ikan baung kuning tempat hidupnya lebih bervariasi, bahkan sungai kecil pun ikan baung berwarna kuning ini dapat di temukan, namun ukuran baung kuning biasanya kalah besar di bandingkan dengan Baung putih.

Ciri khas Baung kuning adalah ia berwarna kuning keemasan pada bagian sirip belakang nya dan kepala lebih kecil namun lonjong ke depan. Ukuran baung kuning biasanya jarang di temukan yang besar lebih dari 2 Kg, selama saya memancing dan berteman dengan pemancing baung mereka belum pernah strike baung kuning yang besar sekali ungkap mereka.

Ikan baung kuning

Ikan Baung Putih

Baung putih adalah ikan favorit para pemancing sungai besar seperti di sungai Barito, Baung putih biasanya mempunyai ukuran yang lebih besar dari Baung kuning.

Tempat hidup Baung putih biasanya di sungai yang agak besar dan jarang sekali dia mau tinggal di sungai yang kecil. Oleh sebab itu sering kali ikan baung putih akan mudah di dapatkan jika air sungai Barito surut karena akan memudahkan memancing nya.

Daya tarik ikan Baung putih adalah bagian sirip lemak nya lebih besar dari yang Baung kuning, kalau di masak sayur asam bukan main enak nya.

Ikan baung putih kalimantan

Umpan Jitu Memancing Ikan Baung


Umpan Palit

Umpan palit adalah sebutan umpan andalan kami dalam memancing Baung, biasanya umpan ini kami beli di toko perlengkapan pancing dengan harga 20 ribu rupiah satu toples. Kalau di tempat kamu tidak ada yang jual, di toko online saya lihat ada yang jual kami cari saja dengan keyword "Jual umpan palit".

Umpan palit sebenarnya hanya lah sebuah kapas, namun kapas tersebut menyerap pembusukan ayam yang di taruh di dalam toples. Yang membuat daya tarik ikan baung adalah bau busuk umpan tersebut.

Umpan Palsu (Casting)

Biasanya para pemancing ikan Baung juga menggunakan casting, namun harus tepat waktu memancing nya agar ikan baung nya agresif dalam memangsa umpan palsu kita.

Waktu terbaik jika ingin casting ikan baung adalah sore sampai malam karena mereka agresif dan kadang menyambar ke permukaan. Gunakan umpan palsu yang tenggelam ya.

Umpan Cacing Tanah

Cacing adalah umpan universal tentu saja bisa di gunakan untuk memancing ikan Baung, khususnya Baung kuning yang sering memakan umpan cacing tanah.

Umpan Hidup Ikan Balukuh

Sebenarnya semua ikan hidup bisa di gunakan untuk memancing ikan Baung, asalkan ikan tersebut kecil ya, seperti ikan Wader atau bahasa kami ikan Saluang.

Akan tetapi kami di Kalimantan suka memancing baung menggunakan ikan Balukuh namanya, ikan Balukuh biasa hidup di daerah sungai yang ada bebatuan besarnya dan sembunyi di bawah batu tersebut.

Alasan kami menggunakan ikan Balukuh karena ikan ini terkenal kuat walau kita pasang kail pada badan nya, berbeda dengan ikan Saluang lebih cepat mati ketika di pasang kail di badan nya.
Memancing baung menggunakan ikan balukuh
Gambar ikan Balukuh yang besarnya.

Itulah informasi mengenai ikan Baung dan umpan yang ampuh ketika ingin memancing Baung, di tempat kamu apakah ada juga ikan Baung ? Kalau ada share juga dong di komentar umpan yang ampuh memancing baut di tempat kamu.
Kedy INTJ Personality - Seperti secangkir kopi yang pahit, namun kamu tetap menyukainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel