Cara Memelihara Anjing Untuk Pemula

Memelihara anjing bisa jadi sangat menyenangkan dari pada memelihara kucing. Anjing adalah binatang peliharaan yang sangat setia kepada tuannya, suka bermain dan tidak pemarah walau di mainkan oleh anak - anak (untuk ras tertentu).
Anjing lucu

Sebelum memutuskan mempunyai peliharaan anjing, sebaiknya kamu harus berpikir matang - matang. Mulai dari lingkungan tempat tinggal, agama kepercayaan, dan rutinitas kamu setiap harinya.

Lingkungan tempat tinggal disaat mempunyai peliharaan anjing hendaklah bukan jenis apartemen, karena umumnya sulit mengajak anjing tinggal disana. Mencegah jika ada tetangga yang tidak dapat menerima kehadiran anjing di lingkungan apartemen mereka.

Jika menggunakan rumah biasa, ada baiknya mempunyai rumah yang berpagar. Jika rumah tidak menggunakan pagar maka anjing harus di rantai dan tanyakan tetangga apakah mereka tidak keberatan jika mendengar suara anjing.

Agama tentu adalah segalanya untuk manusia. Saya walau Kristen menghargai bagaimana Muslim haram dengan anjing. Karena itu jika kamu beragama Muslim, silahkan tanya kepada tokoh agama terlebih dahulu mengenai memelihara anjing di rumah.

Rutinitas sehari - hari kamu hendaklah tidak terlalu sibuk. Seperti seharian menghabiskan waktu di tempat kerja. Tak mengapa jika kamu orang sibuk, jika di rumah ada orang lain yang bisa memberikan makanan kepada anjing mu.
Selain butuh makanan, anjing juga butuh bermain dengan tuannya. Terlebih kalau kamu memelihara anjing cuma satu ekor saja. Anjing yang tidak terurus dapat terlihat frustasi, tidak semangat, dan sering pergi dari rumah jika sudah di lepas.

Panduan Dalam Memelihara Anjing Bagi Pemula


Pemilihan Ras Anjing

Ada banyak sekali variasi dari ras anjing, mulai dari yang tubuhnya mungil sampai yang kekar. Anjing ras biasanya dijual dengan harga yang lumayan mahal, terlebih jika ras murni.
Sebagai pemula bisa dimulai dengan memilih anjing kampung. Anjing kampung atau anjing jalanan sebutannya juga banyak jenis nya. Ada anjing kampung yang tubuhnya pendek, bulunya panjang atau daun telinga nya turun. Asalkan kamu rajin mencarinya maka saya jamin akan menemukan jenis anjing kampung yang tidak kalah cantik dengan anjing ras.

Tempat Tidur

Anjing bisa tidur dimana saja, asalkan tempat tersebut tidak basah. Jika ingin anjing kamu tidur di depan teras rumah, maka siapkan kain kering untuk alas tidurnya. Anjing yang masih kecil biasanya akan meronta ingin masuk rumah jika belum terbiasa, namun bisa diatasi dengan menakuti nya seperti memukul lantai. Tujuannya agar dia tahu bahwa ia dilarang masuk ke dalam rumah.

Jika anjing di dalam rumah, sebelum mereka tidur keluarkan mereka dari rumah untuk buang air. Anjing kecil belum terbiasa buang air pada tempat seharusnya, maka musti kita ajarkan. Kalau sudah terbiasa nanti saat mau buang air biasanya dia akan berbunyi minta di keluarkan dari dalam rumah.

Jangan taruh anjing kecil didalam ruangan yang mempunyai banyak barang. Anjing kecil biasanya suka mengigit barang - barang di rumah.

Makanan Anjing

Anjing adalah binatang omnivora yang bisa memakan sayuran atau daging, sama halnya seperti manusia. Akan tetapi ada beberapa makanan yang tidak baik di berikan kepada anjing peliharaan karena dapat menyebabkan sakit. Ada pun beberapa makanan yang tidak dapat dimakan atau diminum tersebut adalah:

 NoJenis Makanan  Gejala
 1Alkohol  Muntah, diare, penurunan koordinasi, depresi sistem saraf pusat, kesulitan bernapas, tremor, keasaman darah abnormal, koma dan bahkan kematian.
 2Coklat  Muntah dan diare, terengah-engah, haus dan buang air kecil yang berlebihan, hiperaktif, irama jantung yang tidak normal, tremor, kejang dan bahkan kematian.
 3Kopi  Muntah dan diare, terengah-engah, haus dan buang air kecil yang berlebihan, hiperaktif, irama jantung yang tidak normal, tremor, kejang dan bahkan kematian.
 4Daging Mentah Mengandung bakteri seperti Salmonella dan E. Berbahaya untuk anjing dan juga pemiliknya.
 5 Telur Mengalami masalah kulit serta bulu pada anjing.
 6 Garam Terlalu banyak mengkonsumsi garam anjing dapat mengalami muntah, diare, depresi, tremor, suhu tubuh meningkat, kejang dan bahkan kematian.
 7Pemanis Buatan Muntah, lesu, dan kehilangan koordinasi. Tanda bisa berkembang menjadi kejang.

