5 Cara Mencari Ide Menulis Blog Ketika Sudah Mentok

Siapa bilang menjadi seorang penulis blog itu mudah, kadang ada pasang dan surutnya ide kita dalam menulis, terutama bagi seorang blogger yang konsisten membuat blog menggunakan niche (topik) tertentu.

Kadang di awal kita membuat blog, kita berpikir bahwa blog dengan niche berikut ini tidak akan habis bahan pembahasan nya, akan tetapi ternyata kita salah besar ternyata pada saat blog kita sudah mempunyai pengunjung tetap kita kehabisan bahan tulisan sesuai niche kita. Itu bukan hanya di rasakan blogger pemula sebenarnya namun semua blogger pun pernah mengalami.

5 Cara Mendapatkan Ide Menulis Blog

Saya telah mengumpulkan beberapa tips dari situs luar negeri dan dalam negeri, maka saya putuskan 5 cara ini sangat bagus untuk mendapatkan ide menulis di saat pikiran kita sudah mulai mentok.

1. Suka membaca Buku atau Ebook

Membaca buku atau pun ebook sama saja karena ebook itu kepanjangan dari Elektronik Book, membaca memang menyenangkan bagi sebagian orang, malah ada yang tidak bisa pisah dengan buku kesayangan nya. Tetapi bagi sebagian orang membaca malah sesuatu yang membosankan dan membuang waktu saja.

Sebagai penulis kamu tentu saja harus rajin membaca, ada banyak buku yang bisa kamu download secara gratis, salah satunya adalah menggunakan aplikasi iPusnas atai iJogja yang telah saya share kemarin.

Dengan kamu rajin membaca maka kamu bisa mendapatkan inspirasi apa saja yang kamu tulis, jika blog kamu membahas kesehatan maka baca lah buku tentang kesehatan maka bisa menambah wawasan kamu yang bisa kamu tuangkan dalam tulisan dengan gaya bicaranya kamu.

2. Mencari ide menulis dari situs "Quora"

Situs Quora adalah sebuah situs tanya jawab yang cukup terkenal, ada banyak user disana dan pertanyaan pun akan selalu tersedia disana. Saya menggunakan situs Quora untuk mencari ide menulis yaitu dengan cara melihat pertanyaan yang di ajukan oleh user disana dan itu berhasil saya sama sekali tidak pernah kehabisan ide dalam menulis ketika mendaftar sebagai anggota Quora.

Bagaimana cara mendapatkan ide menulis dari situs Quora itu mudah, pertama kamu kunjungi situs nya Quora.com dan daftar menggunakan akun Google atau Facebook kamu. Di saat mendaftar kamu akan di suruh memilih 9 topik yang kamu sukai, maka kamu tinggal pilih topik apa saja yang kamu suka sesuai dengan niche blog nya kamu.

Jika sudah memilih sembilan topik yang di pilih maka kamu langsung masuk ke beranda nya, kalau kamu mau mencari pertanyaan dari orang lain kamu bila klik menu di situs Quora yaitu menu "Jawab".

Cara mudah mencari ide menulis

Dengan membaca pertanyaan di situs Quora tentu saja kamu sudah bisa bukan memikirkan apa saja ide tulisan yang kamu bahas.

3. Mencari ide menulis dari komentar para pembaca situs kamu

Hampir sama cara kerjanya dengan mencari bahan tulisan di situs Quora, kamu juga bisa mencari ide menulis dari pembaca blog kamu sendiri. Biasanya para pengunjung akan melontarkan bagaimana cara ini dan cara itu lah, itu bisa jadi rejeki kamu karena kamu bisa menulis dari pertanyaan yang mereka ajukan.
Tips mudah mencari ide menulis

4. Mencari ide menulis dari komentar pembaca blog orang lain

Jika sebelumnya kita mencari ide menulis dengan cara membaca komentar blog kita sendiri. Kali ini kita akan mencari sebuah blog yang sama niche nya dengan Anda dan tentu saja pastikan bahwa blog orang tersebut cukup terkenal dapat di lihat pertanyaan di setiap postingannya ada banyak.

Cara kamu mendapatkan ide menulis yang keempat ini mudah kamu hanya cukup mencari komentar yang bersifat bertanya di situs orang lain tersebut.

Mencari ide menulis dari blog orang

5. Mencari ide menulis dari group di Facebook

Facebook adalah sebuah sosial media yang masih banyak umatnya di Indonesia, ada banyak pula group atau halaman yang ada di Facebook sesuai dengan apa niche kamu. Jika kamu menyukai otomotif maka bergabung dengan group otomotif.

Biasanya di dalam sebuah Group sering muncul pertanyaan - pertanyaan dari pada membernya, nah kamu bisa mengembangkan pertanyaan mereka menjadi sebuah postingan untuk situs kamu.

Lima cara di atas lah yang biasa gunakan untuk mencari postingan di situs saya yang satunya www.intiapp.xyz dan semoga bisa membantu kamu yang sedang mengalami kebinggungan membuat postingan hari ini.
Kedy Reading makes you know, acting makes you do.