Cara Mengatasi Baterai Kembung

Baterai kembung bisa terjadi pada smartphone kesayangan kamu atau pada Laptop kesayangan kamu juga bisa terjadi. Oleh itu cara mengatasi dan penanganan baterai yang sudah terlanjur kebung harus kita tahu.

mengatasi baterai kembung

Cara Menangani Baterai Kembung

Baterai yang sudah terlanjur membesar atau kembung tidak akan bisa kamu paksa lagi, karena berbahaya bisa meledak kalau terus kamu gunakan atau kamu isi dayanya. Berikut tips untuk kamu menangani jika baterai kamu terlanjur membesar.

Jangan Isi Daya Baterai

Banyak yang berpikir bahwa baterai kembung masih bisa digunakan, sebenarnya memang baterai kembung masih dapat menyimpan daya tapi itu sangat sedikit dan tidak bisa bertahan lama menyimpan daya untuk kebutuhan smarphone atau laptop kamu. Baterai yang kembung juga berbahaya karena dapat meledak jika di isi dayanya dan menyebabkan panas, tentu kamu tidak ingin menambah biaya perbaikan smartphone atau laptop kamu jika baterai tersebut meledak dan menghancurkan komponen unit kamu.

Lepaskan Baterai Kembung Dari Smartphone Atau Laptop

Baterai kembung biasanya terjadi karena elemen di dalam baterai sudah mengalami kebocoran dan untuk itu tidak baik membiarkan baterai masih melekat pada perangkat kamu, sebaiknya lepaskan saja dari pada baterai kembung tersebut bocor dan mengenai komponen utama smartphone atau laptop kamu, menambah biaya perbaikan lagi.

Ganti Baterai Baru

Walau bagaimana pun menggunakan baterai kembung tidak dapat di perbaiki kembali, jadi solusi tentu mencari baterai baru untuk smartphone atau laptop kamu yang baterainya kembung. Dari pada membahayakan jika terus di biarkan, apa lagi di pakai.

Cara Mengatasi Agar Baterai Tidak Kembung

Kamu sudah tahu bahwa jika sampai baterai kembung maka tidak ada pilihan lain lagi, selain mengganti dengan baterai yang baru. Oleh sebab itu penting untuk kamu mengetahui cara agar mencegah baterai kamu kembung di lain kesempatan.

Hindari Dari Panas Berlebih

Jika baterai kamu tipe baterai Lithium-ion maka sebaiknya kamu menghindari smartphone atau laptop kamu dari panas berlebih, hindari perangkat kamu terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, hindari meninggalkan perangkat kamu di dalam mobil yang sedang di parkir karena tentu saja temperature di dalam kabin mobil biasanya panas ketika di parkir di siang hari.

Terpapar panas yang berlebih membuat baterai kamu bisa cepat kembung dan tentu saja kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, jadi selalu usahakan hindari sinar matahari langsung dan di saat melakukan pengecasan jangan terlalu lama.

Gunakan Pengisi Daya Original

Pengisi daya smartphone atau laptop hendak lah kamu selalu menggunakan yang asli atau paling tidak yang sesuai dengan spesifikasi pengisi daya kamu yang asli. Alasannya pengisi daya atau charger yang tidak asli sering kali teganggannya bisa terlalu tinggi atau terlalu rendah, ini bisa membuat baterai kamu menjadi kembung bahkan yang terparah jika terlalu tinggi bisa membuat konslet isi dari perangkat kamu.

Jangan Selalu Mengisi Daya

Ada kebiasan orang yang tidak bisa melihat daya baterainya rendah sedikit langsung ingin melakukan pengisian baterai, sebaiknya baterai di isi ketika memang isi dari baterai tersebut memang ingin habis. Membiarkan pengisian terlalu lama atau sering melakukan pengisian baterai itu tidak baik, selain bisa membuat baterai kembung dan tentu baterai kamu menjadi cepat lowbat.

Itu lah beberapa saran untuk menangani dan mengatasi agar baterai kamu tidak kembung dan jangan sesekali mengakali baterai kembung dengan cara di tusuk atau dimasukan ke dalam kulkas, karena pada intinya baterai kembung seperti aki yang sudah runtuh tinggal di buang saja. Semoga tips ini bisa bermanfaat buat kamu.



Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel