Jenis Ikan Lele Terbaik untuk Usaha Budidaya

Jenis ikan lele untuk budidaya semestinya adalah lele yang di kategori kan jenis lele unggulan.

Pemilihan benih lele unggul dapat memberikan keuntungan yang maksimal dalam usaha ternak lele. Di wilayah Indonesia ada banyak sekali jenis yang biasa di budidaya kan oleh para pelaku usaha pembesaran lele.

Akan tetapi ada empat jenis lele yang menjadi jenis unggulan untuk di budidayakan. Di antara lele tersebut adalah lele dumbo, lele sangkuriang, lele phyton dan lele paiton.

Jenis Ikan Lele Dumbo

Ikan lele dumbo adalah yang paling populer untuk di budidaya, lele dumbo disebut juga dengan mudfish, African catfish atau magur.
jenis ikan lele

Bentuk badan si lele dumbo bulat memanjang. Kepala ikan besar gepeng dan bertulang keras. Mata lele dumbo tidak begitu berfungsi dengan ukuran yang sangat kecil. Mulut berada tepat di moncong depan serta ukurannya cukup lebar.

Sirip sirip dorsal dan analnya memanjang sampai kearah batang ekor. Pada sirip pektoral terdapat patil yang tidak beracun. Warna lele dumbo bervariasi kekuningan hingga abu – abu dengan bercak kehijauan, pada bagian perut berwarna putih.

Semenjak lele dumbo masuk ke Indonesia tepatnya pada tahun 1986, masyarakat mulai menyukai lele ini dikarenakan pertumbuhan nya dari benih hingga siap konsumsi sangat cepat.

Selain karena pertumbuhan lele dumbo yang sangat cepat, lele ini juga terkenal kuat bertahan hidup pada air yang bertemperature 8 derajat – 35 derajat celcius. Adaptasi lele dumbo dengan perubahan pH air, kekeruhan dan tekanan densitas juga sangat baik.

Oleh sebab itu lele dumbo bisa menjadi salah satu opsi ketika ingin memulai budidaya lele.

Lele Sangkuriang

Ikan lele sangkuriang dari namanya saja ini bisa ditebak adalah ikan lele buatan Indonesia.

Memang nyatanya benar ini adalah salah satu varian lele yang berhasil di perbaiki genetik nya oleh masyarakat Indonesia. Lele sangkuriang adalah anak dari lele dumbo juga sebenarnya, perkawinan antara penjantan lele dumbo keturunan ke 6 dengan betina lele dumbo keturunan ke 2.
jenis ikan lele sangkuriang


Hasil dari perkawinan lintas generasi tersebut memberikan kita jenis lele sangkuriang. Kelebihan jenis lele sangkuriang adalah pertumbuhan nya lebih cepat lagi dari pada jenis lele dumbo (induknya).

Lele Phyton

Lele Phyton juga merupakan ikan lele buatan orang Indonesia, tepatnya jenis lele ini di buat oleh komunitas pembudidaya ikan air tawar pada kabupaten Pandeglang.

Komunitas tersebut tergabung dalam kelompok Sinar Kehidupan Abadi (SKA) menciptakan lele unggul, dengan nama Lele Phyton. Ikan lele phyton adalah hasil hibridasi dari ikan lele dumbo betina dari Thailand dan ikan lele jantan lokal.

Ciri – ciri fisik lele phyton hampir sama dengan ibunya lele dumbo, hanya mempunyai perbedaan pada bentuk tempurung kepala dan moncong nya yang mirip dengan lele lokal.

Keunggulan lainnya adalah lele phyton mampu bertahan dengan perubahan suhu air antara malam dan siang yang terlampau jauh.

Jenis Ikan Lele Paiton

Ikan lele paiton merupakan jenis lele yang berasal dari daerah Paiton, Jawa timur.

Secara penampilan ikan ini mirip dengan lele dumbo, warna pada ikan lele paiton abu – abu gelap dengan bercak – bercak putih. Pertumbuhan ikan lele paiton sangat cepat terutama pada daerah Jawa timur, menurut laporan pelaku usaha budidaya.

Di daerah lain lele paiton mempunyai pertumbuhan yang dapat mengalahkan lele dumbo, oleh sebab itu ada banyak orang memilih jenis lele paiton untuk di budidaya.

Demikian lah empat jenis ikan lele unggul yang sering di budidaya oleh para pelaku usaha. Tips kalau ingin mencari bibit unggul lele, cobalah bertanya dengan orang yang membudidayakan lele di sekitar wilayah kamu.

Jangan membeli bibit lele sembarangan, karena kebanyakan lele yang dijual di pinggiran tanpa ada yang memperhatikan kemurnian benih lele tersebut. Bisa saja lele tersebut adalah keturunan ke 3 atau ke 4, yang perkembangannya sudah tidak sama dengan jenis murninya.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel