Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang

 Lima hari yang lalu smartphone sebatang kara saya Redmi Note 9 dicuri orang, saya sangat jengkel waktu itu dan mencoba melacak hp Xiaomi yang hilang itu menggunakan email Gmail yang tertaut didalam perangkat itu. Ternyata tidak berhasil karena maling nya cukup cerdik langsung melakukan factory reset (menghapus semua data), otomatis akun email yang ada didalam ikut terhapus.

Selang beberapa jam setelah peristiwa kemalingan tersebut, saya baru ingat bahwa Xiaomi memiliki fitur yang mirip dengan Icloud teknologi yang ada pada Iphone. Teknologi itu bernama Micloud dan dapat digunakan untuk mencari hp Android kita yang hilang walau sudah di factory reset.

Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang Menggunakan Micloud

Micloud adalah teknologi yang disematkan untuk semua pengguna smartphone Android Xiaomi. Sebenarnya Micloud adalah tempat penyimpanan online (awan) jadi saat kamu kehilangan hp Xiaomi, datanya masih dapat diamankan dengan memasukan kembali akun micloud ke hp Xiaomi yang baru.

Tapi bukan itu yang menjadi kelebihan dari Micloud kalau menurut saya, namun lebih kepada bagaimana fitur ini bisa mengamankan dan melacak keberadaan hp Xiaomi saat hilang atau dicuri oleh orang lain.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan akun micloud kamu sudah terpasang didalam smartphone yang hilang dan kamu masih ingat username dan password untuk login micloud.

Langkah Melacak Android Xiaomi yang Hilang

Pertama masuk ke situs ini: https://us.i.mi.com, selanjutnya dihalaman awal masukan email atau nomor, serta password untuk masuk, kalau menggunakan nomor HP kode negara wajib di ubah menjadi Indonesia, jika sudah sama semua langsung klik "Sig In".
lacak hp xiaomi dengan micloud

Jika berhasil login masuk maka bisa langsung pilih saja "Find Device", nanti akan terlihat lokasi terakhir dari perangkat Xiaomi yang hilang atau dicuri tadi.
Mencari perangkat hilang dengan imei micloud

Fitur ini tidak bisa mendeteksi lokasi HP ketika perangkatnya dimatikan, akan tetapi kamu bisa klik tanda panah pada "Couldon't Locate" lalu pilih menu "Lost" dengan lambang kunci. Ketika fitur itu diaktifkan maka setiap kali HP tersebut diaktifkan dan terhubung ke internet otomatis akan mengirimkan lokasi terkininya kepada Kamu, dan dalam menu lost kamu juga bisa menampilkan pesan kepada pelaku dan juga nomor hp yang bisa dihubungi olehnya jika berubah pikiran.

Selain fitur "Lost" tadi sebenarnya ada fitur bernama "Sound" & "Erase Data". Fitur sound berguna untuk menemukan hp kamu yang hilang atau lupa naruhnya dimana, sedangkan fitur Erase Data untuk menghapus semua data yang ada didalam HP tersebut, yang berarti termasuk juga data Micloud kamu.

Saya tidak merekomendasikan kalian menggunakan fitur erase data karena akan memberikan kemudahan untuk pencuri memiliki HP kalian, karena micloud juga akan ikut terhapus ketika fitur itu digunakan. Terkecuali memang data yang ada didalam hp itu lebih berharga dan bersifat privasi maka aman untuk melakukan penghapusan data dari jarak jauh.

Alasan mengapa micloud lebih baik dari pada mencari perangkat menggunakan email karena micloud itu mengunci imei HP tersebut, jadi walau di restart berkali - kali kalau imeinya masih terbaca diinternet otomatis akan terkunci kembali.

Selain memberikan perlindungan untuk hp kita, namun selalu ingat kata sandi dari micloud karena jika sampai lupa dan email atau nomor teleponnya tidak ada untuk pemulihan maka tidak akan bisa di buka kecuali meminta kepada pihak Xiaomi sebagai produsennya.
Kedy Reading, Writing, Coding, Playing Games !!!