Cara Kerja Internet Wajib Kamu Tahu

Internet mungkin adalah sebuah kebutuhan dasar manusia jaman sekarang, rasanya ada yang hambar kalau paket data habis atau sedang berada di luar kota yang tidak ada internet nya.

Namun selama menggunakan internet, apakah kamu tahu bagaimana mereka bekerja melayani permintaan data kamu setiap harinya ?. Kalau belum tahu mari kita baca sedikit - dikit untuk menambah wawasan kita mengenai internet.

Apa itu Internet

Internet sebenarnya adalah jaringan komputer dasar, di dalam jaringan internet bagaikan sebuah jalan raya besar yang membentang luas mencakup semua belahan bumi ini.

Ketika kamu berkomunikasi menggunakan internet, misalkan kamu membuka situs Unrang ini maka perangkat yang kamu gunakan akan mengirim permintaan ke penyimpanan data situs ini (web server), lalu web server situs Unrang mengirimkan kembali data yang kamu minta dan kamu bisa melihat data seperti yang seharusnya di situs ini.

Internet adalah sebuah cara berkomunikasi antara perangkat 2 dan perangkat lainnya, mereka terhubung menjadi satu menggunakan berbagai macam jaringan, misalkan jaringan dari kabel telepon tembaga, kabel fiber optik, melalui gelombang radio seperti smartphone kamu yang terhubung menggunakan gelombang radio.

Semua perangkat yang terhubung ini bisa kamu akses melewati jaringan internet yang sudah tersambung.

cara kerja internet menghubungkan satu dengan yang lain

Cara Internet Bekerja

Kamu sudah tahu internet adalah sebuah jalan besar yang terhubung di seluruh dunia, lalu kamu harus tahu bagaimana internet bisa bekerja, tanpa harus tersesat karena luasnya internet.

Di setiap perangkat yang terhubung ke internet mereka semua mempunyai tanda pengenal yang biasa di sebut IP (Internet Protocol), IP adalah angka unik dulu menggunakan versi 4 atau biasa di sebut IPv4 namun karena sekarang sudah banyak sekali orang yang menggunakan internet, maka sekarang di perkenalkan tipe IPv6.

Semua yang kamu di lihat di internet itu semuanya di simpan pada suatu tempat di web server, misalkan situs Unrang ini datanya di simpan di penyimpanan nya Blogger milik Google, ketika kamu mengklik situs ini maka permintaan data situs Unrang ini di kirimkan oleh Browser yang kamu gunakan ke server situs ini di Blogger, nah ketika permintaan sudah sampai dan web server situs Unrang sudah merespon maka web server Unrang mengirimkan data yang di minta oleh browser kamu dan data yang kamu lihat di layar perangkat kamu adalah data yang tadinya ada di web server situs Unrang.

Namun pertanyaan nya, bagaimana kalau yang mengunjungi situs Unrang ini adalah banyak orang apakah data yang di kirim web server tidak akan tertukar ? tentu nya tidak karena semua orang yang online di internet mempunyai alamat IP.

Cara kerja internet

Namun kamu pasti bertanya bagaimana dengan perpesanan instan seperti Whatsapp bekerja di internet ?.

Untuk perpesanan instan atau di kenal dengan messenger sebenarnya sama saja, namun ini melibatkan tiga buah perangkat yang terhubung di internet untuk berkomunikasi.

Misalkan saya mengirim pesan "Halo pengunjung Unrang" lalu pesan saya di kirimkan ke web server perpesanan instan misalkan (Telegram), nah pesan saya tadi sementara di tampung di web server Telegram dan web server langsung mengirimkan pesan ke kamu jika perangkat kamu dalam keadaan online, namun jika perangkat kamu offline maka pesan tadi di simpan sementara di dalam web servernya Telegram dan akan di kirim jika kamu terhubung kembali ke internet. 

Oleh sebab itu di dalam perpesanan instan kalau kamu lama offline maka pesan teman kamu beberapa hari yang lalu bisa masuk di saat kamu kembali online.

Kunci utama dari semua data di dalam Internet adalah web servernya, karena semua data yang kamu akses di internet sebenarnya di simpan di dalam sebuah penyimpanan raksasa dan ada banyak web server di dalam internet, berikut ini beberapa foto penyimpanan data milik perusahaan terkenal.

Data center milik Google
Email kamu mungkin saja di simpan disini.

Data center Microsoft

Data center Facebook
Status alay kamu mungkin saja di simpan di sini.

Keuntungan Adanya Internet

Ada banyak keuntungan dengan adanya teknologi internet ini, kita bisa saling terhubung satu dengan yang lain dimana pun kamu berada asalkan sama sama terhubung ke jaringan internet.

Ilmu pengetahuan, musik, video, games, sosial media, belanja online dan lainnya kini semua sudah berada di dalam tangan kamu, asalkan kamu terhubung dengan internet.

Di balik keuntungan ada juga kerugian nya, semua kerugian tersebut karena manusia terlalu serakah pastinya, kini semua orang ketika berkumpul asyik dengan dunia maya nya masing - masing, semua informasi bohong atau Hoax bertebaran dimana - mana dan pencur!an data semakin menjadi - jadi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Internet Wajib Kamu Tahu"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik atau saran. Jangan sungkan untuk berkomentar disini :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel