Belajar Cara Membuat Magnet

Saya lupa kapan pelajaran mengenai magnet ini waktu sekolah di bicarakan di dalam mata pelajaran Sains. Namun saya tidak lupa cara membuat magnet baik dengan cara di gosok besi dengan magnet atau di berikan aliran listrik DC.

Cara Membuat Magnet Dengan Cara Di Gosok

Ini adalah cara termudah untuk membuat Magnet untuk kamu, kamu hanya perlu menyiapkan satu buah magnet dan satu buah besi atau baja. Di dalam prakteknya ini kita ingin membuat sebuah besi atau baja memiliki kemampuan menarik benda logam seperti layaknya magnet.

Cara membuat magnet dengan di gosok sangan mudah, gosokan magnet pada besi atau baja yang kamu inginkan memiliki kemampuan seperti magnet juga. Setelah mengosok magnet pada besi selama kurang lebih 2 menit, coba kamu tempelkan benda logam pada besi atau baja yang telah kamu gosok dengan magnet tadi.

Tentu saja cara ini sangat mudah di lakukan, pada prakteknya para teknisi alat elektronik sering mengosok ujung obeng mereka ke magnet, agar baut yang kecil bisa menempel pada obeng mereka. Kekurangan dari cara ini adalah kemagnetan dari besi yang di gosok tidak akan bisa bertahan lama.

Membuat magnet dengan di gosok

Cara Membuat Magnet Dengan Mengaliri Besi Dengan Listrik

Electromagnet itulah istilah ilmiahnya mengenai cara ini, kamu bahkan bisa membuat magnet untuk mengangkat logam yang berton - ton beratnya. Namun dalam praktek ini kita hanya akan membuat electromagnet kecil tentunya. Listrik yang kita gunakan untuk membangun electromagnet adalah arus listrik DC, jadi jangan sesekali kamu gunakan listrik dari PLN nanti malah gosong kebakar.

Bahan Membuat Electromagnet

Sebelum praktek kamu harus menyiapkan beberapa barang yang di perlukan dalam pembuatan electromagnet, yaitu.
  • Sediakan dua buah baterai ABC paling besar.
  • Paku atau baut yang akan menjadi batang magnet nya nanti.
  • Kawat tembaga sepanjang 20 CM.
  • Klip kertas atau logam yang berukuran kecil.
Langkah pembuatan electromagnet sangat mudah, pertama kamu lilitkan kawat tembaga sepanjang paku atau baut yang ada, namun sisakan sedikit untaian kawat tembaga pada kedua ujung agar nanti bisa di pasangkan baterai.

Membuat elektromagnet sederhana



Lilitan kawat tembaga kamu sudah benar seperti gambar di atas, kamu hanya perlu menyambungkan kedua baterai pada yang ada. Coba letakan logam yang sudah di siapkan pada paku atau baut yang kamu lilit kawat tadi, coba lihat bagaimana logam - logam itu bisa menempel pada paku tersebut.

Kamu ingin paku tersebut bisa mengangkat lebih banyak logam ? tentu sangat mudah kamu hanya perlu menambah banyak baterai nya lagi, karena prinsipnya semakin besar arus yang kamu aliri pada paku atau baut tersebut maka kemagnetan nya akan semakin kuat.

Dalam kehidupan sehari - hari elektromagnet di gunakan untuk mengangkat barang - barang yang terbuat dari logam.

Elektromagnet dalam kehidupan sehari - hari

Demikian lah dua cara yang bisa kamu praktekkan untuk membuat magnet secara sederhana dan bisa kamu praktekkan.
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel