Perbedaan Antara Dinamo dan Generator

Selamat malam kawan ku semuanya dimana pun kamu berada, pada malam ini saya akan membahas mengenai perbedaan antara Dinamo dan Generator, karena jujur saja adik - adik kita yang masih sekolah sering kali tidak bisa membedakan antara dinamo dan juga generator, jangan kan adik adik yang masih sekolah yang sudah dewasa pun sebagian nya ada yang belum mengerti betul mengenai perbedaan dua benda ini karena sekilas beda namun fungsinya sama sekali berbeda.

Apa itu Dinamo dan Generator.

Dinamo dan Generator mempunyai fisik yang hampir sama saja dari luar, di dalam keduanya juga sama ada magnet, kumparan kawat tembaga, inti besi dan lainnya. Pada dinamo kawat tembaga akan diberikan arus listrik, sedangkan pada generator kawat tembaga akan menciptakan listrik ketika ada pergerakan dari magnet.

Cara Kerja Dinamo Motor

Dinamo pada umumnya adalah untuk merubah energy listrik menjadi energi mekanik (gerak) karena itu jika suatu kumparan (gulungan kawat tembaga) di berikan arus di kedua sisi ujung nya dan di letakkan di antara magnet maka kumparan tersebut akan bergerak. Nah itulah yang di sebut dengan Dinamo Motor yang biasa kita temukan di kipas angin, pompa air, blender, dan lainnya.

cara kerja dinamo

Cara Kerja Generator

Generator di buat untuk tujuan meruba energy mekanik (gerak) menjadi energy listrik, prinsip dasarnya adalah ketika sebuah kumparan kawat email dan di tengah nya di lalui oleh medan magnet maka kumparan tersebut akan menghasilkan arus.
pengertian dari generator

Saya rasa cukup sampai disini perjumpaan kita mengenai perbedaan antara Dinamo dan juga generator. Bagi kamu yang ingin belajar membuat Dinamo atau Generator sederhana di rumah, saya sudah sediakan dua buah video dari youtube seseorang yang saya rasa sangat detail cara membuatnya. Cara membuat dinamo motor dan cara membuat generator .
Kedy Reading makes you know, acting makes you do.