Tips Ketika Kangen Rumah Di Perantauan Melanda

tips ketika kangen rumahKangen rumah mungkin terdengar sepele kedengaran nya, namun coba saja kamu merantau dan rasakan bagaimana rasa tersiksa nya ketika kangen rumah melanda. Kangen rumah kalau dalam bahasa inggris nya adalah “Homesickness” adalah keadaan yang cukup menyiksa untuk para perantauan entah mereka yang merantau untuk menimba ilmu atau untuk bekerja.

Kangen rumah akan sangat terasa menyiksa batin kamu ketika kamu baru pindah ke tempat yang baru, disana kamu akan merasakan gejolak di dalam jiwa yang berkecamuh di antara nya seperti tidak fokus dalam beraktifitas, nafsu makan berkurang, sulit untuk tidur dan untuk gejala kangen rumah di fisik seperti perut terasa mules dan kepala terasa sakit. Mungkin kamu tidak akan percaya dengan semua itu namun kenyataan nya seperti itu terlebih lagi jika kamu tidak pernah jauh dari rumah.


Tips yang bisa kamu lakukan ketika kangen rumah

Perlu di ketahui kangen rumah adalah hal yang sangat wajar dan semua orang normal akan mengalami nya terlebih jika kamu jarang pergi jauh dalam waktu lama dari rumah kamu. Kangen itu adalah masa transisi dimana kamu harus membiasakan diri kamu di lingkungan yang sebenarnya diri kamu belum akrab dengan lingkungan tersebut oleh sebab itu kamu merasakan kangen rumah. Orang orang yang sedang di landa kangen rumah biasanya akan merindukan hal hal yang ada di rumah, walau pun di rumah dia hidup dalam kekurangan maka dia tetap ingin ke situasi tersebut padahal di tempat baru dia mendapatkan yang lebih baik. Namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips berikut ini yang sekira nya bisa meringan kan masa transisi kamu.

Tanamkan subjek ke dalam pikiran kamu

Mungkin terdengar sangat mudah di lakukan namun sebenarnya kamu perlu berkonsentrasi dan membiasakan menanam subjek ke dalam pikiran kamu. Misalkan ketika kamu sedang di landa kerinduan akan rumah kamu tarik napas dalam dalam dan hembuskan, lalu kamu ucapkan “tenang ini hanya sementara, semua nya disini normal dan baik sama seperti di rumah nanti saya akan terbiasa” tanamkan bahwa di tempat baru kamu itu adalah tempat yang normal sama seperti di rumah mu juga, kamu hanya perlu pembiasaan. Ketika subjek telah tertanam maka otak kamu akan merespon dan akan terbiasa dengan lingkungan baru kamu.

Buat kesibukan kamu

Kangen rumah biasanya terjadi di pagi hari ketika kamu baru bangun dari tidur kamu dan ketika kamu sedang ingin tidur. Nah semuanya begitu karena memang di saat otak kita tidak berfokus ke dalam suatu hal maka otak kita mencoba memikirkan tentang rumah, oleh sebab itu ketika kamu sedang tidak sekolah atau bekerja maka cobalah bersosialisasi dengan orang orang sekitar, selain untuk membuyar kan perasaan kangen rumah juga untuk membuat diri kita terbiasa dengan orang orang baru dan membangun persahabatan dengan orang orang di lingkungan baru kamu.

Jangan suka bernostalgia

Mungkin kamu pernah membanding banding antara rumah kamu dengan tempat baru kamu, misalkan nasi goreng ini tidak enak sama sekali, nasi goreng buatan ibu ku di rumah sangat enak. Nah ketika kamu mengingat kan akan rumah maka otak kamu biasanya akan kembali memutar kembali memori tentang rumah yang membuat kamu kembali kangen akan rumah lagi. Jadi jauhi dulu bernostalgia akan rumah terlebih jika kamu baru saja pindah ke tempat baru karena itu bisa memperburuk keadaan.

Jangan terlalu banyak berkomunikasi dengan orang rumah

Teknologi jaman sekarang sudah sangat canggih, jika dulu jaman kakek nenek saya masih main surat suratan jaman sekarang sudah bisa video call. Namun di balik kemudahan kita untuk tetap terhubung dengan orang rumah itu sebenarnya membuat kita semakin sulit dalam menghadapi rasa kangen akan rumah, karena ketika kita berhubungan dengan orang rumah maka dalam pikiran kita adalah rumah. Mungkin kita akan rindu ketika sedang makan bersama, bercanda gurau bersama, dan lain lain semuanya mengenai rumah. Dari pada keseringan berkomunikasi dengan orang rumah lebih baik kamu berkeliling di tempat baru kamu untuk mengenal lebih jauh tempat baru kamu, karena semakin kamu mengenal tempat baru kamu maka kamu akan menyukainya secara perlahan lahan.

Jadi itu lah beberapa tips yang bisa saya kasih buat kamu semuanya, karena memang semua nya butuh proses dan tergantung seberapa kuat nya kamu  untuk menghadapi proses nya itu lah hasil yang bisa kamu capai nantinya.
Kedy Reading makes you know, acting makes you do.