10 Tips Mengatasi Kemalasan Dalam Belajar

Kemalasan dalam belajar memang saya akui sangat sering terjadi di saat masih bersekolah dulu, namun untung saja saya dapat berhasil melawan kemalasan dalam diri saya hingga saya sampai saat ini bisa bekerja dengan ijazah yang saya punya.

Bagi sahabat yang Pelajar atau Mahasiswa kali ini kita akan membahas bagaimana cara melawan rasa malas dalam diri kita ketika ingin belajar. Agar sahabat semua bisa mewujudkan cita - cita dan mendapatkan nilai terbaik.

Mengatasi malas dalam belajar


10 Cara Mengatasi Kemalasan Dalam Belajar

Saya telah mengumpulkan 10 tips untuk sahabat semua bisa mengatasi kemalasan dalam diri sahabat, mari kita simak apa saja tips tersebut.

1. Temukan Motivasi

Kurang motivasi membuat kemalasan di diri kita menjadi merajai kita, sehingga jangan belajar memikirkan mengenai pelajaran pun kita bisa malas. Oleh sebab itu kamu harus membuat motivasi dalam diri kamu dan selalu ingat motivasi tersebut di saat kamu merasa malas.

Motivasi belajar bisa seperti saya harus belajar biar saya dapat lulus dengan nilai terbaik atau saya harus belajar agar saya bisa seperti dia mengikuti olimpiade bisa ke luar negeri. Pokoknya kamu bisa atur sedemikian rupa apa manfaat belajar bagi kamu.

2. Pikirkan Akibat Jika Malas Belajar

Jika motivasi saja tidak cukup untuk membuat kamu semangat dalam belajar, maka pikirkan lagi mengenai apa dampak jika kamu tidak belajar dengan sungguh - sungguh. Entah kamu tidak lulus atau apa pun itu yang berakibat buruk jika kamu malas.

3. Belajar Di Tempat Yang Nyaman

Tempat belajar yang tidak nyaman bisa membuat kamu malas dalam belajar, oleh sebab itu coba kamu cari tempat yang nyaman dan aman dari gangguan orang lain agar kamu bisa fokus dalam belajar.

4. Buat Jadwal Belajar

Mengatur jadwal belajar bisa agar kamu bisa disiplin dan melawan kemalasan dalam diri kamu. Tulis lah jadwal kamu belajar di dinding atau di dalam smartphone kamu, hari ini saya akan belajar apa dan jam berapa yang cocok harus kamu tulis.

Percaya lah jadi orang yang mempunyai jadwal itu bagus, jika kamu masuk ke dalam dunia kerja akan ada banyak jadwal yang harus kamu buat maka oleh sebab itu di mulai lah dari kecil dengan membuat jadwal belajar.

5. Selesaikan Tugas Yang Mudah

Terkadang kemalasan datang karena diri kita menyerah duluan sebelum melakukannya, mental kita menjadi lemas dan menyerah ketika di beri tugas yang sulit oleh Guru. Sebab itu kamu bisa mencicil tugas di mulai dari yang mudah baru ke yang sulit, agar diri kamu tidak malas dalam belajar nya.

6. Buat Daftar Tugas Yang Perlu Di Kerjakan Cepat

Ada saat kamu mempunyai banyak tugas yang harus kamu selesaikan dalam waktu tertentu. Agar kamu tidak malas mengerjakannya maka kamu bisa buat daftar tugas yang memisahkan antara mata pelajaran mana yang harus di kerjakan cepat dan mana mata pelajaran yang bisa di kerjakan perlahan. Membuat daftar tugas gunanya agar kamu tidak bingung harus memulai dari mana, kalau ada daftar tugas kamu langsung tahu mana yang perlu cepat dan tidak.

7. Hindari Gangguan Dalam Belajar

Smartphone atau Televisi bisa membuat kamu tidak fokus dalam belajar, walau saya tahu belajar menggunakan smartphone sekarang memang sudah jaman nya. Tapi ada sesuatu yang salah menggunakan smartphone sambil belajar karena pada nantinya bisa membuat konsentrasi belajar kamu hilang, misalkan kamu belajar tiba - tiba ada chat dari seseorang kamu langsung membalasnya dan berlanjut terus - menerus sehingga kamu merasa malas lagi untuk melanjutkan belajar.

8. Jangan Menunda Dalam Belajar

Terkadang walau sudah ada jadwal kita buat maka kita sering menganggap sepele soal belajar, sehingga tanpa terasa waktu yang seharusnya kita belajar malah habis kita gunakan untuk bermalas - malasan. Oleh sebab itu jangan menunda, lawan rasa malas dalam belajar dan langsung ambil alat tulis kamu untuk belajar.

9. Disiplin Lah Dalam Belajar

Walau di rumah tidak ada yang mengontrol kamu seperti di sekolah, namun ketika belajar kamu harus disiplin karena jika tidak disiplin maka malas yang akan mengontrol diri kamu bukannya diri kamu sendiri. Disiplin tidak hanya di butuhkan seorang pelajar saja namun sampai kamu bekerja nanti disiplin adalah budaya wajib di dunia kerja, maka belajar lah disiplin.

10. Berikan Hadiah Diri Sendiri

Semua orang suka hadiah, begitu pula diri kamu sendiri. Tidak perlu orang lain yang memberikan hadiah untuk diri kamu tapi kamu sendiri pun bisa menghadiahi diri kamu di saat kamu berhasil dalam melawan kemalasan dalam belajar. Hadiah seperti saya bisa bersantai bermain game karena saya sudah belajar bisa menjadi penyemangat kamu dalam belajar.

Apakah kamu siap menerapkan semua tips di atas untuk diri kamu mulai saat ini ? saya harap kamu bisa pastinya agar kamu menjadi orang yang sukses nantinya dan membuat bahagia kedua orang tua kamu.
Kedy INTJ Personality | Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel