Cara Yang Benar Mengasah Gergaji Kayu Manual

Gergaji kayu merupakan sebuah perkakas wajib bagi seorang tukang, baik tukang kayu atau tukang batu membutuhkan yang namanya gergaji kayu ini.

Jika gergaji kayu tumpul atau macet suka lengket - lengket saat melakukan pemotongan tentu membuat pekerjaan menjadi lambat dan juga memakan banyak energi yang di buang secara cuma - cuma pastinya.

Oleh sebab itu saya akan mengajari kamu bagaimana cara mengasah gergaji kayu yang benar, karena kalau sembarangan malah bikin mata gergaji menjadi rusak.

Cara Mengasah Gergaji Kayu Manual

Pertama - tama untuk mengasah gergaji kayu kamu harus membeli kikir segitiga. Kikir segitiga bisa kamu beli di toko bangunan terdekat di kota kamu pastinya.

Cara mengasah gergaji menggunakan kikir

Selanjutnya kamu juga membutuhkan sebuah alat yang biasa kami sebut sebagai Sipatan gergaji, guna nya alat ini untuk menekuk kan mata gergaji berlawanan arah, agar tidak lengket atau macet saat melakukan pemotongan.

Cara menggunakan sipatan gergaji

Kamu sudah mempunyai dua alat untuk mengasah gergaji kayu kamu dan untuk menekuk mata gergaji kayu kamu, maka selanjutnya kita mulai melakukan pengasahan.

Langkah Mengasah Gergaji kayu Yang Benar

Pertama kamu harus tahu bagian mana yang perlu di asah, karena mata gergaji kayu itu bolak balik antara sisi kanan dan kirinya berbeda.

Cara mengasah gergaji potong yang benar

Dari gambar yang ada di atas, kamu seharusnya bisa melihat bahwa bagian mata gergaji terbagi menjadi dua. Sisi kiri dan sisi kanan harus kamu asah, oleh sebab itu orang yang mengasah gergaji tangan biasanya memakan waktu yang cukup lama karena harus bolak - balik.

Kamu sudah mengetahui bahwa mata gergaji mempunyai dua sisi dan yang harus di asah biasanya dari mata nomor 1, 3, 5, 7, dan seterusnya melangkah 1 mata. 

Nah untuk cara mengasahnya adalah dengan mengesek kan mata kikir dengan sedikit miring dan saat mengasah menggunakan kikir usahakan bahwa mata kikir di dorong ke depan, angkat dan dorong kembali. Kamu tidak bisa menarik mata kikir mundur - maju karena bisa merusak mata gergaji kayu.

Mengasah gergaji potong dengan benar

Jika semua mata gergaji bolak - balik sudah kamu asah semua sisinya, maka kamu bisa mulai menekuk kan mata gergaji sekitar 1 mm keluar sisinya. 

Gunakan lah sipatan yang sudah kamu beli tadi, mata gergaji di tekuk keluar ke sisinya, misalkan mata gergaji yang tajam di sisi kanan maka tekuk kan mata gergaji tersebut ke kanan juga dan mata gergaji yang tajam di sisi kiri tekuk kan ke sisi kiri nya juga.

Kenapa harus di tekuk kan keluar sisinya mata gergaji tersebut ?, gunanya tidak lain adalah agar gergaji kayu kamu tidak macet atau lengket - lengket saat di gunakan membelah kayu.

Kurang lebihnya seperti itulah cara mengasah gergaji kayu yang benar dan semoga bisa bermanfaat untuk kamu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Yang Benar Mengasah Gergaji Kayu Manual"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik atau saran. Jangan sungkan untuk berkomentar disini :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel