Cara Menyadap Karet Yang Benar Agar Hasil Memuaskan

Dalam dunia perkebunan karet tempat saya Kalimantan adalah salah satu penghasil karet yang besar, namun sangat di sayang kan dalam mengambil getah karet (menyadap) masyarakat pekebunan banyak yang belum memahami dengan benar cara menyadap karet yang benar dan walau pun kebun nya di rawat dengan benar namun jika cara menyadap nya salah maka akan berakibat kurang nya penghasilan.

Cara menyadap karet yang benar

Dalam melakukan penyadapan karet faktor waktu dan cara menyadap adalah salah satu penentu banyak atau tidaknya getah yang di hasilkan, oleh sebab itu mari kita akan membahas bagaimana cara yang baik dan benar dalam melakukan penyadapan pohon karet.
  • Waktu untuk menyadap karet.
Menjadi seorang pekebun karet kamu harus tahu kapan jumlah lateks berlimpah dan tidaknya, karena tidak sembarang jam karet di hasil kan pohon karet berlimpah. Waktu ideal dalam menyadap karet adalah kisaran jam 05.00 pagi sampai jam 7.30 pagi, selepas itu karet yang di hasilkan tidak lah maksimal.
  • Kemiringan bidang sadap.
Dalam membuat bidang sadap untuk pohon karet yang masih baru sebaiknya buat lah bidang sadap dengan kemiringan 30-40 derajat, jika melebihi itu tidak akan baik dan juga tidak efesien untuk di sadap kemudian hari.
cara menyadap karet yang baik dan benar
  •  Cara melukai batang karet yang benar.
Seperti kata kamu membunuh ayam jika kamu lukai di kakinya maka darah yang keluar akan sedikit, tapi sebaliknya jika kamu lukai di lehernya maka darah akan mengucur. Begitu lah sekira ilustrasi dalam cara kamu menyadap karet, caranya yang benar adalah menyadap dari arah bawah ke atas dan jangan menyadap dari atas ke bawah karena pori pori akan tertutup jika di lukai dari atas.

Jadi begitulah sedikit ilmu dari saya untuk kita sebagai pekebun karet bisa memaksimalkan hasil getah kita. Jangan lupa baca juga cara menghilang kan bau getah karet di tangan.
Kedy Reading makes you know, acting makes you do.