Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Panduan Menulisnya

Contoh surat lamaran pekerjaanSurat lamaran kerja adalah gerbang utama untuk HRD melihat bagaimana pribadi kamu secara sekilas. Oleh sebab itu sangat penting untuk menuliskan surat tersebut dengan benar, rapi, dan sopan kata - katanya.

Sebelum memasuki saya memberikan contoh suratnya. Akan saya jabar kan poin apa saja yang penting dalam menulis surat lamaran. Saya tidak sembarang menulis poin - poin ini, karena sudah dibuktikan sendiri.

Poin Penting Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar


Tujuan Surat Lamaran

Kepada siapa surat akan di tujukan adalah hal penting yang harus diperhatikan. Entah itu HRD atau malah mereka tidak mempunyai HRD, jadi surat langsung dibaca oleh atasan yang bertanggung jawab.

Untuk perusahaan yang masih kecil, biasanya tidak ada HRD. Jadi yang melakukan rekrut karyawan adalah atasan langsung. Cara paling aman untuk mencari tahu untuk siapa surat tersebut di kirim, adalah dengan bertanya langsung kepada orang yang mengatakan ada lowongan pekerjaan.

Kalau mendapatkan informasi lowongan melalui situs web di internet, kamu bisa bertanya melalui email dengan mereka. Permisi pak, saya berniat mengirim surat lamaran, namun saya tidak tahu di kirim kepada siapa .?

Mudah sekali pasti mereka akan menjawab, terlebih kalau kita sopan. Lebih baik kalau kita tahu nama orang yang menerima surat kita nantinya. Secara garis besar yang harus kamu tahu dari perusahaan yang kamu incar adalah.
  • Nama orang yang menerima surat
  • Jabatan orang tersebut atau nama perusahaan nya
  • Alamat perusahaan mereka
Saya harap kamu bisa mendapatkan tujuan surat kamu dengan jelas, karena mereka akan kagum dengan kegigihan kamu dalam mencari tahu tentang perusahaan tersebut.

Detail Pribadi

Detail pribadi itu adalah informasi mengenai diri kamu sebagai pencari kerja. Tuliskan dengan jelas dalam surat lamaran kerja kamu.
  • Nama
  • Jenis Kelamin
  • Tempat, tanggal lahir
  • Alamat
  • No HP
  • Email
Semua itu haruslah tercantum didalam surat kamu nantinya, karena ini akan sangat membantu kamu memperkenalkan diri kamu kepada mereka. Untuk email, usahakan gunakan alamat email yang baik dan tidak terkesan alay. Misalkan joko.widodo@gmail.com itu contoh alamat email yang baik.

Posisi yang Di Lamar dan Keahlian Di Bidang Tersebut

Mengetahui posisi yang ingin di lamar itu sangat perlu. Jangan sampai posisi lupa kamu tuliskan di dalam surat tersebut. Jelaskan dengan detail mengapa kamu ingin melamar pekerjaan tersebut, jangan lupa pula masukan pengalaman kamu untuk bidang tersebut.

Contoh kalimat

Saya ingin melamar menjadi admin gudang. Pengalaman saya pernah menjadi salah satu admin gudang dan saya akan sangat tertantang kembali menjadi admin gudang. Semoga dengan pengalaman saya yang ada, bisa memberikan data yang valid setiap bulannya.

Kalau untuk yang baru lulus, kalian bisa mengatakan bahwa pekerjaan yang kalian lamar sesuai dengan pendidikan yang kalian tempuh.

Meminta Perusahaan Mempertimbangkan

Pada bagian bawah sebelum menutup isi surat. Penting untuk meminta perusahaan mempertimbangkan surat lamaran kerja yang telah di kirim, dan agar mereka memanggil kamu untuk interview agar dapat lebih leluasa menjelaskan kenapa pekerjaan tersebut cocok untuk kamu.

Penutup Surat

Pada penutup surat jangan lupa untuk berterima kasih kepada mereka yang telah meluangkan waktunya untuk membaca surat kamu. Di paling bawah tuliskan Hormat Saya, lalu lanjutkan dengan nama kalian.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar


Surat Lamaran Untuk Admin Perusahaan

Subjek: Admin Workshop

Kepada Yth: Bapak / Ibu. {Nama Penerima}

Saya {Nama Anda}, dan saya ingin melamar untuk jabatan {Admin Workshop} di perusahaan Bapa yang terhormat.

Saya memiliki 3 tahun pengalaman kerja di {perusahaan sebelumnya} di mana saya membantu tim workshop dengan wawasan saya tentang schedule servis unit alat berat melalui analisis data. Saya mahir dalam perangkat lunak manajemen data seperti MS Excel, {sebutkan yang lain jika ada}.

Saya telah melampirkan curriculum vitae beserta dengan email ini, dan saya berharap dapat bekerja dengan Bapa di masa depan.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Bapak.

Hormat saya,
{Nama Anda}
Mobile: {Nomor Kontak Anda}
Id Email: {Alamat Email Anda}

Tidak terasa sulit bukan menulis surat lamaran pekerjaan .?
Seharusnya surat yang kamu buat sendiri, dengan kreatifitas kamu akan lebih baik dari pada yang beredar di internet. Karena sebuah perusahaan ketika membuka lowongan, pasti banyak yang ngirim lamaran kesana. Kalau isi surat kamu lebih menarik dari punya mereka, tentu perusahaan mempunyai feeling bagus terhadap kualitas kamu.

Oleh sebab itu saya tidak banyak memberikan contoh suratnya, namun dengan berbekal pengetahuan poin penting dalam surat. Saya berharap kreasi kamu lagi dan jadilah terdepan dari pada yang lain.

Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel