Menanam Bawang Merah di Rumah Pakai Polybag

Menanam bawang merah di rumah saat ini sangat lah mudah, kamu bisa menggunakan memanfaatkan halaman kecil di rumah mu.

Menanam bawang merah


Dengan menggunakan polybag, pot bunga, karung bekas atau bekas air mineral kamu bisa menanam rempah favorit ini.

Cara Menanam Bawang Merah Menggunakan Polybag

Cara budidaya bawang merah menggunakan polybag sangat cocok untuk skala rumahan, yang hasil nya bisa di nikmati sendiri.

Kalau kamu tidak memiliki polybag, maka bisa gunakan karung bekas atau botol bekas air mineral pun bisa kamu gunakan, asalkan kamu melubangi botol nya terlebih dahulu.

Persiapan Media Tanam Bawang di Polybag

Agar tanaman bawang merah kamu nantinya tumbuh subur dan menghasilkan umbi yang berlimpah.

Persiapkan lah tanah gembur, pupuk kandang dan sekam bakar. Campurkan lah tanah, pupuk kandang dan sekam bakar menjadi satu.

Perbandingan antara mereka adalah 2:1:1, tanah nya adalah dua dan yang satu adalah pupuk serta sekam bakarnya.

Pupuk kandang di gunakan sebagai pemenuhan nutrisi bawang nantinya dan sekam memberikan karbon agar penyerapan nutrisi oleh tanaman lebih maksimal.

Campuran media tanam tadi masukan ke dalam polybag, pot bunga, karung, atau botol bekas air mineral. Ingat botol air mineral harus di lubangi !.

Setelah semua telah masuk ke dalam wadah nya, maka selanjutnya kamu harus menyirami media tanam tersebut dengan air secukup nya.

Cara Menanam Bawang yang Benar

Untuk bibit bawang merah yang ingin di tanam pada polybag harus lah yang memiliki karakter yang sehat.

Ciri bawang merah yang baik untuk di jadikan bibit adalah ukurannya umbi nya bulat besar, umbi bawang merah nya tidak cacat seperti ada bercak hitam dan umbi bawang tidak berair seperti ingin membusuk.

Bibit sudah di dapatkan, maka kamu harus memotong bagian atas umbi bawang merah tersebut yang guna nya agar nanti tunas cepat keluar. Sebenarnya tanpa di potong pun dia bisa tumbuh namun akan lebih lama waktu kamu menunggu nya bertunas.

Bibit yang telah di potong pada bagian atas nya, bisa kamu tanam ke media tanam tadi yang telah di siapkan. Usahakan jangan semuanya kamu kubur di media tanam, biarkan bagian yang di potong tidak tertimbun tanah.

Cara menanam bawang


Siram kembali media tanam yang telah di tanami bibit bawang merah tadi. Selanjutnya letak kan media tanam tadi ke tempat yang teduh tidak terkena matahari langsung sampai tunas nya muncul.

Jika tunas sudah muncul, baru lah tanaman kamu siap menghadapi sinar matahari langsung.

Perawatan Bawang Merah di Polybag

Bawang merah di ladang atau kebun akan membutuhkan banyak sekali perawatan, namun karena kamu hanya menanam bawang merah di dalam pot maka kamu hanya perlu menyirami nya saja.

Penyiraman bawang merah juga tidak perlu terlalu sering, apa lagi sampai berlebihan karena bawang merah tidak kuat akan genangan air.

Jika tidak ada hujan dalam beberapa hari kamu bisa menyirami tanaman pada pagi hari dan usahakan jangan di sore hari karena nanti penguapan air jadi lebih sedikit dan umbi bawang rentan terserang penyakit busuk.

Penyiraman pun jangan berlebihan namun sedikit saya sampai tanah terlihat basah, jangan sampai tergenang air nya.

Jika ingin tanaman bawang merah lebih subur bisa pada umur 30 hari kamu taburkan pupuk kandang agar menambah nutrisi nya.

Panen Bawang di Polybag

Umumnya bawang dapat di panen ketika berumur 100 hari, namun jika kamu lupa akan tanggal tanam maka bisa dengan cara memperhatikan daun bawang nya.

Jika daun bawang merah sudah mulai layu dan rebah maka itu tanda nya bawang siap panen.

Setelah panen bawang hendak nya bawang di jemur dahulu dan jangan langsung di simpan karena akan rentan umbi membusuk.

Tanda penjemuran telah selesai adalah dengan melihat daun bawang nya, jika daun bawang nya sudah kering kerontang maka itu tanda nya penjemuran sudah sempurna.

Sangat mudah sekali bukan cara menanam bawang merah di dalam polybag, jika kamu suka bercocok tanam di rumah maka kamu bisa membaca juga cara budidaya cabe ini.
Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel