Mengenal Komponen Dari Bulldozer dan Fungsi Nya.

Halo saudara ku semuanya dimana pun anda berada, kali ini mau bahas alat berat Bulldozer lagi setelah kemarin saya sudah posting "Macam - macam jenis bucket pada excavator". Pada kesempatan yang ada ini saudara saya mau berbagi mengenai Komponen dan Fungsi dari Bulldozer, walau saya bukan seorang ahli namun sedikit sedikit adalah pengetahuan saya mengenai beberapa komponen pada Bulldozer, berkat saya bekerja jadi staff di workshop.

Dari pada saudara ku lama menunggu, maka berikut ini saya kasih penampakan fotonya dulu sebelum di jelaskan satu per satu apa fungsi dari komponen - komponen yang ada tersebut.

Mengenal fungsi dari komponen komponen Bulldozer
Source gambar: "CONEQUIP PARTS & EQUIEPMENT LLC"

  • Cab (kabin)
Kabin tentu saja menjadi tempat teraman untuk operator mengoperasikan unitnya, di dalam kabin ada fasilitas seperti AC agar operator bisa menutup rapat pintu nya agar debu tidak masuk.
  • Lift cyclinder
Lift cyclinder berfungsi sebagai pengangkat blade depan dari bulldozer, ini bekerja dengan hydraulic tentunya.
  • Top carrier roller & Bottom roller
Kegunaan nya adalah untuk memuluskan perputaran rantai track, bayangkan saja jika Top carrier roller dan bottom roller tidak ada maka Bulldozer akan kesusahan dalam berjalan.
  • Track Chain & Track Pad
Track chain adalah rantai yang menyalurkan tenaga dari mesin untuk berputar dan di atas Track chain ada lubang baut untuk memasangkan Track pad. Track pad berfungsi layaknya sebagai ban yang langsung berhubungan dengan tanah ketika berjalan.
  • Final Drive & Sprocket
Final drive adalah sebagai pengerak akhir untuk mereduksi putaran dan meningkatkan torsi unit. final drive dipasang kan sprocket untuk menyalurkan tenaga nya langsung ke track chain.
  • Front Idler
Front idler adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai peredam kejut yang timbul ketika kamu berjalan menggunakan track. Tahu sendirikan bahwa track adalah besi jadi kalau jalan pasti kasar, beda sama mobil yang menggunakan Ban karet.
  • Blade
Blade itu adalah pisaunya, atau yang kita lihat seperti sekop di depannya itu. Fungsinya tentu saja untuk mendorong material material yang ingin di hancurkan (di garap)

Bagaimana cukup jelas bukan penjelasannya, jika masih belum jelas monggo ketikan pertanyaan di kolom komentar, jangan sungkan sungkan.