Cara Ternak Babi Agar Cepat Besar


Cara beternak babi yang benar tentu akan menghasilkan untung yang berlipat untuk pemiliknya. Babi termasuk hewan konsumsi yang dagingnya sangat enak, walau mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim. Akan tetapi permintaan akan daging babi selalu lebih tinggi dari pada pasokan nya.
Cara ternak babi biar cepat besar

Sebab itu ternak babi dapat mendatangkan untung yang besar, jangan terlalu berpikir keras kalau nanti tidak laku. Babi termasuk hewan yang cepat dalam bertumbuh, di bandingkan sapi atau kambing. Namun jika pemilik peternakan tidak memahami teknik memelihara babi nya maka sering keterlambatan panen.

Keterlambatan panen disebabkan babi yang tidak mencapai bobot ideal, padahal umurnya sudah tua (siap panen). Bisa disebabkan oleh penyakit, stress atau pakan babi tidak sesuai. Oleh sebab itu saya kebetulan mempunyai beberapa ekor babi, sehingga punya lah beberapa tips beternak babi agar cepat besar dan siap di jual.

Tips Memelihara Babi Untuk Pemula


Memilih Bibit Babi

Bibit babi itu ada banyak juga macam nya, jadi jangan sampai salah pilih bibit nya agar dapat di sesuaikan dengan kemampuan memelihara.

Jenis babi yang kebanyakan di ternak wilayah Indonesia adalah babi Bali, karena pertumbuhan terbilang cepat dan bobot bisa mencapai ratusan kilogram. Terkadang babi Bali kurang juga di minati para peternak karena harganya yang agak kurang, dari pada jenis babi kampung.

Alasan konsumen mengatakan karena babi Bali daging nya terasa hambar, sangat berbeda dengan babi Kampung. Tapi semua kembali dengan kebutuhan di daerah masing - masing, permintaan pasar lebih banyak jenis babi apa.

Kandang Babi

Kandang babi hendaknya di buat jauh dari pemukiman penduduk dan dekat dengan sumber air yang berlimpah. Kotoran babi yang bercampur dengan urin nya sangat lah bau, jika jorok maka akan menimbulkan masalah polusi udara.

Kandang dapat berupa beton atau pun kayu. Jika modal memadai lebih baik menggunakan yang beton. Perhatikan didalam kandang babi harus ada irigasi untuk membuang kotoran dengan air. Di wilayah saya, kebanyakan para peternak memelihara babi dengan kandang yang kecil agar babi tidak banyak bergerak.

Untuk dua buah babi dibuatkan kandang panjang 3 meter dan lebar 2 - 2,5 meter. Tujuan dibuat kandang kecil agar babi tidak banyak bergerak yang akan menguras energi mereka. Tempat kandang babi sebaiknya di taruh pada bawah pohon yang rimbun, untuk mengurangi cuaca panas saat terik matahari siang. Babi tidak dapat mendinginkan badan mereka sendiri, jika mereka panas harus berendam didalam air. Karena tidak ada kolam maka baiknya babi di siram air ketika matahari terik di siang hari.

Babi yang kepanasan bisa gelisah dan berteriak, jangan sampai itu terjadi. Siram tubuh mereka sambil membersihkan kandang nya di saat tengah hari.

Pakan Babi Biar Cepat Besar

Pakan babi yang dapat mempercepat pembesaran babi cukup bervariasi. Saya menggunakan dedak sisa pengilingan padi atau ampas tahu untuk makanan pokoknya. Untuk campuran nya saya menggunakan sayuran layu, yang saya beli dari pasar.

Di pasar tradisional pasti ada sayuran yang tidak laku, dan layu. Ini dapat kita beli dari penjual sayur tersebut dengan harga yang miring. Bilang saja untuk pakan ternak, bisa saja mereka kasih 10 ribu dapat satu karung 25 Kg. Selain sayuran layu, saya sering juga membeli sampah ayam dan ikan dari pasar.

Kuku ayam, jengger ayam, dan bagian lainnya yang tidak di konsumsi biasanya akan dibuang oleh penjual. Di situ kamu bisa menyuruh mereka mengumpulkan sampah tersebut dan berikan mereka beberapa ribu, sebagai tanda jadi.

Sayuran layu, perut ikan, dan sampah ayam tadi bisa dimasak menjadi satu. Berikan garam sebagai perasa makanan mereka, jika sudah masak campurkan dengan dedak padi atau ampas tahu tadi. Berikan mereka makan pagi dan sore saja, tidak usah tiga kali sehari. Asalkan ketika memberi berikan mereka porsi full.

Jika kamu rutin menerapkan saran pakan dari saya ini, maka babi peliharaan mu akan cepat sekali besarnya.

Penyakit Pada Babi

Penyakit yang menjadi musuh terbesar dalam peternakan babi adalah cacingan. Babi terkenal suka di terkena cacingan, oleh sebab itu berikan babi peliharaan mu dengan obat cacing secara rutin.

Saya memberikan obat cacing kepada babi setiap dua bulan sekali. Jika obat cacing khusus hewan tidak tersedia, obat cacing untuk manusia pun efektif untuk membunuh cacing didalam tubuh babi mu.

Cara ternak babi sangat mudah sekali bukan, bahkan seorang pemula seharusnya bisa memelihara babi dan mendapatkan untung yang berlipat ganda. Kunci sukses ternak babi adalah ketekunan dalam mengolah makanan mereka, karena kalau makanan nya terpenuhi dengan baik maka masa panen akan lebih cepat.

Semoga membantu artikel kali ini, di lain kesempatan kita akan bahas mengenai cara pembibitan babi nya lagi.

Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel