Cara Membuat Batako Yang Bagus

Sehabis bekerja pada perusahaan batu bara kemarin, saya kembali menjadi buruh bangunan untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari. Karena kebetulan saya ada proyek membuat batako, maka saya kepikiran ini memberikan panduan cara membuat batako yang bagus.

Kriteria batako yang bagus adalah kuat tidak dan tidak mengeropos semen nya, karena kalau batako nya di buat sembarangan maka ketika di pasang di rumah dan rumah tersebut tidak di plester maka akan banyak pasir yang jatuh dari batako tersebut. Batako yang bagus juga mempunyai bagian atas yang rata dan bagian bawah yang rata tidak tinggi - rendah.

Alat dan Bahan Membuat Batako

  • Cangkul, sebagai alat untuk mengaduk semen.
  • Sekop, sebagai alat untuk menuang adonan batako ke dalam cetakan dan juga bisa digunakan untuk mengaduk semen.
  • Kayu keras, sebagai alas untuk menghentakan cetakan batako pada nantinya.
  • Cetakan batako, untuk membuat batako ada cetakan khususnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan kriteria batako jenis apa yang kamu mau.
  • Pasir kasar, untuk bahan pasirnya usahakan pasir yang agak kasar dan bercampur dengan sedikit koral. Jenis pasir halus tidak bagus di jadikan batako karena menurut pengalaman saya, batako menjadi cepat hancur.
  • Semen merk terserah, untuk di ketahui satu karung semen umumnya bisa menghasilkan batako 65 - 70 buah kalau di tempat saya.
  • Gerobak sorong, kalau kamu belum pernah membuat batako sama sekali, saya menyarankan agar menggunakan gerobak sorong sebagai tempat menakar banyaknya pasir pada nantinya.
  • Air bersih
Itu di atas semua alat dan bahan yang akan kamu perlukan saat membuat batako, kalau kamu belum biasa membuat batako sebaiknya untuk opsi gerobak sorong kamu sediakan.

Takaran dan Cara Membuat Batako

Pertama - tama kamu angkut terlebih dahulu pasir sebanyak 6 ret gerobak sorong, takaran membuat batako umumnya untuk mendapatkan kualitas yang bagus adalah 6 ret pasir gerobak sorong dengan satu sak semen 50 Kilo. Tetapi kalau saya sudah biasa membuat takaran pasir untuk batako, saya tidak menggunakan gerobak sorong lagi menjadi takaran.

Membuat batako dengan mudah

Kedua, pasir yang sudah di takar tadi langsung kamu campurkan dengan semen di aduk biasa namun jangan di campurkan air dahulu.

Ketiga, pasir dan juga semen sudah tercampur, kamu buat lubang di bagian tengah untuk memasukan air. Masukan air ke dalam lubang yang kamu buat tadi sampai penuh dan kemudian kamu diamkan sampai air tersebut menyerap ke dalam pasir.

Takaran membuat batako

Keempat, jika air sudah semua menyerap kedalam pasir maka selanjutnya kamu percik dengan air pinggiran pasir tadi baru setelah itu kamu mulai mengaduk semen kembali agar air tercampur dengan rata. Sebagai acuan sudah pas atau tidak air adonan semen untuk membuat batako, bisa kamu lakukan pengcheckan dengan cara mengambil adonan dan kepal adonan tersebut menggunakan tangan, apa bila adonan tersebut bisa mengepal dan tidak hancur maka adonan kamu sudah siap di cetak.

Adonan batako yang kebanyakan air membuat nya tidak bisa di cetak dengan sempurna dan jika airnya kurang maka batako kamu akan sering pecah saat kamu meletakkan batako di tanah.

Kelima, basahi cetakan batako kamu sebelum di gunakan dan ketika sudah basah langsung saja kamu taruh cetakan tersebut di atas alas kayu yang sudah kamu buat. Masukan adonan batako tadi ke dalam batako sampai penuh, baru setelah itu kamu hentakan cetakan batako tersebut satu kali gunanya agar adonan tadi padat. Kemudian kamu masukan lagi adonan ke dalam cetakan batako baru kamu pukul menggunakan sekop dan ratakan atas nya menggunakan sekop.

Keenam, adonan yang sudah ada di dalam cetakan batako tadi bisa kamu keluarkan di tempat yang rata dan tidak bergelombang, gunanya agar batako yang di hasilkan nanti rata dan juga agar batako tersebut tidak pecah oleh sebab itu di letakkan di tempat yang rata.

Ketujuh, batako yang sudah kamu cetak tadi hendaknya kamu buat pelindung dari hujan dan juga dari binatang agar tidak rusak. Batako akan siap di pindahkan jika kurang lebih sudah 24 jam.

Itu lah cara membuat batako yang baik dan benar, selalu ingat bahwa takaran satu karung semen 50 Kg adalah 6 gerobak sorong pasir. Untuk air dalam membuat batako juga perlu di ingat.
Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel