Langkah Menghadapi Jalanan Becek Menggunakan Sepeda Motor

Tempat saya di Kalimantan jalan jalan ke kampung nya sama sekali tidak menyenangkan, karena memang jalan yg ada di perkampungan kalimantan kebanyakan memang adalah jalan warisan, warisan maksudnya jalan nya bukan lah di buat pemerintah pusat mau pun daerah namun jalan jalan yg menuju ke kampung dari kota murni jalan buatan perusahaan semata baik itu tambang batu bara, perusahaan kayu, atau perusahaan perkebunan.

Namanya juga jalan perusahaan jelas sudah muka jalannya sangat rusak dan kalau hujan anda harus bernyali besar melewati jalannya. Jika anda pernah menonton pertandingan motor cross nah sama seperti itu jalanan di tempat kami di sekitaran desa, jatuh dan bangun karena licin nya jalan tidak bisa anda hindari jika memang ada keperluan penting ke kota.

Saya sebenarnya bukan tinggal di kampung, namun ibu saya adalah orang asli dari kampung jujubaru namanya di provinsi kalimantan tengah, kabupaten barito utara. Jalanan menuju tempat kelahiran ibu saya sangat parah di saat hujan dan sialnya saya pernah pulang dari kampung ibu saya ketika habis hujan bukan main perjuangan menempuh 8 kilometer saja harus menempuh waktu satu jam lebih.

Tips Berkendara Melewati Jalanan Becek dan Licin

Dalam artikel ini saya mau ngasih tips buat kamu yg mungkin ingin ke sebuah tempat yg jalanan nya becek dan licin. Tips dari saya ini bisa mengurangi selip nya ban dengan tanah karena licin.

Lilit Rantai Motor/Kain/Akar Akaran Pada Velg Motor Anda

Jika ban sepeda motor yg anda kendarai tidak menggunakan ban rimba, maka saya sarankan anda melilit rantai atau kain pada ban luar anda dengan cara memutar mengelilingi velg motor anda. Saya tidak mempunyai gambarnya namun mudah saja kan di pahami karena hanya di lilitkan ban luar anda memutar bagian velg motor anda. Gunanya agar ban motor anda dapat mencengkram bagian tanah yg lemah dan licin agar mengurangi ban motor anda selip.

Lepas kan Spakbor Motor Anda

Melewati rintangan tanah becek kemungkinan spakbor depan anda di penuhi dengan tanah tidak bisa di hindari. Jika itu terjadi ban depan anda tidak bisa berputar dan membuat motor anda tidak bisa bergerak normal. Maka sebelum memasuki jalan yg becek jika motor anda memang bukan motor jenis motorcross maka ada baiknya melepaskan spakbor depan anda dari pada akhirnya nanti pecah jika tanah menumpuk terlalu banyak dan motor terus di paksa kan.

Gunakan Transmisi 1 atau 2

Karena jalanan licin maka anda berkendara dengan kecepatan yg rendah, oleh sebab itu gunakan transmisi rendah antara 1 atau 2 agar jalan nya stabil dalam melewati jalanan becek.

Gas datar

Kesalahan mereka yg baru baru bertemu dengan rintangan ini maka akan mengalami kendala motor mereka sering terjebak ke dalam sebuah kubangan dan akhirnya tidak bisa keluar. Ini karena dalam menarik gas mereka terlalu gahar dan tiba tiba, menghadapi jalanan becek jika menaikkan gas motor anda pelan saja dan jangan tergesa gesa karena nantinya ban anda bisa membuat kubangan dan anda tidak bisa keluar dari tempat tersebut.

Kurang lebihnya begitu lah cara saya ketika menghadapi jalanan yg becek dan semoga membantu anda bagi yg ingin pergi melewati jalanan berlumpur dan licin.