Kerajinan Tangan Dari Kalimantan Timur

Kalimantan timur tidak lama lagi akan menjadi tujuan banyak orang karena kalau ibukota pindah tentu saja orang orang banyak ke ibukota baru kalau mau mengurus berbagai macam perijinan. Kalau kamu ke Kalimantan timur maka kamu harus tahu nih apa saja kerajinan tangan mereka yang bisa kamu jadikan oleh - oleh ketika pulang ke rumah kamu.

Berbagai Macam Kerajinan Tangan Khas Kalimantan Timur

1. Berbagai Macam Anyaman Dari Rotan

Kalau kamu bicara Kalimantan tidak sah rasanya kalau kamu tidak membeli anyaman dari rotan, karena memang Kalimantan mempunyai banyak rotan oleh sebab itu ada banyak macam kerajinan tangan yang di ciptakan penduduk lokal dengan berbahan dasar rotan.

Ada macam - macam anyaman dari rotan pada saat ini yang bisa kamu beli dari Kalimantan timur, baik itu beruba tas, topi, alas lantai dan banyak macam yang lainnya. Semuanya menggunakan rotan dan pewarnaan nya pun biasanya menggunakan bahan yang alami tanpa bahan berbahaya.

kerajinan tangan anyaman dari kalimantan timur

2. Kain Tenun Khas Kalimantan Timur Suku Dayak Benuaq

Suku dayak benuaq adalah suku dayak yang banyak mendiami wilayah Kutai barat dan sebagian besar ada juga kok yang menetap di daerah penajam paser utara tempat ibukota baru berada.

Kain tenun orang Kalimantan timur ini bernama Ulap Doyo, kain ini terbuat dari serat daun yang mirip seperti daun pandan, namun daun nya lebar dan ada buahnya kecil kecil berwarna putih dan bijinya berwarna hitam, semasa kecil mejadi favorit saya nih untuk di makan buahnya.

Akan tetapi di tangan para orang Dayak Benuaq daun doyo ini sering di ambil seratnya untuk di buatkan kain tenun yang kuat dan berkualitas. Cara mereka mengambil serat nya, biasanya mereka pisahkan daun dan seratnya menggunakan paku paku kecil yang mereka pasang pada kayu kecil. Biasanya mereka memisahkan antara daun dan seratnya tersebut di dalam air dan setelah serat terkumpul baru di keringkan di sinar matahari langsung sampai benar benar kering kadar airnya dari seratnya.

Kerajinan tangan kain tenun khas kalimantan timur

3. Senjata Suku Dayak Mandau

Sama halnya dengan Kriss khas orang Jawa, mandau pun bisa kamu miliki jika kamu ingin oleh - oleh anti mainstream. Tapi jangan harap mandaunya bisa terbang segala ya karena memang mandau biasa saja tidak ada mistiknya segala.

Para pengrajin mandau biasa nya menjual mandau hasil buah tangan mereka, selain bilah mandau nya yang tajam kamu pun biasanya akan mendapatkan sarung mandau bermotif khas suku dayak dengan kepala mandau yang bermotif burung jua. Buat di pajang di rumah akan keren sekali tentunya jika kamu membeli Mandau ini.

Saya sebagai orang Kalimantan tengah cukup sering mengunjungi wilayah Kalimantan timur karena tempat saya di Barito utara memang dekat ke wilayah Kutai barat. Mungkin itu saja beberapa kerajinan tangan khas Kalimantan timur saya tahu, jika ada pembaca dari Kalimantan timur silahkan kasih tahu saya lewat komentar, biar saya update artikel saya ini. Komentar cukup gunakan akun gmail kamu ya.. :)
Kedy Pribadi yang sederhana. Bekerja apa saja yang penting itu diberkati Tuhan. Aktif menulis di situs Agribisnis dan Kerohanian. Menulis tidak membuat saya kaya, namun membantu orang lain lewat tulisan adalah sebuah keistimewaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel