Cara Agar Cepat Dapat Kerja Untuk Fresh Graduate

Benar kata orang hidup sesungguh nya adalah ketika kamu baru lulus dari pendidikan mu, karena jaman sekarang manusia semakin banyak dan tentu saja satu lowongan yang melamar bisa puluhan orang. Fresh graduate adalah istilah untuk orang yang baru menyelesaikan pendidikan nya entah baru lulus SLTA atau Perguruan tinggi, menjadi fresh graduate tidak mudah selalu kalah dengan yang berpengalaman lihat saja di situs lowongan kerja kebanyakan di utamakan yang ada pengalaman 1 tahun lebih di bidang nya, sebagai fresh graduate tentu kita kalah di atas kertas karena kita tidak bisa menampilkan surat pengalaman kita walau sebenarnya kamu bisa melakukan pekerjaan tersebut.

Tetapi tenang saya akan memberikan beberapa tips untuk kamu fresh graduate yang sedang galau mencari pekerjaan. Saya dulu juga pernah mengalami nya 1 tahun setengah saya bekerja serabutan karena tidak dapat bekerja di perusahaan atau pemerintahan, jadi saya tahu persis bagaimana perasaan kamu.

Tips sukses melamar pekerjaan untuk fresh graduate

Di bawah ini saya mempunyai 5 tips penting untuk meningkat kan kesempatan kamu di terima bekerja terutama bagi kamu yang belum berpengalaman atau fresh graduate:

tips melamar pekerjaan bagi fresh graduate

Aktif mencari lowongan pekerjaan

Selalu ingat kata orang "Berdoa tanpa usaha adalah Nol" begitu juga dalam mencari lowongan pekerjaan, kamu tidak bisa hanya berdiam diri dan menunggu pekerjaan yang menghampiri kamu di rumah, kamu harus aktif mencari info lowongan pekerjaan baik itu offline atau online dan utamakan kamu mencari lowongan pekerjaan untuk fresh graduate. Ketika kamu sudah mendapatkan info lowongan pekerjaan kamu jangan menunggu besok saja saya kirim CV, itu adalah salah besar siapa cepat dia dapat ingat ! ketika kamu mendapatkan info lowongan pekerjaan kamu langsung lamar saja, karena di luar sana ada banyak saingan kamu.

Perbanyak teman yang sudah bekerja

Pernah kah kamu melihat seorang karyawan yang baru saja berhenti dari perusahaan A lalu tidak lama dia pergi bekerja ke perusahaan B ? saya rasa pasti kamu pernah melihat nya, apa rahasia nya ?
Jika kamu ingin tahu rahasia nya adalah karena dia memiliki banyak teman yang bekerja jadi saat dia menganggur dia langsung bertanya kepada teman nya apakah ada lowongan pekerjaan atau tidak karena kebetulan teman nya mengetahui ada lowongan pekerjaan di tempat dia bekerja maka langsung di beritahu kan nya lah kepada kawan nya yang baru saja menganggur di rumah. Dari pengalaman yang saya dapat biasanya ketika ada lowongan yang kosong di suatu perusahaan maka karyawan di perusahaan tersebut mendapatkan informasi nya terlebih dahulu, jadi sebelum informasi lowongan tersebut bocor ke umum, karyawan yang mengetahui info lowongan ini tadi langsung memberitahukan kerabat nya yang belum bekerja.

Ikut kursus pelatihan tenaga kerja

Saya sudah kuliah dan sudah pernah magang, buat apa ikut acara seperti itu ? begitu lah reaksi teman saya yang saya tawarkan ikut pelatihan tenaga kerja yang waktu itu di laksana kan pemerintah daerah satu tahun sekali. Sebenarnya ikut kursus seperti ini selain untuk menambah pengalaman dan mendapatkan sertifikat, keuntungan lain nya adalah kita biasa nya di taruh magang ke sebuah perusahaan. Nah nanti nya ketika kita magang disana kita bisa lebih leluasa mencari lowongan pekerjaan disana karena kita masuk ke dalam nya walau hanya sebagai orang yang magang, di situ kamu bisa juga tunjukkan pekerjaan kamu sebaik mungkin jadi saat kamu berhenti magang kamu bisa langsung melamar ke perusahaan tempat kamu magang tersebut.

Tulis CV dan lampirkan semua sertifikat yang kamu miliki

Kamu boleh tidak mempunyai surat pengalaman pekerjaan namun kamu bisa lampirkan semua sertifikat yang kamu miliki karena itu hampir sama saja dengan surat pengalaman hanya saja mungkin jam terbang nya yang berbeda. Dan untuk menulis CV yang baik ada banyak contohnya di internet, saya dahulu menulis CV yang saya dapat dari internet juga.

Tetap tenang saat melakukan interview

Isi dari sesi interview biasanya berbeda beda, jadi saya tidak bisa membocorkan bagaimana cara menjawab pertanyaan dari HRD yang melakukan interview. Saat interview kamu hanya perlu jujur dan berusaha menyakin kan orang yang melakukan interview tersebut kalau kamu sebenarnya mampu melaksanakan tugas yang nanti nya menjadi bagian mu kalau sudah bekerja, tetap tenang tarik napas yang dalam sebelum sesi interview dapat membantu kamu tetap fokus dan tenang.

Sekiranya itu lah beberapa point penting agar kamu bisa sukses dalam melamar pekerjaan, semoga dapat membantu kamu menemukan pekerjaan impian kamu dan perlu di ingat jika kamu sudah bekerja ada masalah lagi biasanya yang akan kamu hadapi yaitu tekanan pekerjaan, jadi nikmati saja dulu perjuangan kamu melamar pekerjaan karena sesungguh nya mempertahan kan pekerjaan lebih sulit dari pada melamar.
Kedy Reading makes you know, acting makes you do.