Itu adalah tujuh bahan makanan yang berbahaya untuk anjing peliharaan kamu, jangan mencoba memberikan kepada mereka. Walau sekali dua kali tidak akan kelihatan efeknya, namun kalau berulang kali akan fatal sekali akibatnya.

Penyakit Pada Anjing

Penyakit yang sering menyerang anjing bermacam-macam, untuk itu penting mengetahui apa saja penyakit pada anjing. Selalu rutin membawa anjing kesayangan kamu ke dokter hewan untuk melakukan vaksin. Penyakit yang sering menyerang pada anjing peliharaan adalah.

1. Rabies

Rabies adalah penyakit yang paling mengerikan pada binatang peliharaan, baik itu anjing atau kucing. Pada anjing, rabies membuat peliharaan tersebut hilang kendali atas dirinya sendiri. Dia akan mengigit apa saja yang ada di depannya, baik itu manusia, binatang lain, dan bahkan benda mati pun akan di gigit.

Vaksin rabies adalah solusi untuk mencegah penyakit ini masuk ke anjing kesayangan kamu, di Indonesia vaksin rabies bisa di dapatkan gratis dari dinas Peternakan setempat. Dengan melakukan vaksin itu juga mencegah kejadian yang tak diinginkan seperti saat anjing kamu mengigit orang lain.

2. Batuk

Batuk pada anjing hampir mirip dengan pada manusia, dan batuk ini dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi penyakit ini sangat cepat sekali menular ke anjing lainnya, sebab itu karantina anjing yang terinfeksi sementara waktu sangat di perlukan.

Berikan makanan yang penuh gizi kepada anjing anda selama masa penyembuhan, agar penyakit batuk ini lebih cepat sembuh. Jika dalam beberapa hari tidak ada kemajuan, maka sebaiknya bawa anjing tersebut ke dokter hewan.

3. Kutu

Anjing yang sering bermain dengan anjing lainnya dapat tertular kutu dengan mudah. Kutu membuat anjing sering mengaruk dan jika sudah terlanjur parah badan anjing akan banyak luka karena nya. Cara membasmi kutu anjing cukup dengan menaburkan kapur ajaib (kapur semut), yang sebelumnya di tumbuk hingga menjadi serbuk. Nanti kutu tersebut akan lepas sendiri dari badan anjing, setelah itu hentikan anjing kamu bermain dengan anjing lainnya yang kutuan.

4. Cacingan

Cacingan pada anjing membuat anjing terlihat kurus. Kurus nya badan anjing karena hilangnya nafsu makan anjing, sering muntah, diare, dan makanan yang masuk kedalam tubuh dimakan oleh cacing.

Pengobatan cacingan pada anjing dapat menggunakan obat cacing khusus hewan peliharaan atau bisa juga memberikan obat cacing yang biasa kita minum.

5. Kurap

Penyakit kurap pada anjing dapat membuat peliharaan cantik kamu berubah menjadi buruk rupa dalam hitungan bulan. Kurap pada anjing disebabkan oleh bakteri, sangat mudah jangkit ke anjing lain atau pun manusia.

Kurap pada anjing ditandai dengan kerontokan bulu anjing dan kulit berubah warna menjadi kehitaman. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengunjungi dokter hewan untuk mendapatkan shampo khusus untuk anjing kurapan. Kadang diberikan juga obat minum anjing, agar mempercepat pengeringan luka kulit.

Bermain

Anjing adalah mahluk yang berkelompok, sesuai dengan nenek moyang mereka serigala. Anjing membutuhkan yang namanya bermain dengan pemiliknya, apa lagi jika anjing tersebut tidak mempunyai teman anjing lainnya.

Bermain dengan anjing itu cukup asyik, mereka suka mengigit kita dan mengejar. Cara agar air liur anjing tidak terkena kita, maka usahakan untuk bermain dengan menggunakan kain yang panjang. Nanti kain tersebut yang akan kita mainkan ke dia. Bermain menggunakan bola tenis juga bisa karena mereka senang mengejar, tapi permainan satu ini butuh pelatihan terlebih dahulu.

Kesimpulan

Memelihara itu mudah sekali, hanya saja dalam memelihara sesuatu kita harus telaten dalam merawatnya. Mempunyai anjing peliharaan di rumah itu juga dapat mengurangi rasa stress, ketika kita bermain dengan mereka. Kesetiaan anjing pun sangat istimewa, jadi jangan sia-siakan mereka jika sudah memutuskan menjadi tuan mereka.




Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel